PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF KEPALA MADRASAH DAN PERANAN ORANG TUA SISWA TERHADAP IKLIM ORGANISASI MTS NEGERI DI KABUPATEN KAUR

Bujang Ruslan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk  menguji  dan menganalisis pengaruh  gaya kepemimpinan partisipatif kepala madrasah  terh- adap iklim organisasi MTsN di Kabupaten Kaur, pengaruh  peranan orang tua siswa terhadap iklim organisasi MTsN di Kabupat- en Kaur dan pengaruh  gaya kepemimpinan partisipatif kepala madrasah dan peranan orang tua siswa secara simultan terhadap iklim organisasi MTsN  di Kabupaten Kaur. Penelitian  ini merupakan penelitian  deskriptif  yang  dianalisis dengan  pendekatan kuantitatif. Teknik  pengumpulan data menggunakan kuesioner Skala Likert. Teknik  analisis data menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda.  Hasil penelitian  menunjukkan (1) hasil uji t diperoleh  nilai signifikansi variabel gaya kepemimpinan 0,012 lebih kecil daripada 0,05.  Hasil ini menunjukkan bahwa  gaya kepemimpinan partisipatif kepala madrasah  berpengaruh terh- adap iklim organisasi MTsN  di Kabupaten Kaur; (2) hasil uji t diperoleh  nilai signifikansi variabel gaya kepemimpinan 0,063 lebih besar daripada 0,05.  Hasil ini menunjukkan bahwa peranan  orangtua siswa tidak berpengaruh terhadap iklim organisasi MTsN di Kabupaten Kaur. Hasil uji Anova diperoleh  nilai F sebesar 5,429  dengan  tingkat signifikansi 0,08 lebih besar dari nilai signifikansi 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa secara simultan, gaya kepemimpinan partisipatif kepala madrasah dan peranan orangtua siswa tidak berpengaruh terhadap iklim organisasi MTsN di Kabupaten Kaur.


Keywords


Gaya Kepemimpinan Partisipatif;Peranan Orangtua Siswa;Iklim Organisasi

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. 2009. Strategi Belajar dan Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Ahmadi, A & Supriyono, W. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Al Jairi, S.A.B.J. 2006. Minhajul Muslim (Konsep Hidup Ideal dalam Islam), Cetakan 1. Jakarta: Darul Haq.

Batson, C.D & Ahmad, Y.N. 2010. Using Empathy to Improve Intergroup Attitudes and Relations. The Psychology Study of Social Issues. Vol.3, No.1, Desember 2010: 141-177.

Danim, S. 2010. Pengantar Kependidikan. Bandung: Alfabeta. Daryanto, M. 2010. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Davis, K. 2005. Human Behaviour at Work Organiza- tional Behaviour. New Delhi: Mc Graw Hill Pub- lishing Company. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Efendy, O.U. 2009. Komunikasi: Teori dan Praktik.Bandung: Remaja Rosdakarya. Fitri, S.E. 2011. Pengaruh Gaya Kepemimpinan ter- hadap Iklim Kerja Organisasi pada PT. PLN Ca- bang Solok. Demokrasi. Vol.10, No.2, Agustus 2011: 93-110.

Hamalik, O. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Ja- karta: BumiAksara.

Handoko, T.H. 2011. Manajemen Personalia & Sum- ber Daya Manusia. Yogyakarta: Badan Penerbit Fakultas Ekonomi, Universitas Gadjah Mada.

Hasibuan, M.S.P. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Himawan, M. 2004. Pokok-pokok Organisasi Modern.Jakarta: Bina Ilmu


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :

  

 

_______________________________________________

Creative Commons License
Jurnal Madania ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..

__________________________________________________

AN-NIZOM: JURNAL PENELITIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia