STUDI KOMPARASI MANAJEMEN KURIKULUM PEMBELAJARAN PADA PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADIIN DAN PONDOK PESANTREN HIDAYATUL QOMARIYAH KOTA BENGKULU

Kusairi B

Abstract


Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin dan Pondok Pesantren Hidayatul Qomariyah adalah dua pondok pesantren salafiyah yang terdapat di Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan manajemen kurikulum pembelajaran antara Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin dan Pondok Pesantren Hidayatul Qomariyah Kota Bengkulu, yang terfokus pada proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum pembelajaran di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin dan Pondok Pesantren Hidayatul Qomariyah Kota Bengkulu. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendapatkan data yang lengkap dan mendalam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang difokuskan pada satu fenomena tertentu. Dalam penelitian ini penulis mengumpulkan data dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Penulis melakukan wawancara dengan Pimpinan, Sekretaris, dan 3 (tiga) orang guru di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin, serta wawancara dengan Pimpinan, Sekretaris, dan 3 (tiga) orang guru di Pondok Pesantren Hidayatul Qomariyah Kota Bengkulu. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa terdapat persamaan dalam penerapan manajemen kurikulum pembelajaran antara kedua pondok pesantren salafiyah tersebut, baik pada proses perencanaan kurikulum, proses pelaksanaan kurikulum, dan proses penilaian/evaluasi kurikulum pembelajaran. Akan tetapi, perbedaan antara kedua pondok pesantren salafiyah tersebut terletak pada pelaksanaan proses pembelajaran para santriwati tingkat ulya/aliyah di Pondok Pesantren Hidayatul Qomariyah Kota Bengkulu, yang dalam proses pembelajarannya para santriwati belajar dengan kurikulum pondok pesantren salafiyah (non formal) dan kurikulum madrasah aliyah dari pemerintah (formal)

Keywords


Pondok Pesantren;Salafiyah;Manajemen Kurikulum Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad, Guru dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algasindo, 2000.

Bafadal, Ibrahim, Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar, Jakarta : Bumi Aksara, 2003.

Darmansyah, Strategi Pembelajaran Menyenangkan Dengan Humor, Jakarta : Bumi Aksara, 2010.

Departemen Agama RI, Al Qur‟an dan Terjemahan, Madinatul Munawaroh : 2002.

Departemen Agama RI, Pembakuan Sarana Pendidikan, Jakarta : Direktorat Pendidikan Keagamaan Dan Pondok Pesantren, 2005.

Departemen Agama RI, Pengembangan Pendidikan Kesetaraan Di Pondok Pesantren, Jakarta : Direktorat Pendidikan Diniyah Dan Pondok Pesantren, 2008.

Departemen Agama RI, Program Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun Pada Pondok Pesantren Salafiyah Tingkat Wustha, Jakarta : Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, 2009.

Fadjar, Malik, Reorientasi Pendidikan Islam, Jakarta : Fajar Dunia, 1999.

Hamalik, Oemar, Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2008.

Hamalik, Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta : Bumi Aksara, 2003.

Hamiyah, Nur, & Jauhar, Mohammad, Pengantar Manajemen Pendidikan di Sekolah, Jakarta : Prestasi Pustaka, 2015.

Haryono, Manajemen Pondok Pesantren Salaf Dan Khalaf (Studi Komparatif Terhadap Pengelolaan Pondok Pesantren At-Tauhidiyyah Giren Dan Pondok Pesantren Daaru Ulil Albab Kedungkelor Kabupaten Tegal), Cirebon : IAIN Syekh Nurjati, 2012.

Imron, Ali, dkk, Manajemen Pendidikan, Malang : Universitas Negeri Malang, 2003.

Iskandarwassid & Sunendar, Dadang, Strategi Pembelajaran Bahasa, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2009.

Jamali, Kaum Santri dan Tantangan Kontemporer, Bandung : Pustaka Hidayah, 1999.

Khaeruddin & Junaedi, Mahfud, KTSP : Konsep dan Implementasinya di Madrasah, Yogyakarta : Pilar Media, 2007.

Majid, Abdul, Perencanaan Pembelajaran, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2011.

Marno dan Suprianto, Triyo, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan Islam, Bandung : Refika Aditama, 2008.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Rosdakarya, 2010.

Mufarokah, Anissatul, Strategi Belajar-Mengajar, Yogyakarta : Teras, 2009.

Mujib, Abdul dan Mudzakkir, Jusuf, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2008.

Mulyono, Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan, Yogyakarta : Ar-Ruzz Media, 2008.

Munawwar, Abdul, Belajar Dari Keajegan Proses Pembelajaran Di Pesantren, seri XI, Cirebon : Lectur STAIN Cirebon, 2001.

Rusman, Manajemen Kurikulum, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2009.

Sagala, Syaiful, Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, Bandung : Alfabeta, 2009.

Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran : Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta : Prenada Media Grup, 2006.

Saridjo, Marwan, dkk, Sejarah Pondok Pesantren di Indonesia, Jakarta : Dharma Bakti, 1979.

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung : Alfabeta, 2014.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Cetakan Kesepuluh, Bandung : Alfabeta, 2010.

Sukmadinata, Nana Saodih, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, Jakarta : PT Rosda Karya Remaja, 2011


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :

  

 

_______________________________________________

Creative Commons License
Jurnal Madania ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..

__________________________________________________

AN-NIZOM: JURNAL PENELITIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia