PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL(EMOTIONAL QUOTIENT)DANIEL GOLEMAN PADA ANAK USIA DINI DALAM TINJAUAN PENDIDIKAN ISLAM

Ovi Arieska

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan kecerdasan emosional (EQ) Daniel Goleman pada anak usia dini dalam tinjauan pendidikan islam, perkembangan kecerdasan emosional anak dari masa pranatal hingga masa remaja awal, kecerdasan emosional sangat berperan dalam kehidupan anak, yang juga berperan besar dalam menentukan keberhasilan anak di masa yang akan datang. Kecerdasan emosional merupakan bentuk pengendalian diri dan cara berinteraksi dengan orang lain yang harus dimiliki oleh anak sejak dini. Daniel Goleman merupakan pakar kecerdasan emosional yang telah banyak melakukan penelitian, dengan hasil anak yang memiliki kecerdasan emosional lebih sukses dibandingkan anak yang tidak memiliki kecerdasan emosional, kontrol diri dalam kecerdasan emosional sangat diperlukan, kontrol diri merupakan suatu bentuk kesabaran, sikap sabar, peduli terhadap sesama (empati), dan tidak mudah menyerah (motivasi ) sangatlah penting dalam  pendidikan islam, oleh karena itu agar penelitian ini mendapatkan hasil yang maksimal diperlukan adanya landasan agama dalam mendidik anak. Sehingga anak mempunyai pondasi yang kokoh untuk mengahadapi kehidupan yang akan dihadapinya.

 

Kata kunci : kecerdasan emosional, daniel goleman, anak usia dini, pendidikan islam


Full Text:

PDF

References


Agustian, Ary Ginanjar. 2005. Emotional Spiritual Quotient. Jakarta:Arga

Ariani, Farida. 2001. Pengantar Orang Tua. Jakarta: Departemen Agama RI

Crapps, W. Robert. 2008. Perkembangan Kepribadian dan Keagamaan. Yogyakarta:Kanisius

Corbin, Juliet dan , Anselm Strauss. 2009. Dasar-dasar Penelitian Kualitatif: Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Daniel s, Roger.2008. Keajaiban Emosi Manusia. Jogjakarta: Think

FTT IAIN Bengkulu. 2015. Pedoman Penulisan Skripsi. Bengkulu: FTT IAIN.

Galbraith, pam dan Rachel C. Hoyer. 2005. 7 Kecerdasan Emosional yang Dibutuhkan oleh Anak Anda. Batam Centre: Gospel Press

Goleman Daniel. 2017. Emotional Intelegensi. Jakarta:PT Gramedia

Goleman Daniel. 2003. Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta: PT

Gramedia

Hasnida.2014. Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. Jakarta Timur: PT Luxima Metro Media

Hermawati. 2015. Mengenal dan Memahami PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Itadz.2008. Cerita untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Tiara Wacana

Ivan Riyadi, “Integrasi Nilai-nilai Kecerdasan Emosional Dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di SMA:Perspektif Daniel Goleman”Skripsi S1 STAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, 2015

Kunandar. 2009. Guru Profesional. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Laksana, Harry. 2017. Trik Melejitkan Daya Ingat Setajam Silet dengan Senam

Lia widyawati,”Analisis Deskriptif Kecerdasan Emosional Pada Kisah-Kisah Al-Quran Dan Upaya Pengembangannya Pada AnakUsia 6 Sampai 9 Tahun”, Skripsi Jakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta,2014

Mansur. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :

  

_______________________________________________

Creative Commons License

Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

_______________________________________________

Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education

P-ISSN : 2599-2287

E-ISSN : 2622-335X

Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172

Email : piaud@iainbengkulu.ac.id

http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah