PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI INTERNET DAN MINAT BACA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SEKOLAH MENEGAH PERTAMA NEGERI 13

Septi Nurmala SAS

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penggunaan Teknologi
Internet berpengaruh terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam siswa
Sekolah Menengah Pertama Negeri 13 Kota Bengkulu. Kedua, Minat Baca
berpengaruh terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam siswa Sekolah
Menengah Pertama Negeri 13 Kota Bengkulu. Ketiga, Penggunaan Teknologi
Internet Dan Minat Baca berpengaruh terhadap Prestasi Belajar Pendidikan
Agama Islam siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 13 Kota Bengkulu.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian ini merupakan
penelitian pendekatan deskriptif kuantitatif, karena penelitian ini disajikan dengan angka-angka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, penggunaanteknologi internet memberikan pengaruh 2,3% terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa. Kedua, minat baca terhadap prestasi belajar prestasi belajar Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Pertama Negeri 13 Kota Bengkulu sebesar 18,9% berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh yang signifikan. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara pengaruh penggunaan teknologi internet dan minat baca terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 13 Kota dengan nilai sumbangan sebesar 26,7%.


Keywords


Penggunaan Teknologi Internet;Minat Baca;Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar,Jakarta : Rineka Cipta.

Ahmadi, Dkk. 1990. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta,.

Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rinekacipta.

Anonim. 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi III. Jakarta: Balai Pustaka

Arikunto, Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta:Rineka Cipta.

Asmani, Jamal Ma‟mur, 2011. Tips Efektif Pemanfaatan Teknologi Informasi danKomunikasi Dalam Dunia Pendidikan, Jogjakarta: Diva Press,

Danim, Sudarman., 1995. Media Komunikasi Pendidikan: Pelayanan Profesional Pembelajaran dan Mutu Hasil Belajar Proses Belajar Mengajar di Perguruan Tinggi Jakarta: Bumi Aksara,

Dharma Oetomo, Budi Sutidjo, e-Education Konsep, Teknologi, dan Aplikasi Internet Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

DepagRI,2000. Al–Qur’an dan Terjemah. (Bandung: CV Penerbit Diponegoro).

Ega rima wati. 2016. Ragam Media pembelajaran. (Jakarta: Kata Pena)

Farid Ahmadi, “Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar Dengan Metode Glenn Doman Berbasis Multimedia”, dalam repository. PGSD FIP UNNES, Email: faried_it@yahoo.co, diakses 06 Maret 2017.

Habibullah Al Faruq, “Manfaat Internet Bagi Siswa atau Pelajar”,

http://www.habibullahurl.com/2015/02/manfaat-internet-bagi-siswa-ataupelajar.html,15 Januari2017,jam 21.30 WIB

Hakim,Thursan.2005. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara,

Oemar Hamalik, 2001. Metode Belajar dan Kesulitan Belajar. Jakarta: PT.

Gramedia,.

Hamalik, Oemar, 2005. Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Hamzah B. Uno dan Nina Lamatenggo, 2011. Teknologi Komunikasi dan

InformasiPembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Latan, Henky dan Selva Temalagi. 2013. Analisis Multivariate Menggunakan Program IBM SPSS 20.0. Bandung: Alfabeta.

Mappiare, Andi, Psikologi Remaja, (Surabaya, Usaha Nasional)

Majid, Abdul dan Dian Andayani. 2004. Pendidikan Agama Islam Berbasis

Kompetensi: Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT.

Remaja Rosdakarya.

Muhaimin. 2012. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di

Sekolah,Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Persada.

________. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Rajawali Pers.

Mujib, Muhammad, “Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas di Kota Yogyakarta 2013”, dalam digilib.uinsuka.ac.id, diakses 11 April 2016

Mustaqim dan Abdul Wahib. 1991. Psikologi Pendidikan, Jakarta:Rineka

Cipta.

Narbuko, Cholid dan Abu Ahmadi. 2003. Metode penelitian. Jakarta: Bumi

Aksara.

Patoni, Ahmad, 2004. Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Bina Ilmu.

Purwanto, Ngalim M,. 2004. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya..

_________________., 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Priyatno, Dwi. 2008. Mandiri Belajar SPSS . Yogyakarta:Mediakom.

Rahman, Abdul Shaleh dan Muhbib Abdul Wahab. 2004. Psikologi Suatu

Pengantar Dalam Perspektif Islam. Jakarta: Kencana.

Ridwan. 2010. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :

  

 

_______________________________________________

Creative Commons License
Jurnal Madania ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..

__________________________________________________

AN-NIZOM: JURNAL PENELITIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia