PENGEMBANGAN NIALI-NILAI KULTUR POSITIF PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERBASIS ISLAM

Buyung Surahman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan pengembangan nilai-nilai kultur positif Pendidikan Anak Usia Dini. Pengembangan nilai-nilai kultur positif tersebut berupa nilai keimanan, semangat hidup, keterbukaan, kejujuran, spirit belajar, menyadari diri, tata krama,  persatuan dan kesatuan, nilai sikap, disiplin, tanggung jawab, dan kebersamaan. Permasalahannya bagaimana Pendidikan Anak Usia Dini mengembangkan nilai-nilai kultur positif tersebut?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan naturalistik. Data yang diteliti adalah data pengembangan nilai-nilai kultur positif  pada tiga (3) Pendidikan Anak Usia Dini terakreditasi A di Bengkulu. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data dianalisis menggunakan analisis domain, taksonomi, komponensial, dan analisis tema kultural yang mengacu pada buku Spradley. Temuan penelitian membuktikan bahwa bentuk dan cara Pendidikan Anak Usia Dini melakukan pengembangan niali-nilai kultur positif berupa: nilai keimanan, semangat hidup, keterbukaan, kejujuran, spirit belajar, menyadari diri, tata krama,  persatuan dan kesatuan, nilai sikap, disiplin, tanggung jawab, dan kebersamaan. Pengembangan nilai-nilai ini dibungkus dan diterapkan oleh siswa dan guru di lingkungan sekolah, sehingga membuat sekolah bercirikan Islami ini maju dan berkembang dan dicintai oleh masyarakat.

 

Kata kunci: Pengembangan Nilai-nilai


Full Text:

PDF

References


Cavanagh, Robert, F. (1997). The culture and improvement of Western Australia senior secondary schools. Disertasi tidak diterbitkan. Curtin University of Technology CRICOS Provider Code 00301J.

Cocld., & Red Piramid. (2007). Corporate culture challenge to excellence. (Terjemahan Djokosantoso Meoljono & Steve Sudjatmiko). New york. (Buku aslinya diterbitkan tahun 2007).

Creemers, B. P. M., dan Kaluge, L. (2005). Teori dan praktek keefektifan pendidikan. (Terjemahan Tim Unesa University Press). Netherlands. (Buku asli diterbitkan tahun 1994).

Deal, Terrence E., dan Kent D. Peterson. (1985). The school culture, California: Jossey- Bass Publisher

Kemendikbud, (2012). Memahami budaya sekolah.

_______, (2012). Pedoman pengembangan kultur sekolah.

Douglas, H. (1994). Schools of hope: Developing mind and character in todays youth. San Prancisco, California: Jossey- Bass Publisher.

DurBin, A. J. (2005). The complete ideal’s guide leadership. (Terjemahan Tri Wibowo Budi Santoso). New York. (Buku asli diterbitkan tahun 2000).

Farida Samad & Bujana Alhadad. (2016). Penelitian berjudul Implimentasi Metode Beyond Center and Circle Time (BCCT) dalam Upaya Penanaman Nilai-nilai Agama Islam di Kelompok B Taman Kanak-kanak Khalifah Kota Ternateh, dalam Jurnal Pendidikan Usia Dini, Volome 10 Edisi 2, November 2016.

Firth, R. (1958). Human types an introduction to social anthropology. London: A Mentor Book.

Freire, P. (1985). Pendidikan kaum tertindas. (Terjemahan Utomo Dananjaya, Mansour Fakih., et al). New York (Buku asli diterbutkan tahun 1972).

Freire, P., Archambault., et al. (1999). Menggugat pendidikan. (Terjemahan Omi Intan Naomi). New York. (Buku asli diterbitkan tahun 1997).

Gerstner, L. V., Semerad, R. D., et al. (1994). Reinventing education. New York: A Plume Book.

Geoff Colven. (2008). Seven steps developing a proactive schoolwide discipline plan. Boston: Pearson.

Glasser, W. (1992). The quality school. New York: Harper Perennial.

Haviland, W. A. (1983). Cultural anthropology. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Kaagan, S. S. (2008). 30 reflective staff development exercises for educator. Boston: Reason.

Kotter, J. P., & Heskett, J. L. (1999). Corporate culture and performance. (Terjemahan Benyamin Molan). New York. (Buku asli diterbitkan tahun 1998).

_______, (1997). Leading cange. (Terjemahan Joseph Bambang MS). New York: Harvard Bussines School Press. (Buku asli diterbitkan tahun 1996).

Kotter, J. P., & Jamews, L. H. (1992). Corporate culture dan performance. New York: The Pree Press.

Moeslichatoen (2004). Metode Pembelajaran Taman Kanak-kanak, Jakarta: Rineka Cipta

Noorlaila, Iva. (2010). Panduan Lengkap Mengajar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pinus Book Publisher

Palmer, J. A. (2003). Fifty modern thinkers on education. (Terjemah Farid Assifa). New York. (Buku asli diterbitkan 2001).

Parkay, F. W., Stanford, B. H., dan Jovita, R. G. (2008). Becoming a teacher. (Terjemah dari Dani Dharyani). Boston. (Buku aslinya, 2008).

Preedy, M. (1993). Managing the effective school. London: Paul Chapmen Publishing Ltd.

Ratna Wilis Dahar. (1988). Teori-teori belajar. Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan: Jakarta.

Saphier, J., & King, M. (1985). School culture. Good seeds grow in strong cultures, 114,115,120.

Savage, T. V., & Armstrong, D. G. (1996). Effective teaching in elementary social studies. Amerika: Merrill an Imprint of Prentie Hall.

Spradley, J. P. (1979). The ethnographic interview. New York: Rinehart and Winston, Inc.

Spradley, J. P. (1980). Paticipant observation. New York: Holt, Renehart and Winston.

Sujiono, Yuliani Nurani. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini` Jakarta: Kencana Media Group

Tim Peneliti PPs UNY. (2012). Pedoman pengembangan kultur sekolah. Direktorat Pendidikan Menengah Umum, Depdiknas. Jakarta.

Wien Sukarsih. (2006). Manajemen berbasis sekolah SMAN 17 plus Palembang.

Young Pai. (1990). Culture foundations of education. London: University of Missaori at Kansas City.

Yus, Anita (2011). Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Media Group.

Zamroni. (2012). Mengembangkan kultur sekolah menuju pendidikan yang bermutu. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Pengembangan Budaya Sekolah, di Universiatas Negeri Yogyakara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :

  

_______________________________________________

Creative Commons License

Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

_______________________________________________

Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education

P-ISSN : 2599-2287

E-ISSN : 2622-335X

Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

Tel / fax : (0736) 51276 / 0736) 51171, 51172

Email : piaud@iainbengkulu.ac.id

http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah