STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN AKHLAQULKARIMAH SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 01 KERTAPATI,KABUPATEN BENGKULU TENGAH.

Hasan Hasan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Strategi kepala madrasah dalam
meningkatkan akhlakul karimah siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 01Kertapati,
Kabupaten Bengkulu Tengah tahun akademik 2016/ 2017, 2) Kegiatan kepala madrasah dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 01 Kertapati, Kabupaten Bengkulu Tengah tahun akademik 2016/ 2017, 3) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan strategi kepala madrasah dalam meningkatkanakhlakul karimah siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 01 Kertapati, Kabupaten Bengkulu Tengah tahun akademik 2016/ 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data tersebut diolah dengan analisis kualitatif interpretative dimulai dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Melalui pendekatan ini, penulis menemukan beberapa strategi kepala madrasah dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 01 Kertapati,Kabupaten Bengkulu Tengah tahun akademik 2016/ 2017, diantaranya dengan: a) menanamkan nilai-nilai keagamaan, b) menanamkan kedisiplinan siswa, c) memberikan teladan yang baik, d) meningkatkan kompetensi profesional guru agama, e) memberikan hikmah atau nasehat yang baik kepada para siswa, f) menanamkan kebiasaan yang baik kepada para siswa, g) komitmen bersama yang baik antar warga sekolah, dan h)
menjalin kerjasama dengan orang tua murid. Selain peneliti menemukan beberapa strategi kepala madrasah dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 01 Kertapati, Kabupaten Bengkulu Tengah tahun akademik 2016/2017 seperti yang telah dijelaskan diatas, peneliti juga menemukan berbagai kegiatan dalam rangka pembinaan akhlak siswa antara lain: a) pengajian jumát, b) istighazah, c)sholat berjamaah, d) sholat dhuha, e) rohis, f) budaya salam, sopan, santun, senyum, dansapa. Faktor pendukung itu antara lain: a) motivasi dan dukungan dari keluarga, b)faktor fasilitas sekolah, c) faktor guru, dan d) komitmen bersama. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: 1) kurangnya kesadaran siswa 2) Lingkungan Disekitar dan Diluar Sekolah. 


Keywords


Strategi Kepala Madrasah Meningkatkan Akhlakul Karimah

Full Text:

PDF

References


Ali, Ahmad, Kitab Shahih Al Bukhari dan Muslim: Refereensi Hadits sepanjang Masa. (Jakarta: Alita Aksara Media. 2012), h.32

Arifin, Muzayyin. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta : Bumi Aksara, 2003.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian. Jakarta; Rineka Cipta, 2010.

Alfauzan Amin, 2015, Metode Pembelajaran Agama Islam, Bengkulu: IAIN

Bengkulu Press.

Aly, Hery Noer, 2013, Watak Pendidikan Islam, Jakarta: Friska Agung Insani.

Arikunto, Suharsimi, 2010, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: Rineka Cipta

Asmaran, 2002, Pengantar Studi Akhlak, Jakarta: Raja Grafindo.

Danim, Sudarwan. Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung; Pustaka Setia, 2002.

Daradjat, Zakiyah. Pendidikan Islam Dalam Keluarga dan Sekolah. Jakarta: Ruhama, 1995.

Djamarah, Syaiful Bahri 2000, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi edukatif, Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. Administrasi Pendidikan. Jakarta; Rineka Cipta, 2005

Depdiknas. Penilaian Kinerja Guru, (Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, 2008)

Depdiknas. Supervisi Akademik Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru, (Jakarta:Direktorat Tenaga Pendidikan: Dirjen Peningkatan mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, 2007)

Gunawan, Ari H. Administrasi Sekolah. Jakarta; Rineka Cipta, 2002

Hamalik, Oemar. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :

  

 

_______________________________________________

Creative Commons License
Jurnal Madania ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..

__________________________________________________

AN-NIZOM: JURNAL PENELITIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia