Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Al-Intaj : Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PEDOMAN BAGI PENULIS

JURNAL  AL-INTAJ

 


Jurnal Al-Intaj merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Bengkulu. Jurnal ini menerbitkan artikel asli dari kajian pustaka ataupun hasil penelitian di bidang ekonomi Islam. Jurnal ilmiah Al-Intaj terbit secara berkala dua kali dalam setahun yaitu bulan Maret dan September.

 

Ketentuan Umum

  1. Penulis harus menjamin bahwa naskah yang dikirimkan adalah asli dan tidak pernah dipublikasikan di jurnal lainnya, yang dinyatakan dengan surat pernyataan seperti terlampir.
  2. Naskah bebas plagiasi yang dibuktikan dengan cek plagiasi.
  3. Naskah yang akan dipublikasikan pada Jurnal Al-Intaj dapat berupa artikel asli dari kajian pustaka ataupun hasil penelitian.
  4. Naskah dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris menggunkan format yang sesuai dengan kaidah bahasa yang digunakan. Editor tidak menerima naskah yang tidak memenuhi persyaratan yang diminta.
  5. Penetuan layak tidaknya naskah yang akan dipublikasikan ditentukan oleh Dewan Editor Jurnal Al-Intaj atas masukan mitra bestari yang kompeten.
  6. Naskah dikirimkan ke http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/Al-Intaj dengan log in terlebih dahulu sebagai autor.

 

Standar Penulisan

  1. Huruf standar yang digunakan untuk penulisan adalah Times New Roman 12. Naskah diketik dengan jarak 1,5 spasi kecuali Judul, Abstrak, Judul Gambar dan Judul Tabel diketik 1 spasi. Naskah diketik di atas kertas A4 dalam 2 kolom, margin: atas 2 cm bawah 2 cm, kiri 2,5 cm, dan kanan 2 cm dengan panjang naskah antara 15-25 halaman.
  2. Naskah diketik menggunakan program Microsoft Word, Gambar menggunakan JPEG, jika ada grafik lampirkan juga file masternya/Microsoft Excel.
  3. Naskah disusun dengan urutan: Judul, Nama Penulis, Instansi setiap penulis, Alamat email penulis, Abstrak, Pendahuluan, Teori, Metode, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Daftar Pustaka.
  4. Ayat Al-Quran harus ditulis dengan terjemahannya (1 spasi italic) beserta nama surat dan nomor ayat.
  5. Hadis harus ditulis secara lengkap: teks, terjemahannya, dan sumber pengambilannya.
  6. Pengutipan kalimat: kalimat yang dikutip secara langsung harus diberi tanda apostrof ganda diawal dan di akhir kutipan. Jika kurang dari lima baris, maka diintegrasikan dalam teks; dan jika yang dikutip lebih dari lima baris, maka dibuat terpisah dibawah kalimat sebelumnya. Setiap kutipan diberi nomor.

 

Kaidah-Kaidah Penulisan Naskah

Judul. Judul harus singkat, spesifik dan informatif yang mencerminkan secara tepat isi naskah. Judul diikuti dengan nama pengarang, institusi dan email pengarang. Center, Times New Roman 12, maks 12 kata Bhs. Ind. or 10 words in English .

Abstrak. Abstrak ditulis dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, terdiri atas 100-200 kata dan ditulis dalam satu paragraf, Times New Roman 10 Spasi 1. Abstrak berisi intisari dari keseluruhan naskah, yakni latar belakang, tujuan, metode, hasil-hasil penting, pembahasan dan kesimpulan. Hindari penggunaan singkatan kecuali yang telah umum digunakan.

Kata Kunci (keywords) ditulis dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, terdiri atas tiga hingga lima kata/frase dan disusun berdasarkan kepentingan dan disajikan pada bagian akhir abstrak. Naskah diketik dengan tulisan Time New Roman 10 dan Spasi 1.

  1. A.  Pendahuluan. Pada bagian ini disajikan latar belakang yang didukung dengan instisari pustaka, tujuan dan apabila diperlukan ruang lingkup. Pustaka yang digunakan harus yang benar-benar relevan dengan penelitian yang dilakukan.  
  2. B.  Teori dan Metode. Bagian ini berisi informasi teknis dan rinci, sehinggga percobaan dapat diulang dengan baik oleh peneliti lainnya. Jika digunakan peralatan/instrumen khusus maka perlu diberikan spesifikasi alat dan kondisi operasi.
  3. C.  Hasil dan Pembahasan. Bagian ini menyajikan hasil penelitian, baik dalam bentuk teks, tabel atau gambar. Setiap gambar dan tabel diberi nomor secara berurutan dan harus diacuh pada naskah. Gambar 1, Gambar 2 dan Tabel 1, Tabel 2 adalah contoh penulisan judul gambar dan tabel dilengkapi sumber diketik di bawah data.

Tabel 1 Perbandingan Algoritma A dan Algoritma B

Algoritma

Waktu Proses

Ketelitian

Memori

A

120 ms

98 %

200 KB

B

105 ms

95 %

415 

Sumber : Data sudah diolah

  1. D.  Kesimpulan. Berisikan jawaban dari tujuan penelitian dan bukan merupakan ringkasan hasil.
  2. E.  Daftar Pustaka. Diperlukan untuk semua sitasi dan disusun berdasarkan urutan abjad menggunakan autor date system. pustaka yang digunakan merupakan pustaka mutakhir (10 tahun terakhir) dengan proporsi pustaka jurnal lebih dari 50% dan pustaka primer yang relevan.

Penulisan sitasi dalam artikel dibedakan antara penulisan di awal dan di akhir kalimat berturut-turut sebagai berikut: jika penulis satu orang Karim (2014) atau (Karim, 2014); jika penulis dua orang Karim dan Muhammad (2010) atau (Karim & Muhammad, 2010); jika penulis lebih dari dua orang Karim et al. (2013) atau (Karim et al., 2013).

Penulisan daftar pustaka mengikuti petunjuk berikut ini:

Jurnal

Agustianto. 2013. Mekanisme Pasar dalam Perspektif Ekonomi Islam.  Jurnal Madania Vol.XVII. No. 2.

Buku

Adiwarman Karim. 2004. Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam. Jakarta: RajaGrafindo Persada

 

NB: setelah mengikuti pedoman di atas silahkan mengisi pernyataan bebas plagiasi, klik disini

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.