MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH PLUS JA-ALHAQ KOTA BENGKULU

- Dahlia

Abstract


Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskiriftif kualitatif. Prosedur pengumpulan data menggunakan teknik  wawancara,  dokumentasi dan observasi.  Untuk  menetapkan keabsahan  (trustworthiness) data diperlukan teknik pemeriksaan, yaitu derajat kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), ketergan- tungan (dependability) dan kepastian akan data dan hasil penelitian. Teknik analisa data meliputi editing, kategori, mendisplay data dan penafsiran.  Simpulan dalam penelitian  ini, adalah  sebagai berikut: Pertama,  perencanaan tenaga pendidik Madrasah Ibtidaiyah Plus Ja-alhaq Kota Bengkulu berjalan dengan  baik yakni merekrut tenaga pendidik dan kependidikan di Madrasah Ibtidaiyah Plus Ja-alhaq Kota Bengkulu dengan menyeleksi administrasi berkas lamaran pekerjaan  dan tes kemampuan baca al-Qur’an serta tes micro teaching.  Kedua,  pelaksananaan tenaga pendidik di Madrasah Ibtidaiyah Plus Ja-alhaq Kota Bengkulu melalui pembinaan dari yayasan  dua kali sebulan,  pelatihan  kurikulum 2013  dan seminar  pengembangan mutu  guru. Ketiga, kepala sekolah  mengontrol tenaga pendidik dengan  cara berkeliling ke ruang belajar selama proses pembelajaran berlangsung,  memeriksa absensi tenaga pendidik melalui finger print, dan jurnal pembelajaran di dalam kelas. Keempat, kepala sekolah menggunakan instrumen angket yang disebarkan kepada siswa dan kotak saran untuk  mengetahui kekuatan  dan kelemahan tenaga pendidik dan kependidikan.

Kata Kunci: Manajemen, Tenaga Pendidik


Keywords


Manajemen;Tenaga Pendidik

Full Text:

PDF

References


Anwar Arifin, Memahami Paradigma Baru Pendidikan Nasional Dalam Undang-undangSisdiknas. Ja- karta: Depag, 2003

B. Suryosubroto, Manajemen Pendidikan di Sekolah.Jakarta: PT.Asdi Mahasetya, 2004

Crassidy dan Kreitner, Princples of Management. Chi- na: Western, 2011

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus

Besar Bahasa Indonesia . Jakarta: Balai Pustaka,1990

Hidayati. 2014. Manajemen Pendidikan, Standar Pen- didikan, Tenaga Kependidikan dan Mutu Pendidi- kan. Jurnal Al-Talim Vol. 21

Jhon M. Echols danShadily, Kamus Inggris Indonesia.Jakarta: Gramedia, 2010

Maisah, Manajemen Pendidikan. Jakarta: Gaung Per- sada Press, 2013

Muzyanah. 2014. Manajemen Madrasah sebagai Me- dia Strategis Pendiidkan Karakter. Jurnal Analisa Volume 21

Pidarta, Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta:PT Asdi Mahasatya, 2004

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam . Jakarta: Kalam Mulia, 2002 Cet. ke-3

Richard L. Daft, New Era of Management. Canada: South-Western, 2010

Ricky W. Griffin, Management Principles and Prac- tice. United State: South-Western, 2013

Rohiat,Manajemen Sekolah. Bandung:PT.Refika Aditama, 2009

Sadjili, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: Pustaka Setia, 2006

Sthepen P. Robbins, David A. Decenzo dan Mary Coulter, Fundamental of Management. United State of America: Pearson, 2011

Undang-undang Guru dan Dosen, RI No. 14 Tahun.

Jakarta: Bumi Aksara, 2005), Cet. ke-1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :

  

 

_______________________________________________

Creative Commons License
Jurnal Madania ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..

__________________________________________________

AN-NIZOM: JURNAL PENELITIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia