STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PENDOPO BARAT KABUPATEN EMPAT LAWANG

Lia Posetasari

Abstract


Peningkatan mutu akan dapat terpenuhi, jika pembinaan sumber daya manusia
tetap terjaga kualitas profesionalnya, kemudian perlu pengawasan yang intensif, agasemua pelaksanaan program kegiatan dapat memenuhi standar serta pencapaiannyaterukur melalui perencanaan pengembangan dan pelaksanaan program pembelajaranmengadakan penilaian serta mengevaluasi pembelajaran tersebut. Salah satu masalahyang dihadapi dalam dunia pendidikan yakni lemahnya proses pembelajaran, karenadalam proses pembelajaran akan dihadapkan pada sejumlah komponen-komponen yangmau tidak mau harus ada, tanpa adanya komponen tersebut maka tidak akan terjadi proses 
pembelajaran dengan demikian guru harus mampu menggunakan/mengimplementasikan strategi yang sesuai. Rumusan masalah dalampeneltian ini yaitu: 1. Bagaimanakah perencanaan pengembangan dan pelaksanaanprogram pembelajaran PAI? 2. Bagaimanakah pelaksanaan penilaian pembelajaranPAI? 3. Bagaimanakah supervisi kepala sekolah dan evaluasi pembelajaran PAI?Metode penelitian: Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian lapangan(Field Research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Prosedupengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasiAnalisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data danpenarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1. Perencanaanpengembangan dan pelaksanaan program pembelajaran PAI dilakukan melaui: (akegiatan tatap muka dalam bentuk pembelajaran intrakurikuler PAI di kelas, (b) tugaterstruktur dalam bentuk ekstrakurikuler, (rohis) (c) tak terstuktur dalam bentukpembiasaan. 2. Pelaksanaan penilaian pembelajaran PAI telah mencakup tiga ranahpenilaian yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotorik, teknik serta mekanismenyadilakukan dengan mengikuti pedoman penilaian PAI dan sesuai dengan kurikulum yangtelah ditetapkan. 3. supervisi kepala sekolah dan evaluasi pembelajaran PAIpelaksanaannya terprogram dan kontinyu dengan tujuan memberikan bantuan kepadaguru untuk mengatasi berbagai permasalahan/ kekurangan yang ada dalam prose
pembelajaran.


Keywords


Strategi Guru;Mutu Pembelajaran;PAI;SMA Negeri.

Full Text:

PDF

References


Al-quran Al-karim dan Terjemahannya Departemen Agama RI, di terjemahkan oleh Yayasan Penyelenggaraan Penerjemah Al-quran, Semarang: PT Karya Toha Putra Semarang, Edisi Tahun 2002.

Abdullah Idi, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik, Jakarta: Gaya Media Pratama, 1999.

al-Abrasyi, Athiyah, M. Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang,1993.

Amin, Alfauzan. Metode dan Model Pembelajaran Agama Islam, Bengkulu: IAIN Bengkulu Press, 2015.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta : Rineka Cipta, 2010.

Aziz, Abd. Filsafat Paendidikan Islam, Yokyakarta: Teras, 2009.

Bahresi, Husen. Hadits Shahih (Bukhari-Muslim), Surabaya: Karya Utama, t.t., Bambnag Warsita, Bambang. Teknologi Pembelajaran (Landasan dan Aplikasinya), Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Brata, Surya Sumadi. Metodologi Penelitian, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010.

Creswel, W, Jhon. Research Design (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixsed), Jakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Farhan, Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlkul Karimah

Siswa SMA Negeri Marga Baru Kabupaten Musi Rawas, Tesis, S-2 Program

Studi Pendidikan Agama Islam, IAIN Bengkulu, 2016.

Gulo, W. MetodologiPenelitian, Jakarta: Gramedia, 2005.

Hakim, Nul Ihsan, dkk. Pengantar Metode Penelitian, Curup: LP2 STAIN Curup, 2009.

Hamali, Yusuf, Arif. Pemahaman Strategi Bisnis dan Kewirausahaan, Jakarta: Kencana, 2016.

Hasbullah, Dasar-dasar ilmu pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers, 1999.

Isjoni, KTSP Sebagai Pembelajaran Visioner, Bandung: Elfabeta, 2010.

Koentjaraningrat, Metode-metode penelitian masyarakat, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1993.

Kunandar, Penialain Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) suatu pendekatan praktis, Jakarta: RajaGrafindo Persada,2013.

Majid Abdul & Dian Andayai, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi (Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004.

Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta : RinekaCipta, 2010.

Mirpansyah, Strategi Pembinaan Keberagamaan Santri di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Muttaqin Pagar Alam, Tesis, S-2 Program Studi Pendidikan Agama Islam, IAIN Bengkulu, 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :

  

 

_______________________________________________

Creative Commons License
Jurnal Madania ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..

__________________________________________________

AN-NIZOM: JURNAL PENELITIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia