MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM

Rizkan Syahbudin

Abstract


Total Quality Management dalam konteks filsafat pendidikan merupakan
metodologi perbaikan terus menerus, yang dapat memberikan seperangkat alat
praktis kepada setiap institusi pendidikan dalam memenuhi kebutuhan, keinginan, dan harapan pelanggan, terkini dan masa depan. Total Quality Management adalah sistem manajemen yang merupakan strategi bisnis yang berorientasi pada kepuasan pelanggan dengan melibatkan seluruh anggota organisasi. Total Quality Management adalah sebuah pendekatan dalam melakukan bisnis yang mencoba memaksimalkan daya saing organisasi melalui peningkatan produk, layanan, orang, tenaga kerja, proses, dan lingkungan secara berkesinambungan. Tujuan Total Quality Management adalah tanggung jawab atau kewajiban untuk mencapai atau mengejar kepuasan pelanggan. Dengan kata lain, kualitas terpadu adalah "people oriented" yang dimulai dan berakhir pada masyarakat. Terpadu kualitas pendidikan adalah untuk membuat semua orang berjanji untuk melayani orang lain dengan tuntutan pendidikan. Penerapan Total Quality Management juga merupakan kebebasan berfikir. Kebebasan berbicara akan menciptakan iklim dialog antara siswa dengan guru, antara siswa dengan kepala Institut Pendidikan Islam para guru dan pemimpin, singkatnya adalah kebebasan berbicara dan keterbukaan di antara semua orang di Institut Pendidikan Islam. Transfer pengetahuan bukan lagi komunikasi satu arah, tapi juga komunikasi multipel. Hal ini terkait dengan budaya akademik.


Keywords


Manajemen, Total Quality Management, Pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Dzaujak, Penunjuk Peningkatan Mutu pendidikan di sekolah Dasar, Jakarta: Depdikbud 1996.

Departemen Agama, Al-Quran dan Terjemahnya, Semarang: Toha Putra. 2001.

Hafidudin, Didin, dan Hendri Tanjung, Manajemen Syariah dalam Prakatik, Gema Insani, Jakarta, 2003.

Hamalik, Oemar, Evaluasi Kurikulum, Bandung: Remaja Rosda Karya,1990.

Mulyasa, E., Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik, dan

Implementasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2002.

Nasution, M.N., Manajemen Mutu Terpadu, Jakarta: Ghalia Indonesia. 2004.

Prawirosentono, Suryadi. Filosofi Baru Tentang Manajemen Mutu Terpadu,

Jakarta, PT.Bumi Aksara. 2002.

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka,1999.

Qomar, Mujamil, Epistimologi Pendidikan Islam dari Metode Rasional hingga Metode Kritik, Jakarta: Erlangga, 2005.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia. 2008.

Rosyada, Dede, Paradigma Pendidikan Demokatis, Jakarta: Kencana 2004.

Sallis, Edward, Total Quality Management, terj., Ahmad Ali Riyadi, Yogyakarta: Ircisod.2006.

Sulistyorini, Manajemen Pendidikan Islam; Konsep, Strategi dan Aplikasi, Yogyakarta: TERAS. 2009.

Syafaruddin dan Irwan Nasution, Manajemen Pembelajaran, Jakarta: Quantum Teaching. 2005.

Syafaruddin, Manajemen Lembaga Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press. 2005.

__________, Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan, Jakarta: Grasindo 2002.

Terry, George R., dan Leslie W. Rue, Dasar-Dasar Manajemen, terj. G.A Ticoalu. Cet.Ketujuh, Jakarta: Bumi Aksara. 2000.

Umaedi, Manajemen Mutu Berbasis Sekolah / Madrasah (MMBS/M),CEQM. 2004.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :

  

 

_______________________________________________

Creative Commons License
Jurnal Madania ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..

__________________________________________________

AN-NIZOM: JURNAL PENELITIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia