PENGARUH AKTIVITAS MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP KEDISIPLINAN DAN PRESTASI MAHASANTRI MA’HAD AL-JAMI’AH IAIN BENGKULU

Esti Wahyu Kurniawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah ada pengaruh aktivitas menghafal Al-Qur’an terhadap kedisiplinan mahasantri Ma’had Al-Jami’ah IAIN Bengkulu (2) apakah ada pengaruh aktivitas menghafal Al-Qur’an terhadap prestasi mahasantri Ma’had Al-Jami’ah IAIN Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Variabel penelitian ini adalah aktivitas menghafal Al-Qur’an sebagai variabel bebas, kedisiplinan dan prestasi mahasantri sebagai variabel terikat. Dalam penelitian ini menggunakan sampling purposive yaitu seluruh mahasantri semester 4 (empat) dan semester 6 (enam) yang berjumlah 55 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi sederhana dan analisis regresi sederhana.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan aktivitas menghafal Al-Qur’an terhadap kedisiplinan mahasantri Ma’had Al-Jami’ah IAIN Bengkulu yang menunjukkan bahwa signifikan 0,000 < 0,05. Besarnya pengaruh antara aktivitas menghafal Al-Qur’an terhadap kedisiplinan mahasantri menunjukkan (R square) sebesar 0,215, hal ini menjelaskan bahwa pengaruh aktivitas menghafal Al-Qur’an terhadap kedisiplinan mahasantri Ma’had Al-Jami’ah IAIN Bengkulu adalah sebesar 21,5 %, sedangkan sisanya 78,5 % di pengaruhi oleh variabel lain selain variabel aktivitas menghafal Al-Qur’an. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan aktivitas menghafal Al-Qur’an terhadap prestasi mahasantri Ma’had Al-Jami’ah IAIN Bengkulu yang menunjukkan bahwa nilai sig 0,004 < 0,05. Untuk besarnya pengaruh aktivitas menghafal Al-Qur’an terhadap prestasi mahasantri terlihat menunjukkan (R square) sebesar 0,146, hal ini menjelaskan bahwa terdapat pengaruh aktivitas menghafal Al-Qur’an terhadap prestasi mahasantri Ma’had Al-Jami’ah IAIN Bengkulu adalah sebesar 14,6 %, sedangkan sisanya 85,4 % di pengaruhi oleh variabel lain selain variabel aktivitas menghafal Al-Qur’an

Keywords


aktivitas menghafal Al-Qur’an;kedisiplinan mahasantri;prestasi mahasantri

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi., 2011, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

________________ , 2006, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Asmani, Jamal Ma’mur., 2010, Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif dan Inofatif, Jogjakarta: Diva Press.

Baharuddin, 2010, Psikologi Pendidikan, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Brotowidjoyo, Mukayat D., 1991, Metodologi Penelitian dan Penulisan Karangan Ilmiah, Yogyakarta: Liberty.

Darajat, Zakiah., 2011, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri., 2008, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurrohman, Muhammad dan Sulistyorini., 2012, Belajar dan Pembelajaran: Meningkatkan mutu pembelajaran sesuai standar nasional, Yogyakarta: Teras.

Hamalik, Oemar., 2014, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.

Hartono, 2013, SPSS 16.0 Analisis Data Statistika dan Penelitian, Pekan Baru: Pustaka Pelajar.

Hasan, Karnadi., 2009, Dasar-dasar Statistik Terapan Bahan Mata Kuliah Statistika Pendidikan, Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo.

Hermawan, Acep., 2013, Ulumul Qur’an: ilmu untuk memahami wahyu, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Imanudin, Basuni dan Nashiroh Ishaq., 2001, Kamus Kontekstual Ara-Indonesia, Jakarta: Ulinnuha Press.

Machmud, Ammar., 2015, Kisah Penghafal Al-Qur’an, Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Mahmud, 2010, Psikologi Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia.

Margono, S., 2010, Metode Penelitian Pendidikan: Komponen MKDK, Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyasa, E., 2013, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution, S., 2010, Didaktik Asas-asas Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanto, 2009, Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanto, Ngalim., 2002, Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Qayyum, Abdul Muhammad Taqiyul Islam Qaary., 2009, Keajaiban Hafalan : bimbingan bagi yang ingin menghafal Al-Qur’an, Jogjakarta: Pustaka Al-Haura.

Quthb, Sayyid., 2001, Tafsir Fi Zhilalil Qur’an Di bawah Naungan Al-Qur’an, Jakarta: Gema Insani.

Sa’dullah, 2008, Cara Cepat Menghafal Al-Qur’an, Jakarta: Gema Insani.

Salam, Burhanuddin., 2004, Cara Belajar Yang Sukses Di Perguruan Tinggi, Jakarta: Rineka Cipta.

Shihab, M.Quraish., 2005, Tafsir al-Misbah, Tangerang: Lentera Hati.

Slameto, 2010, Belajar dan Faktor-fakator Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana., 2010, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, 2016, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: CV Alfabeta.

________, 2005, Metode Penelitian Administrasi, Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih., 2011, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syah, Muhiibbin., 2004, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Thoha, Chabib., 2001, Teknik Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, 2005, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :

  

 

_______________________________________________

Creative Commons License
Jurnal Madania ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..

__________________________________________________

AN-NIZOM: JURNAL PENELITIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia