STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU SERTA KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU

Aslini Midar Asti

Abstract


ABSTRAK

Strategi Kepala Sekolah dalam  upaya  peningkatan Kompetensi Guru  pada proses pembelajaran PAI di SMP  Negeri 11 Kota Bengkulu, yaitu: Pertama,  Memotivasi  guru untuk  berkreasi dan berinovasi;  Kedua,  Meningkatkan profesionalisme guru; Ke- tiga, Menerapkan kedisiplinan guru, karyawan, dan siswa (stakeholder);  Keempat, Melakukan supervisi; Kelima, Meningkatkan kualitas siswa dengan  mengikutkan perlombaan baik kurikuler  maupun ekstrakurikuler;  Keenam, Mengembangkan budaya akhlak  yang  baik (akhlakul  karimah)  pada  segenap  warga sekolah  (stakeholder) melalui  keteladanan; Ketujuh,  Peningkatan kualitas  sarana dan  prasarana  yang  memadai bagi pembelajaran pendidikan agama  Islam.  Strategi  kepala  sekolah  dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 11 Kota Bengkulu, yaitu: Pertama, dengan cara peningkatan kemampuan guru; Kedua,  dengan  optimalisasi pemanfaatan dan penggunaan media dan sarana pendidikan; Ketiga, dengan  pelaksanaan supervisi  rutin; Keempat, penerapan disiplin yang ketat.  Kendala  yang dihadapi  kepala  sekolah dalam upaya peningkatan kompetensi guru dan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 11 Kota Beng- kulu, yaitu: Pertama,  guru pendidikan agama Islam kurang kompak dalam melaksanakan kegiatan atau program keagamaan; kedua,  peserta didik kurang  istiqomah  dalam  mengamalkan kegiatan  keagamaan di rumah;  Ketiga, perbedaan yang ada da- lam diri siswa tersebut  dapat menjadi  hambatan bagi pengembangan aspek-aspek anak didik itu sendiri, yang pada akhirnya merupakan hambatan bagi pengembangan mutu  pendidikan agama  Islam, Keempat, kurangnya  kesadaran  orangtua  dalam memotivasi belajar peserta didik.i


Keywords


Kepala sekolah;strategi;kompetens

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek), Jakarta: PT Rineke Cipta,2002.

Abdul Qadir, Muhammad, Metode pengajaran agama Islam, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2008.

Anwar, Muhammad, Filsafat Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2015.

Basri, Hasan dkk, Ilmu Pendidikan Islam, Bandung: CV. Pustaka Setia, 2010.

Bahri Djamarah,Syaiful, dkk, Strategi Belajar Menga- jar, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Ibrahim, R. dan Nana Syaodih S, Perencanaan Pen- gajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

J. Moleong, Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010.

Mansur Muslich, Sertifikasi Guru Menuju Profesional- isme Pendidik, Jakarta : Bumi Aksara, 2010.

Ma’mur Asmani, Jamal,7 Kompetensi Guru Menyenangkan dan Profesional,Yogyakarta:Power Books, 2009.

Ngalim Purwanto, Administrasi dan Supervisi Pen- didikan, Bandung: PT. Rosdakarya, 2003.

Sanjaya, Wina, Strategi pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana,2008.

Sutarsih, Cicih, Etika Profesi, Jakarta: Dirjen Pendis Kemenag RI., 2009.

Sahertian, Piet A., Dimensi Administrasi Pendidikan, Surabaya: Nasional, 1998.

Suryosubroto, Manajemen Pendidikan di Sekolah. Ja- karta: Rineka Cipta, 2004.

Tim Departemen Agama, Metodologi Pengajaran Agama, Jakarta: Depag RI, 2001.

Tohirin, Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Is- lam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006

Winardi, Dasar-dasar Manajemen, Bandung: Mandar Maju, 2012.

Wahjosumidjo. Kepemimpinan Pengawas, Jakarta: RajagrafindoPersada, 2008


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :

  

 

_______________________________________________

Creative Commons License
Jurnal Madania ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..

__________________________________________________

AN-NIZOM: JURNAL PENELITIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia