STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI I KOTA LUBUK LINGGAU

- Rosmawati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh prestasi yang telah diraih oleh Madrasah Tsanawiyah  Negeri I Lubuk  Linggau tidak terlepas dari upaya kepala madrasah  yang mempunyai pengaruh  sangat besar terhadap  keberhasilan  ma- drasah dan kebijakan dalam peningkatan mutu yang dilakukan oleh kepala Madrasah Tsanawiyah  Negeri I Lubuk Linggau adalah dengan membentuk tim penilai, dimana tim penilaian kerja ini dibentuk secara khusus demi men- ingkatkan sistem pengawasan  yang ada di madrasah  tersebut,  yang melibatkan guru-guru tertentu yang di tunjuk atau di SK-kan  secara resmi dari kepala madrasah  untuk  menjadi  tim supervisor  (tim penilaian kerja). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif  dengan  pendekatan kualitatif. Data diambil  melalui  observasi,  wawancara dan  dokumentasi. Responden terdiri dari kepala  madrasah,  wakil kepala  madrasah,  tim  penilai internal   dan beberapa  guru.  Hasil penelitian  menunjukkan bahwa  strategi kepala  madrasah  dalam  membentuk tim penilai internal adalah (1)  Latar belakang  dibentuknya tim penilai internal didasari dengan  Kuantitas  guru yang terlalu banyak  di MTs  Negeri  I Kota  Lubuk  Linggau  sehingga  tidak  memungkinkan kepala  madrasah  dapat  menilai atau mensupervisi guru secara efektif dan efisien, (2) Pelaksanaan  kegiatan tim penilaian  internal dilaksanakan

4 kali dalam setahun  dan dibagi menjadi  2 kali dalam semester. Dimana tim penilai internal tersebut  terdiri dari

8 orang guru yang memiliki  kualifikasi golongan VIA, wakil-wakil madrasah  dan guru-guru senior yang memiliki pengetahuan dan kemampuan yang baik. Dan penilaian tersebut dilaksanakan  berupa kunjungan kelas dan yang dinilai adalah administrasi guru berupa perangkat pembelajaran serta sikap dan kegiatan guru mengajar, dan (3) Dalam kegiatan tim penilaian internal dalam mutu manajemen, belum  sesuai dengan konsep manajemen, bahwa kegiatan tim penilai internal belum  melaksanakan kegiatan perencanaan yang matang dan kegiatan evaluasi be- lum dilakukannya. Namun untuk  proses pelaksanaannya dan pengorganisasiannya telah sesuai dengan  prosedur manajemen.

 


Keywords


Strategi Kepala Madrasah;Team Supervisor Internal;Mutu Managemen Madrasah

Full Text:

PDF

References


Afifuddin DKK, Administrasi Pendidikan, (Bandung,: Insan Mandiri”, 2004)

Arikunto, Suharsimi, “Dasar-Dasar Supervisi”, (Ja- karta: PT.Rineka Cipta, 2006)

Arikunto, Suharsimi dan Lia Yuliana, “Manajemen Pendidikan”, (Yogyakarta:Aditiya Media, Cet. I 2012)

Danim, Sudarwan, “Visi Baru Manajemen Sekolah Dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik”, (Ja- karta: PT. Bumi Aksara, Cet. III 2008)

Darwyansyah, “Kontribusi Kepemimpinan Transfor- masional Kepala Madrasah, Kinerja Mengajar Guru, Dan Kultur Belajar Terhadap Peningkatan Prestasi Madrasah Aliyah Negeri Provinsi Dki Ja- karta”, Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, Vol.20, Nomor 2,Juni 2014

Herabudin, Adminisrasi Dan Supervise Pendidikan, (Bandung: CV. Pustaka Setia, Cet. I 2009)

Herly, Upaya Kepala Sekolah Meningkatan Pelaksa- naan Supervisi Di Sekolah Dasar 015 Kempas, Volume 2 Nomor 1, Juni 2014 | Bahana Mana- jemen Pendidikan | Jurnal Administrasi Pendidi- kan

Jahari, Jaja dan Amirulloh Syarbini, “Manajemen Madrasah Teori, Strategis dan Implementasi”, (Bandung: AL-Fabeta, 2013)

Kosim, Mohammad, “Madrasah Di Indonesia (Per- tumbuhan Dan Perkembangan)”, Jurnal Tadris. volume 2. Nomor 1. 2007

L.J, Moelong, , Metode Penelitian Kualitatif, (Band- ung; PT. Remaja Rosydakarya, 2002)

Motohar, Prim Masrokan, “Manajemen Mutu Sekolah Strategi Peningkatan Mutu dan Daya Saing Lem- baga Pendidikan Islam””, (Jogyakarta: Ar-Ruzz,2016)

Marzuki,. Metodologi Riset, (Jogjakarta BPFE ; UII,2002)

Nur, Muhammad “Manajemen Sekolah Dalam Men- ingkatkan Mutu Pendidikan Pada Sdn Dayah Guci Kabupaten Pidie”, Jurnal Administrasi Pen- didikan Volume 4, No. 1, Februari 2016, Pascasa- rjana Universitas Syiah Kuala

Riduwan, Belajar Mudah penelitian Untuk Guru- Karyawan dan Peneliti Pemula, (Bandung; AL. FABETA, 2009)

Rivai, Veithzal, Education Management Analisis Teori dan Praktis, (Jakarta: RajaGrafindo Persada, Ed.1 2009)

Sagala, Saiful, “Administrasi Pendidikan Kontempo- rer”, (Bandung : Alfabeta, Cet. IV 2008)

Salehan, M., “Strategi Peningkatan Mutu di Madrasah Aliyah Negeri Muara Enim”, Jurnal Guru Aliyah Negeri Muara Enim,

Sallis, Edward, “Total Quality Manajemen In Educa- tion Manajemen Mutu Pendidikan”, (Jogyakarta: IRCiSod, Cet V 2007)

Purwanto, M.Ngalim, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, (Bandung: PT.Remaja Rosdakarya,2009)

Sugiyono, Metodolologi Penelitian Kuantitatif Kuali- tatif Dan R&D, (Bandung ;ALFABETA, , 2007)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :

  

 

_______________________________________________

Creative Commons License
Jurnal Madania ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..

__________________________________________________

AN-NIZOM: JURNAL PENELITIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia