PEMBELAJARAN IPA PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Studi Kasus di RA Plus Ja-alHaq Kota Bengkulu)

Nurlia Latipah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) apa saja yang terdapat pada kurikulum RA Plus Ja-alHaq, kegiatan-kegiatan apa saja yang dilakukan untuk menyampaikan  materi-materi  IPA tersebut, serta teori-teori apa yang mendukung dilakukannya kegiatan-kegiatan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 6 Kompetensi Dasar pada KI-3 dan 6 Kompetensi Dasar pada KI-4 yang menunjukkan materi bermuatan IPA pada kurikulum RA Plus Ja-alHaq. Materi-materi IPA tersebut diajarkan melalui beberapa kelompok kegiatan yakni kegiatan mengeksplorasi berbagai benda yang ada disekitar, mengadakan berbagai percobaan sederhana, membuat hasil karya, mengkomunikasikan apa yang telah diamati dan diteliti, bernyanyi. Seluruh kegiatan tersebut dikemas dalam bentuk kegiatan bermain untuk memaksimalkan hasil yang pembelajaran.

 

Kata Kunci : Pembelajaran IPA, PAUD


Full Text:

pdf

References


Danim, S. 2011. Perkembangan Peserta Didik. Alfabeta: Bandung.

Fadillah, M. 2017. Buku Ajar Bermain dan Permainan anak Usia Dini. Kencana. Jakarta.

Hermoyo, R,P,. 2014. Membentuk Komunikasi yang efektif pada masa perkembangan anak usia dini. Jurnal pedagogi, volume 1 nomor 1, agustus 2014.

Patmonodewo, S. 2003. Pendidikan Anak Prasekolah. Rineka Cipta dan Depdikbud: Jakarta.

Setyaningrum, S, R,. Triyanti., Indrawani, Y, M,. 2014. Pembelajaran di Pendidikan anak Usia Dini dengan Perkembangan Kognitif pada anak. Kesmas. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional. Vol 8 nomor 6 Januari 2014.

Solihin, R, D, M,. Anwar, F,.Sukandar, D. 2013. Kaitan Antara Status Gizi, Perkembangan Kognitif, Dan Perkembangan Motorik Pada Anak Usia Prasekolah. Penelitian Gizi dan Makanan, Juni 2013 Vol. 36 (1): 62-72.

Susanto, A. 2002. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Suyadi. 2014. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Kajian Neurosains. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.

Suyanto, S. 2005. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Hikayat Publishing. Yogyakarta.

Wiyani, N, A,. 2002. Psikologi Perkembangan anak Usia Dini. Gava Media: Yogyakarta.

____________. 2016. Konsep dasar PAUD. Gava Media: Yogyakarta.

Yus, A. 2012. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Yus, A. 2015. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Prenadamedia Group. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :

  

_______________________________________________

Creative Commons License

Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

_______________________________________________

Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education

P-ISSN : 2599-2287

E-ISSN : 2622-335X

Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172

Email : piaud@iainbengkulu.ac.id

http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah