PENGARUH TEKNIK SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN NILAI SASARAN KERJA PEGAWAI (SKP) TERHADAP KINERJA GURU PAI DI SMP KOTA BENGKULU

Yarnida Yarnida

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui teknik Supervisi kepala sekolah berpengaruh positif  terhadap peningkatan kinerja Guru PAI di SMP Kota Bengkulu. Metode penelitian ini dengan metode kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa Nilai βy  Teknik Supervisi Kepala Sekolah adalah sebesar 0,997> 0 hal ini berarti Teknik Supervisi Kepala Sekolah  berpengaruh positif terhadap Kinerja Guru PAI, Nilai Beta (β2)  SKP sebesar 0,000 < 0,000, maka dapat disimpulkan bahwa Ha yang menyatakan bahwa  SKP tidak berpengaruh positif terhadap Kinerja Guru PAI ditolak, Uji koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0.993 Artinya pengaruh ada pengaruh secara bersama-sama antara Teknik Supervisi Kepala Sekolah dan SKP Guru terhadap Kinerja Guru PAI dengan pengaruh 99.3% atau  berpengaruh tinggi.

Keywords


kinerja pegawai;kineja guru

Full Text:

PDF

References


Daryanto, Dkk, Supervisi pembelajaran, 2015, Yogyakarta, Gava Media

Sahertian, Piet A. Konsep Dasar & Tekhnik Supervisi Pendidikan

Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis. (Bandung: Alfabeta, 2010)

Darianto dan Tutik Rahmawati,Supervisi pembelajaran (Yogyakarta :Gava Media , 2015) h.147

Supardi, M.Pd,. Ph.D. Kinerja Guru. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada. 2013, h. 79

Daryanto Drs, Tutik Rachmawati, Dra, M,Pd, Supervisi Pembelajaran Inspeksi Meliputi: Controling, Correcting, Judging, Demonstration, Yogyakarta : Gava Media, 2015, h. 22

Daryanto Drs, Tutik Rachmawati, Dra, M,Pd, Supervisi Pembelajaran Inspeksi Meliputi: Controling, Correcting, Judging, Demonstration, Yogyakarta : Gava Media, 2015 h. 28-29

Abdullah Munir. Menjadi Kepala Sekolah Efektif. Yogyakarta. Ar-Ruzz. 2010, h. 29

Mulyono, Menajemen Administrasi dan organisasi pendidikan,,,,h,149

Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 46 tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil

Kunandar, Guru Profesional; Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007), h. 56.

Syahruddin Nurdin, Guru Profesional & Implementasi Kurikulum, (Jakarta: Ciputat Press, 2003), h. 83


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :

  

 

_______________________________________________

Creative Commons License
Jurnal Madania ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..

__________________________________________________

AN-NIZOM: JURNAL PENELITIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia