ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS UMKM MOESLEM SQUARE NGAWI

Andi Andi Triyawan, Amin Fitria

Abstract


The Aim of this research are to determine the strategy of the Moeslem Square MSME business development of the big family of Mr. H. Ahmad Subkhi Djuwigna and to know Islamic business ethics in the business development strategy of the big family Mr. H. Ahmad Subkhi Djuwigna. The Business of Mr. H. Ahmad Subkhi Djuwigna is a fast growing business in Muslim fashion products that are external and internal strategies of business development. The branch of bussiness like Aluminum and Glass Mabrur along with its branches, mabrur boutiques, as-salaam boutiques, kalila boutiques, and nirmala boutiques that have been known by many people in the city of Ngawi. This is because this business has a very Islamic development method and its own characteristics and always provides the best quality of goods and services for its customers. This research is a qualitative descriptive study. This research was conducted in a business location in order to obtain data using primary data sources through interviews, observation and documentation, and to support this research also used secondary data taken from books, journals and other sources related to Islamic business ethics in business development strategies extended family Mr. H. Ahmad Subkhi Djuwigna. In the business development strategy there are external factors, namely economic, social, demographic culture, environment, government, technology and competitors. In addition there are internal factors in the strategy like management, marketing, finance, products and Human Resourse


Keywords


Development strategy, Business, Internal factor, External factor

Full Text:

PDF

References


Aan Novianto, Analisis Strategi Pengembangan Bisnis (Studi Pada Industri Kerajinan Gerabah Desa Negara Ratu Kecamatan Natar)

Augustinus Simanjuntak, Keadilan Bisnis dalam Ketenagakerjaan Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, Vol.1 2, No. 2, September 2010

Dr. Muhammad Syafi’I Aritonio, M.EC, Bisnis syari’ah dari nol, Langkah jitu menuju kaya, penuh berkah dan bermakna, Dr. Muhammad Syafi’I Aritonio, M.EC, hikmah (PT Mizan Publika) anggota IKAP, Sitinajma 2007

Endang Sri Winarni, Strategi Pengembangan Usaha Kecil Melalui Peningkatan Aksesibilitas Kredit Perbankan, Infokop Nomor 29 Tahun XXII, 2006.

Goldie Gunadi, Dana Indra Sensuse, Penerapan Metode Data Mining Market Basket Analysis terhadap data penjualan Produk Buku dengan Algoritma Apriori dan Frequent Pattern Growth, Studi Kasus Percetakan PT. Gramedia, Jurnal Telematika MKOM Vol.4 No.1, Maret 2012,Ilmu Komputer Universitas Indonesia

Kompas. 2017. 05 September 2017, http://www.kompas.com.htm

LB. Ruth Florida W. M. Hutabarat, Strategi Pengembangan Usaha Kuliner di Kota Malang Berbasis Ekonomi Kreatif, JESP-Vol. 7, No 1 Maret 2015

Mieke Supranoto, Strategi menciptakan keunggulan bersaing produk melalui orientasi pasar, inovasi, dan orientasi kewirausahaan dalam rangka meningkatkan kinerja pemasaran ( Studi empiris pada: Industri Pakaian Jadi Skala Kecil dan Menengah di kota Semarang )

Mokhamad Mahfud, Strategi Komunikasi Integrasi Interkoneksi Dalam Meningkatkan Kualitas Skripsi Mahasiswa (Studi Pada Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), Dosen Prodi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga, Vol. 08 No.01 April 2015

Mokhamad Mahfud, Strategi Komunikasi Integrasi Interkoneksi Dalam Meningkatkan Kualitas Skripsi Mahasiswa (Studi Pada Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), Dosen Prodi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga, Vol. 08 No.01 April 2015

Prof. Dr. Basu Swastha Dharmmesta, M.B.A, Peran Pemasaran dalam Perusahaan dan Masyarakat, Modul Manajemen Pemasaran

Roger W. Hutt, Reputation on the line: the starbucks cases, Journal International of Business Strategy, vol. 37 Issue: 1, Emerald Group Publishing Limited

Tio Wahyu Nugrooho dan Dina Novia Priminingtyas, Strategi Pengembangan Usaha Kecap Cemara Dengan Metode Blue Ocean Strategy dan Balanced Scorecard Pada UKM Cemara Food, Kecamatan Talun Kabupaten Blitar, Jurnal Habitat, Volume 27, No. 1, April 2016

Uum Helmina Chaerunisak, Eko Widodo Lo, Pengaruh Ketidakpastian Lingkungan dan Strategi Bisnis terhadap Sistem Informasi Akuntansi Manajemen dengan Total Quality Manajemen sebagai Variabel Intervening, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yayasan Keluarga Pahlawan Negara Yogyakarta, Akuntansi Dewantara Vol. 1 No. 2 Oktober 2017

Veny Ari Sejati, Strategi Periklanan Pada Bisnis Retail, Jurnal Komunikasi ASPIKOM, Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Respati Yogyakarta, Volume 2 Nomor 4, Januari 2015

Wawancara dengan Bapak H. Ahmad Subkhi Djuwigna, pemilik Usaha Keluarga mabrur 1, 2, 3, mabrur collection, kalila, nirmala dan the drink kalila, bertempat di Mabrur 2 Ngawi 16.00, hari Rabu, 18/4/2018

Wawancara dengan Bapak Hj. Ema S, pemilik Usaha Keluarga mabrur 1, 2, 3, mabrur collection, kalila, nirmala dan the drink kalila, bertempat di Gontor Putri 2 via telephon 09.00, hari Rabu, 14/4/2018

Wawancara dengan Ibu Erna, pekerja terpercaya Ibu Hj. Ema S, mabrur collection, bertempat di Mabrur 2 Ngawi 09.00, hari Jum’at, 13/4/2018

Wawancara dengan Ibu Sun, pekerja terpercaya Ibu Hj. Ema S, mabrur collection, bertempat di Mabrur Collection Ngawi 09.00, hari Jum’at, 13/4/2018


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing By:

 Google Scholar


 


 

Flag Counter