PENGAJARAN KONSEP MATEMATIKA PADA ANAK USIA DINI

Fatrima Santri Syafri

Abstract


Pada Usia dini (prasekolah) adalah usia yang efektif dalam mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki anak. Masa ini disebut masa keemasan (golden ages) sebab masa anak yang sangat peka untuk menerima rangsangan-rangsangan dari lingkungannya, baik yang berkaitan dengan aspek moral agama, sosial emosional, bahasa, kognitif dan fisik. Matematika prasekolah tidak terletak pada penguasaan aritmatika dasar. Namun, memberikan pengalaman matematika dalam permainan mereka, menjelaskan, dan berpikir tentang dunia mereka. Pengalaman matematika tersebut lebih mengenalkan siswa pada konsep matematika. Konsep matematika adalah ide abstrak dalam menggolongkan matematika berdasarkan karakteristik tertentu atau menggolongkan contoh dan bukan contoh dalam matematika. Konsep dasar yang dapat dikenalkan pada siswa PAUD yaitu konsep berhitung dan konsep geometri. Kedua konsep tersebut dalam pengajarannya, siswa PAUD dikenalkan dengan beberapa benda yang berada dilungkungan sekitar mereka sehingga konsep matematika tersebut dapat dipahami dan dimengerti lebih mendalam oleh para siswa. Misalnya dalam berhitung, siswa dikenalkan dengan jumlah benda yang ada disekitar mereka, seperti permen, kelereng dan lainnya. Untuk benda geometri misalnya dikenalkan bentuk bola, lingkaran dan lainnya dengan benda-benda yang menyerupai bentuk geometri tersebut.

Kata Kunci : Pengajaran, Konsep Matematika, AUD


Full Text:

PDF

References


Arsat. 2007. Meningkatkan Pemahaman Konsep Luas Bangun Datar Melalui Representasi Enaktif, Ikonik dan Simbolik pada Siswa kelas SDN 8 Baruga Kendari. Skripsi. Kendari: FKIP Universitas Haluoleo Kendari.

Brousseau, Theory of Didactical Situations in Mathematics, (Netherlands: Kluwer Academic Publisher, 1997), h.139-142

Clements, D. 2001. Mathematics in the Preschool, (Teaching Children Mathematics: NCTM)

Musliana. 2007. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Konstrutivis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 11 Abeli. Skripsi. Kendari: FKIP Universitas Haluoleo.

National Research Council, 2009. Mathematics Learning in Early Childhood: Paths Toward Excellence and Equity (Washington: The National Academies Press)

NCTM.Principles and Standars for School Mathematics. Reston, VA: NCTM. 2000

Novikasari, ifada (2016) Matematika dalam Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, Vol 2 (1)

Soedjadji, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika Di Indonesia. Jakarta: Dirjen DIKTI

Solehuddin, Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah, ( IKIP Bandung: Tidak Diterbitkan, 1997)

Sperry, S.S., 2006. Early Childhood Mathematics: Third Edition, (Boston: Pearson)

Sujiono, Yuliani Nurani, 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: PT Indeks.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :

  

_______________________________________________

Creative Commons License

Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

_______________________________________________

Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education

P-ISSN : 2599-2287

E-ISSN : 2622-335X

Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172

Email : piaud@iainbengkulu.ac.id

http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah