MOTIVASI USTADZ DALAM MENINGKATKAN KUALIFIKASI PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN SALAFIYAH HIDAYATUL QOMARIYAH KOTA BENGKULU

Anwar Anwar

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bentuk motivasi ustadz dalam
meningkatkan kualifikasi pendidikan di Pondok Pesantren Salafiyah Hidayatul
Qomariyah Kota Bengkulu. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat ustadz dalam peningkatan kualifikasi pendidikan di Pondok Pesantren Salafiyah Hidayatul Qomariyah Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian,diketahui bahwa motivasi ustadz dalam meningkatkan kualifikasi pendidikan diPondok Pesantren Salafiyah Hidayatul Qomariyah Kota Bengkulu adalah adanya faktor intern dan ekstern ustadz itu sendiri. Faktor intern, yaitu faktor yang berasal dari dalam diri seperti hasrat keinginan untuk lebih maju lagi, serta dorongan citacita semasa waktu remaja
dahulu ingin menjadi seorangsarjana. Sedangkan faktor ekstern, yaitu faktor yang berasal dari luar diri seperti adanya tuntutan dari pemerintah/ pondok pesantren, adanya kesenjangan perlakukan dari pemerintah/pondok pesantren antara ustadz yang sudah sarjana dengan yang belum sarjana. Faktor pendukung ustadz dalam peningkatan kualifikasi pendidikan adalah adanyaprogram beasiswa dari pondok pesantren dan yayasan, yayasan dan pimpinan pondok memberikan dukungan penuh, dan lainnya. Sedangkan yang menjadi faktor penghambatnya adalah tingkat minat dan motivasi ustadz yang masih kurang, kondisi ekonomi ustadz yang belum stabil, susahnya ustadz mengaturwaktu antara pengabdian pembelajaran di pondok dengan melanjutkan studi, tingkat usia ustadz yang sudah tidak muda lagi, serta kesadaran ustadz yang merasa melanjutkan kuliah sarajana tidak perlu karena saat ini dia sudah memiliki pengetahuan dan kemampuan yang cukup memadai.


Keywords


Motivasi ustadz;kualifikasi pendidikan

Full Text:

PDF

References


Ainurrafiq. 2007.Pesantren dan Pembaharuan: Arah dan Implikasi, dalam

Abuddin Nata, Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga Lembaga Islam di Indonesia.Jakarta:Gramedia Widiasarana Indonesia.

Arikunto,Suharsini 2006.

Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi).Jakarta:PT. Rineka Cipta. Arifin.

Ilmu Pendidikan Islam Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan

Pendekatan Interdispliner. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Bawani, Imam. 2008. Tradisionalisme dalam Pendidikan Islam. Surabaya: AlIkhlasBurhanuddin,

Tamyiz. 2001. Akhlak Pesantren : solusi bagi Kerusakan Akhlak,

Yogyakarta; ITTIQA PRESS

Chabib Thoha, dkk, 2009. Metodologi Pengajaran Agama, Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Daradjat, Zakiah. 2011. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Bumi Aksara

Departemen Agama RI. 2008. Kendali Mutu Pendidikan Agama Islam. Bandung : Diponegoro,

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Djumransjah, H.M, 2006. Filsafat Pendidikan, Malang: Bayumedia

Dhofier, Zamakhsyari. 1982. Tradisi Pesantren; Studi atas Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES.

Epstein Robert, Roger Jessica. 2004. Panduan Lengkap Motivasi. Yogyakarta: Pustaka Kendi

Ghazali, Bahri. 2001.Pendidikan Pesantren Berwawasan Lingkungan. (Jakarta:Pedoman Ilmu. Hasbullah. 2009. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia: Lintasan Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta : Gaung Persada Press

Jalaludin Rahmat. 2008. Islam Alternative. Bandung: Mizan

Jamaludin Ancok dan Fuat Nashori Suroso. 2005. Psikologi Islam: Solusi Islam atas pronlematikaPsikologi. Jakarta: Pustaka Peajar

Kemenag RI. 2011.Pengembangan Kultur Kepesantrenan dalam Program

Sekolah Berbasis Pesantren (SBP). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan IslamKhaerudin dan Junaedi, Mahfud, dkk. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Yogyakarta: MDC Jateng dan Pilar Media

Laggulung, H. 2006. Manusia dan Pendidikan. Jakarta: Al-husna

Madjid, Nurcholis. 2007. Bilik-bilik Pesantren: Sebuah Potret Perjalanan.

Jakarta: Paramadina.

Masyhud, Sulthon, et.al. 2005.Manajemen Pondok Pesantren, ed. Mundzier Suparta. Jakarta: Diva Pustaka.

Martin, Handoko. 2002. Motivasi Daya Penggerak Tingkah Laku. Yogyakarta: Kamisisus.

Melayu S.P, Hasibuan. 2009. Organisasi dan Motivasi. Bandung: Bumi Aksara.

Muchtarom, Zaini. 2008. Santri dan Abangan di Jawa. Jakarta: INIS.

Nico Syukur Dister. 2008. Pengalaman dan motivasi beragama. Jakarta: Kanisius

Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran Edisi Revisi. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Rohinah, KH. Hasyim Asy’ari. 2010. Memodernisasi NU dan Pendidikan Islam.Jakarta: Grafindo Khazanah Ilmu.

Saridjo, Marwan, et.al. 2008. Sejarah Pondok Pesantren di Indonesia. Jakarta :Dharma Bhakti.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :

  

 

_______________________________________________

Creative Commons License
Jurnal Madania ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..

__________________________________________________

AN-NIZOM: JURNAL PENELITIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia