PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJARDALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMK NEGERI 1 SELUMA

Alsoni Mukhtiar

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana penggunaan internet dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap kursus agama Islam dan faktor pendukung apa dan faktor apa yang mendukung dan tidak digunakan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan motivasi belajar siswa kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Manfaat bagi siswa dan guru adalah mereka lebih mudah untuk menemukan materi pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah penggunaan internet sebagai sumber belajar di bidang musisi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMKN 1 Seluma ternyata tidak optimal. Itu karena kurangnya pengetahuan dan ketrampilan guru menggunakan media internet juga para siswa fokus pada penggunaan media internet untuk pembelajaran. Saran untuk SMKN 1 Seluma adalah memberikan beberapa pelatihan penggunaan media internet untuk guru agama Islam di SMK N 1 Seluma

Keywords


Internet;motivasi dan pendidikan agama Islam

Full Text:

PDF

References


Arsyad Azhar, Media Pembelajaran, Jakarta: PT. raja Grafindo Persada, 2007

Depag RI, kumpulan peraturan undang-undang RI tentang pendidikan. Jakarta: Depag RI, 2007

Diambil dari POSTED BY PENAYUNUS IN KOLOM IT, PENDIDIKAN DAN SOSIAL,PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI di akses di link (https://www.google.co.id/#safe=active&q=kelebihan+internet+sebagai+media+pembelajaran)

Di ambil dari Posted by Ardy Prasetyo on April 12, 2008 di akses di link (https://penayunus.wordpress.com/2010/06/08/kelemahan-internet-sebagai-media-belajar/ )

Di ambil dari artikel Sejarah Perkembangan Internet di Indonesia Lengkap. Di askes di link (http://www.pattascomputer.org/sejarah-perkembangan-internet-di-indonesia/)

Di ambil di artikel makalah landasan teori by templatoid, di akses di link (http://www.landasanteori.com/2015/08/pengertian-motivasi-belajar-menurut.html)

Diambil di artikel Ilmu Pisikologi di akses di Link (http://www.ilmupsikologi.com/2015/10/pengertian-dan-teori-motivasi-belajar-menurut-para-ahli.html)

Di ambil dari jurnal pengembangan dan konten e-learning, di akses di link (http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._KURIKULUM_DAN_TEK._PENDIDIKAN/197205051998021 RUSMAN/Pengantar_TIK/Pengemb._E-Learning-Rusman.pdf.) Jam 21:16 Wib. Rabu 29 Maret 2017.

Lexy J. Moeleong, MetodelogiPeneltianKualitatif, Bandung: PT. RemajaRosdakarya, 2007

Munir, Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta. 2008

Muhibin, psikologi dengan pendekaatan pendidikan baru. Bandung: Rosda Karya, 2006

Muhammad Hasbi, Ash Shiddiqi, Pengantar Hukum Islam, Semarang: Pustaka Riski putra, 2004

Nana Sujana, Cara Belajar sisiwa Aktif dalam proses belajar, Bandung: Sinar Baru, 2001

Nasution, Teknologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2007

Winkel, W.S., 1984. Psikologi Pendidikan Belajar dan Evaluasi. Jakarta: Gramedia. WSN. 2002. Situs Pemanfaatan Internet dalam Dunia Pendidikan, http: //www.Manfaat Internet Dalam Pendidikan. comp, (26 Oktober 2010, akses 03 Oktober 2011).

Syarif, Komarudin. 2008. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Surakarta: Citra Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :

  

 

_______________________________________________

Creative Commons License
Jurnal Madania ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..

__________________________________________________

AN-NIZOM: JURNAL PENELITIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia