UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR MELALUI TARI

Dini Widiyanti

Abstract


Pendidikan anak usia dini, khususnya di Taman Kanak-kanak (TK) sangat penting sekali dan merupakan salah satu jenjang pendidikan yang perlu diperhatikan. Salah satu hal terpenting dalam PAUD adalah perkembangan motorik anak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat proses dan peningkatan keterampilan motorik anak melalui Tari Lenggang Raflesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan (Action Research) atau penelitian tindakan. Dimana penelitian ini bersifat partisipasif dan kolaboratif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut : 1). Proses penyelenggaraan kegiatan keterampilan motorik kasar melalui Tari Lenggang Raflesia telah dilaksanakan dengan baik oleh peneliti bersama kolaborator, guru-guru TK Yasporbi dan orang tua untuk menjamin keberlanjutan keterampilan motorik kasar anak meningkat, baik di sekolah maupun di rumah. 2) Terjadi peningkatan keterampilan motorik kasar anak melalui Tari Lenggang Raflesia selama 2 bulan.  Keterampilan motorik kasar semua anak sudah meningkat dan sudah mencapai di atas 71% sesuai dengan kesepakatan bersama antara peneliti dan kolabolator, sehingga penelitian ini bisa dikatakan berhasil.

Kata kunci: Keterampilan, Motorik, Tari Lenggang Raflesia

Full Text:

PDF

References


Allen, K. Eileen dan Lynn R. Marotz. Developmental Profiles: Pre Birth Through Twelve. New York: Thomson Delmar Learning, 2008

Fitriani, Rahmi. Seni Dan Budaya Masyarakat Bengkulu. Bekasi: Rafa Aksara, 2012.

Gallahue, David L dan Jonh C Ozmun, Undestanding Motor Development New york: Mc Graw-Hill Education, 2006.

Hurlock, Elizabeth B. Perkembangan anak jilid I, Alih Bahasa Meita sari & Muslihah Zarkasih. Jakarta: Erlangga, 1997.

Mills, Geoffrey, Action Research (A guide for the teacher researcher). NewJersey: Prentice-Hall, inc, 2000.

Papalia, Diane E., Sally Wendkos olds., dan Ruth Duskin Feldman, Human Development (perkembangan manusia). Alih bahasa Brian Marswendy. Jakarta: Salemba Humanika, 2009.

Purwanto, M. Ngalim, Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2009.

Santrock, John, life-span Development (Perkembangan Masa Hidup Jilid I ) Jakarta: Erlangga,2012.

Soedarsono. Pengantar Apresiasi Seni. Jakarta: Balai Pustaka, 1992.

. Tari Tradisional Indonesia. Jakarta: Yayasan Harapan Kita, 1997.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta, 2010.

Tedjasaputra, Mayke S. Bermain mainan dan permainan. Jakarta: PT.Grasindo, 2001.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 ayat 14. Bandung: Citra Umbara,2012.

Yamin, Martini dan Jamilah Sabri Sanan. Panduan pendidikan anak usia dini (PAUD). Jakarta: Gaung Persada (PG) Press, 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :

  

_______________________________________________

Creative Commons License

Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

_______________________________________________

Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education

P-ISSN : 2599-2287

E-ISSN : 2622-335X

Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172

Email : piaud@iainbengkulu.ac.id

http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah