STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU SERTA KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU
Abstract
ABSTRAK
Strategi Kepala Sekolah dalam upaya peningkatan Kompetensi Guru pada proses pembelajaran PAI di SMP Negeri 11 Kota Bengkulu, yaitu: Pertama, Memotivasi guru untuk berkreasi dan berinovasi; Kedua, Meningkatkan profesionalisme guru; Ke- tiga, Menerapkan kedisiplinan guru, karyawan, dan siswa (stakeholder); Keempat, Melakukan supervisi; Kelima, Meningkatkan kualitas siswa dengan mengikutkan perlombaan baik kurikuler maupun ekstrakurikuler; Keenam, Mengembangkan budaya akhlak yang baik (akhlakul karimah) pada segenap warga sekolah (stakeholder) melalui keteladanan; Ketujuh, Peningkatan kualitas sarana dan prasarana yang memadai bagi pembelajaran pendidikan agama Islam. Strategi kepala sekolah dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 11 Kota Bengkulu, yaitu: Pertama, dengan cara peningkatan kemampuan guru; Kedua, dengan optimalisasi pemanfaatan dan penggunaan media dan sarana pendidikan; Ketiga, dengan pelaksanaan supervisi rutin; Keempat, penerapan disiplin yang ketat. Kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam upaya peningkatan kompetensi guru dan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 11 Kota Beng- kulu, yaitu: Pertama, guru pendidikan agama Islam kurang kompak dalam melaksanakan kegiatan atau program keagamaan; kedua, peserta didik kurang istiqomah dalam mengamalkan kegiatan keagamaan di rumah; Ketiga, perbedaan yang ada da- lam diri siswa tersebut dapat menjadi hambatan bagi pengembangan aspek-aspek anak didik itu sendiri, yang pada akhirnya merupakan hambatan bagi pengembangan mutu pendidikan agama Islam, Keempat, kurangnya kesadaran orangtua dalam memotivasi belajar peserta didik.i
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek), Jakarta: PT Rineke Cipta,2002.
Abdul Qadir, Muhammad, Metode pengajaran agama Islam, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2008.
Anwar, Muhammad, Filsafat Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2015.
Basri, Hasan dkk, Ilmu Pendidikan Islam, Bandung: CV. Pustaka Setia, 2010.
Bahri Djamarah,Syaiful, dkk, Strategi Belajar Menga- jar, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Ibrahim, R. dan Nana Syaodih S, Perencanaan Pen- gajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
J. Moleong, Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010.
Mansur Muslich, Sertifikasi Guru Menuju Profesional- isme Pendidik, Jakarta : Bumi Aksara, 2010.
Ma’mur Asmani, Jamal,7 Kompetensi Guru Menyenangkan dan Profesional,Yogyakarta:Power Books, 2009.
Ngalim Purwanto, Administrasi dan Supervisi Pen- didikan, Bandung: PT. Rosdakarya, 2003.
Sanjaya, Wina, Strategi pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana,2008.
Sutarsih, Cicih, Etika Profesi, Jakarta: Dirjen Pendis Kemenag RI., 2009.
Sahertian, Piet A., Dimensi Administrasi Pendidikan, Surabaya: Nasional, 1998.
Suryosubroto, Manajemen Pendidikan di Sekolah. Ja- karta: Rineka Cipta, 2004.
Tim Departemen Agama, Metodologi Pengajaran Agama, Jakarta: Depag RI, 2001.
Tohirin, Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Is- lam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006
Winardi, Dasar-dasar Manajemen, Bandung: Mandar Maju, 2012.
Wahjosumidjo. Kepemimpinan Pengawas, Jakarta: RajagrafindoPersada, 2008
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by :
_______________________________________________
Jurnal Madania ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..
__________________________________________________
AN-NIZOM: JURNAL PENELITIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia