EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PAI MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT DENGAN VIDEO MUHASABAH DI KELAS 5 SDIT IQRA’ 1 KOTA BENGKULU

Gurniman Sutarno

Abstract


The purpose of this research  is to know the planning,  action and  result or evaluation of the effectiveness  of Islamic Education Lesson Using Power Point Media with Muhasabah Video in the Fifth Grade  of Integrated  Islamic Elementary School IQRA’ 1 Bengkulu.  This research  is an evaluative  research  with descriptive purpose using mixed methodology design. The data was collected  by using observation, interview,  questionnare, and  documentation methodology. In this research, the  method of analysis which is used in discussing the problems  was descriptive  analysis method with triangulation technique. Meanwhile, in quantitative side, the data  analysis  was by tabulating  data  according  to students’  answer.  Furthermore, the researcher in- terprated the data  of each  indicator  researched. The evaluation result of Islamic Education lesson with Power  Point  media  in cognitive aspect was the result of students’ final score report increased 0.7 points. The research  result can be concluded that The Effectiveness of Islamic Education Lesson Using Power Point Media with Muhasabah (red: self introspection) Video in the Fifth Grade  of Integrated  Islamic Elementary School IQRA’ 1 Bengkulu City was categorized  effective

Keywords


Effectivity. Power Point Media;Islamic Education

Full Text:

PDF

References


Undang-undang RI no. 20 tahun 2003. Pasal 3. Sistem pendidikan Nasional

Syukur, Fatah. Teknologi pendidikan, (semarang: rasail, 2005)

Hadi, Abdul. Psikologi dalam Pendidikan. (Yogyakarta: Diva, 2006)

Sanjaya, Wina, Perencanaan dan Sistem Desain Pem- belajaran, (Jakarta: kencana, 2010) mendapat persentase 82% dengan sangat efektif strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan, ( Jakarta : Kencana, 2007) Kesimpulan Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan penu- lis tentang efektivitas pembelajaran PAI menggunakan media power point dengan video muhasabah di kelas

Syukur, Amin, Tasawuf bagi orang awam (menjawab problematika kehidupan), ( Yogyakarta : suara merdeka, 2006)

Santoso, Putra. 2004. Pengembangan media. Bandung: Erlangga.

Mulyasa, E, Manajemen berbasis sekolah: konsep, strategi dan implementasi ( Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004)

Nata, Abudin, kapita selekta agama islam ( Bnadung: Angkasa, 2003)

Arief, Armai, pengantar dan metodologi pendidikan islam ( Jakarta: ciputat, 2002)

Sanaky, Hujair AH, (2009). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press

Majid, Abdul, Perencanaan Pembelajaran, (Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2011)

Sudjana, Nana, Dasar-dasar Psoses Belajar Mengajar, (Bandung: Sinar baru Algensindo, 2009) Harjanto, Perencanaan Pengajaran, (Jakarta: Rineka Cipta, 2008)

Komariyah, Aan, Visionary leadership menuju sekolah efektif, ( Jakarta: Bumi aksara, 2006)

Triyanto, mendesain model pembelajran inovatif-progresif: konsep, landasan dan implementasi pada KTPS, ( Jakarta: 2010)

Sujud, Aswari, Matra Fungsional administrasi pendidikan, ( Yogyakarta: perbedaan, 1998)

Mudhafier, Dasar-dasar evaluasi pendidikan, ( Jakar- ta: remaja 1987)

Arikunto, Suharsimi, dasar-dasar evaluasi pendidikan, ( jakarat: Bina aksara, 1986)

Fathoni, Abdurrahman, metodelogi penelitain dan teknik penyusunan skripsi, ( Jakarta: rineka cipta,2006)

Abdul Majid , Perencanaan Pembelajaran, (Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2011)

Sukardi, DewaKetut. 2000. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: RinekaCipta

Tohirin.2007. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sugiono, 2009. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitataif dan R & D Bandung : Alfabeta

Lexy, J Moleong, 2004. metodologi penelitian kualitatif, Bnadung: Rosda Karya,

Sugiono, 2009. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitataif dan R & D Bandung, Alfabeta

Mardi, dkk. (2007). Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi Untuk SMK Kelas XI. Band- ung: Yudhistira

Hujair AH. Sanaky. (2009). Media Pembelajaran. Yo- gyakarta: Safiria Insania Press

Neuman, W. Lawrence.(2006). Metode Penelitian Sosial. USA: University of Wisconsin.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :