PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS DAN KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA

Muhammad Rifa’i

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya anggapan bahwa pelaksanaan supervisi akademik pengawas  dan kepala sekolah  di SMPIT Al-Qalam Bengkulu Selatan belum berjalan maksimal,  padahal guru sangat membutuhkan motivasi, arahan, bimbingan dan pembinaan melalui supervisi  akademik pengawas  dan kepala  sekolah  agar tercipta suasana belajar mengajar  yang kon- dusif, kinerja guru yang lebih baik dan pada akhirnya akan meningkatkan efektivitas dan kualitas pembelajaran yang bermuara pada  pencapaian  tujuan  pendidikan. Penelitian  ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif.  Penelitian  ini dilakukan  di SMPIT Al-Qalam Bengkulu Selatan dengan waktu penelitian selama dua bulan. Subjek penelitian ini adalah Pengawas Pendidi- kan Agama  Islam, Kepala sekolah  dan guru Pendidikan Agama  Islam SMPIT  Al-Qalam  Bengkulu Selatan.  data dikumpulkan dengan  wawancara  mendalam, obserfasi  dan dokumentasi. Tehnik  keabsahan  data menggunakan trigulasi sumber. Islam di Sekolah Menengah Pertama  Islam Terpadu  (SMPIT)  Al-Qalam  Bengkulu Selatan.  Hasil penelitian  menunjukkan bahwa  (1) Pelaksanaan  supervisi akademik di SMPIT  Al-Qalam  Bengkulu Selatan  dilaksanakan  oleh pengawas  dari Kementrian Agama Kabupaten Bengkulu Selatan  dan oleh kepala sekolah. Proses Pelaksanaan supervisi dilaksanakan  dalam beberapa  tahab yaitu tahap perencanaan, meliputi penyusunan program,  supervisi, pelaksanaan supervisi, evaluasi dan tindak lanjut.   Pelaksanaan supervisi di SMPIT AL-Qalam  Bengkulu selatan telah berjalan dengan  baik dan terbukti telah banyak membantu guru mengop- timalkan  kemapuannya dalam pembelajaran. (2) Pelaksanaan  supervisi akademik oleh pengawas  dilaksanakan  dengan  tehnik supervisi kelompok yaitu dengan  mengadakan pertemuan rutin tiga bulan sekali di ruang pokjawas. Sedangkan pelaksanan  su- pervisi oleh kepala sekolah yaitu dengan  mengadakan pertemuan rutin satu bulan sekali di awal bulan setelah pembagian rapor bulanan siswa. Hambatan  yang dialami pengawas akademik adalah kurangnya  tenaga pengawas guru PAI dan banyaknya guru yang harus dibina. Sedangkan pendukung efektifitas supervisi akademik kepala sekolah  adalah kerena  kepala sekolah  setiap hari berinteraksi dengan  guru sehingga kepala sekolah mengetahui dari dalam segala kegiatan yang ada disekolah.  Solusi dari kendala  supervisi oleh pengawas  adalah peningkatan intensitas kunjungan supervisor  kesekolah binaan, rekrutmen pengawas baru, dan pembinaan peningkatan kwalifikasi pengawas  secara berkesinambungan.

Kata kunci: Supervisi  Akademik, Guru Pendidikan Agama Islam.


Keywords


Supervisi Akademik;Guru Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar SupervisiJakarta:Rineka Cipta, 2006.

-------- Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Prak- tek. Jakarta: Rineka Cipta, 1998.

-------- Dasar-Dasar Supervisi Akademik. Jakarta: Rineka Cipta. 2004

Arifin Muhammad , Ilmu Pendidikan Islam: Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan In- terdisipliner Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2003.

Djazaman Mohammad, Konsep Pendidikan Islam, dalam Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, Volume 1, tahun 1991.

Departemen Agama RI. 1999, Petujunuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Pengawas Pen- didikan Agama Islam dan Angka Kreditnya, Ja- karta. Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam

Depdiknas. 2008. Penyusunan Program Pengawasan Sekolah (Bahan Pelatihan

Pengawas Sekolah). Jakarta: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kepen- didikan. https://suaidinmath.files.wordpress. com/2013/06/bahan ajar1.docJakarta, diakses 23 Mei 3017

E. Mulyasa Dedy Menjadi guru Profesional Mencip- takan Pembelajaran Kretif Dan Menyenagkan. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2007.

https://frischasite.wordpress.com/2016/06/27/Tugas- dan-Tanggung-Jawab-Guru-Pendidikan-Agama- Islam di akses tanggal 23 April 2017

Maunah, Binti Supervisi Pendidikan Islam.

Yogyakarta:Teras, 2009.

Omar Mohammad Al-Toumy Al-Syaibany, Falsa- fah Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang,1979.

Winarno Surahmad, Dasar dan Teknik Research Pen- gantar Metodologi Ilmiah, Bandung ; Badan Penerbit IKIP Bandung, 1968.

Made Pidarta, Pemikiran Tentang Supervisi pendidi- kan, Jakarta: Bumi Aksara, 2002.

N.A Ametembun, Guru dalam administrasi sekolah.Bandung: IKIP Bandung, 1981.

Rahman Nazarudin, Manajemen Pembelajaran ; Im- plementasi Konsep, Karakteristik dan Metodologi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum, Cet I. Yogyakarta: Pustaka Felicha. 2009.

Rosyada Dede, Paradigma Pendidikan Demokratis, Sebuah Model pelibatan Masyarakat dalam Pen- didikan. Prenada Media, jakarta, 2013.

Zakiah Daradjat, Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Bumi Aksara,2000.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :

  

 

_______________________________________________

Creative Commons License
Jurnal Madania ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..

__________________________________________________

AN-NIZOM: JURNAL PENELITIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia