PENGARUH KEDISIPLINAN GURU PAI DAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI DI SMK NEGERI 05 BENGKULU UTARA

Arfi Jonizon

Abstract


Penulisan  ini bertujuan  untuk  mengetahui pengaruh  kedisiplinan  guru PAI dan kedisiplinan  siswa baik secara sendiri maupun bersama-sama terhadap prestasi belajar PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Analisis menggunakan statistik regresi linear sederhana  dan berganda.  Populasinya  adalah guru PAI di SMKN  05 Bengkulu Utara. Sampel dalam  penelitian ini menggunakan teknik  proportionate stratified dan diperoleh  sampel  berjumlah  60 orang. Variabel penelitian meliputi kedisi- plinan guru PAI, kedisiplinan  siswa dan prestasi belajar PAI. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian  menunjukkan adanya  pengaruh  kedisiplinan  guru PAI terhadap  prestasi belajar PAI siswa sebesar 4,343.  Pengaruh kedisiplinan  siswa terhadap  prestasi belajar PAI sebesar 4,348.  Sedangkan secara bersama-sama kedisiplinan  guru dan siswa memberikan kontribusi sebesar 53,6%.  Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: (1) semakin  tinggi kedisiplinan  guru PAI akan mengakibatkan semakin  tinggi prestasi belajar siswa; (2) semakin  tinggi kedisiplinan  siswa dapat mengakibatkan semakin  tinggi prestasi belajar PAI; dan  (3) semakin  tinggi kedisiplinan  siswa dan  guru  akan  mengakibatkan peningkat  prestasi belajar PAI siswa.

 


Keywords


Disiplin Guru dan Siswa;Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Afrilianti, Fitri Seli. Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Media Pembelajaran Video Terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas XI di SMA Negeri I Bengkulu Tengah. Bengkulu: Tesis Program Pas- casarjana IAIN Bengkulu, 2016.

Ahmadi, Abu dan Rohani,Ahmad Pedoman Penyelenggaraan Administrasi Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 1991.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian, Cet Ke-10.Jakarta: Renika Cipta, 2013.

Asmani, Jamal Ma’mur. Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif, dan Inovatif, Cet Ke-6. Yogyakarta: Diva Press, 2010.

Dalyono, M. Psikologi Pendidikan, Cet Ke-5. Jakarta: Renika Cipta, 2009.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet Ke-10. Jakarta: Balai Pustaka, 1999.

Djamarah, Syaiful Bahri. Guru dan Anak Didik Dalam

Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta, 2000. Djamarah, Syaiful Bahri. Prestasi Belajar dan Kom-

petensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional, 1994. Gunarsa, Singgih. D. Psikologi Untuk Membimbing.

Jakarta: Gunung Mulia, 2007.

Hamalik, Oemar. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Cet Ke-7. Jakarta: Sinar Grafika Offset, 2010.

Hata, Budi. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madra- sah dan Profesionalisme Guru Akidah Akhlak Ter- hadap Prestasi Belajar Siswa di MI Nurul Huda Kota Bengkulu (Bengkulu: Tesis Program Pascasarjana IAIN Bengkulu, 2016).

HK, M. Nasron. Metodologi Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Bogor: UPB Press, 2014.

Hurlock, Elizabeth B. Pengembangan Anak. Penerje- mah dr. Med. Metasari Tjandrasa, Edisi Ke-6. Ja- karta : Sinerga Pustaka Indonesia, t.t.

Kesuma, Dharma. Pendidikan Karakter, Cet Ke-3.Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Mulyasa, E. Menjadi Guru Profesional, Cet Ke-8.Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.

Mustari, Muhamad. Nilai Karakter Refleksi Untuk Pen- didikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2014. Pidarta, Made. Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 1992.

Prastowo, Andi. Memahami Metode-Metode Peneli- tian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.

Rahadi, Moersetyo. Subana. Statistik Pendidikan, CetKe-2. Bandung: Pustaka Setia, 2005.

Ramayulis. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Ja- karta : Kalam Mulia, 2008.

Riduwan. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru- Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfa- beta, 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :

  

 

_______________________________________________

Creative Commons License
Jurnal Madania ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..

__________________________________________________

AN-NIZOM: JURNAL PENELITIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia