STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU DI MAN I MUKOMUKO BENGKULU

- Alamsyah

Abstract


Penelitian  ini bertujuan  untuk  mengetahui strategi kepala  sekolah  dalam  meningkatkan kreativitas  guru,  mengetahui  faktor pendukung dan  penghambat kepala  sekolah  dalam  meningkatkan kreativitas  guru.  Jenis  penelitian  yang  digunakan  adalah penelitian  lapangan dengan  pendekatan deskriptif kualitatif. Data-data penelitian  dikumpulkan dengan  menggunakan metode wawancara, obsevasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kreativitas  guru  di MAN  I Mukomuko Bengkulu yakni  mengadakan rapat dinas  tiap bulannya, mengevaluasi kinerja  guru, pelatihan guru, MGMP, seminar,  workshop pembelajaran berbasis IT, membantu guru dalam memecahkan problem yang dih- adapi dalam pembelajaran, menjalin komunikasi, memberikan contoh  tauladan dan mengarahkan guru  menggunakan variasi mengajar seperti variasi gaya mengajar, pengembangan media pembelajaran, pengembangan bahan ajar, interaksi guru dengan siswa dan pengembangan metode pembelajaran. Faktor pendukung dan penghambat kepala sekolah meningkatkan kreativitas guru dalam  pembelajaran. Faktor pendukung diantaranya:  Latar belakang   pendidikan  sarjana guru dan Magister yang me- madai,  respon  guru untuk  melakukan inovasi,  motivasi  yang kuat,  kerjasama  yang baik. Fasilitas yang memadai, lingkungan kerja yang nyaman, dukungan komite  yang kuat sedangkan  faktor Penghambat: Sikap,  latar belakang  dan tingkat sosial guru yang berbeda-beda. Jumlah  tenaga guru yang PNS masih sedikit, hubungan baik antara sekolah dengan  orang tua/ wali murid masih kurang, jarak perjalanan dinas, rasa segan terhadap guru yang lebih tua. PLN mati daya listrik sekolah terbatas. Adanya guru yang belum  bisa mengoperasionalkan komputer dan  memanfaatkan media  IT yang ada.

 


Keywords


Strategi Kepala Sekolah;Kreativitas Guru

Full Text:

PDF

References


Ahmad Sanusi, Pembaharuan Strategi Pendidikan fisafat, Manajemen, arah Pembangunan karak- ter Bangsa, Bandung:Nuansa Cendikia, 2014

Al-Maraghi, Ahmad Musthafa, Tafsir Al- Maraghi,Jakarta: CV. Toha Putra,1988

Arifin, M, Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Rema- ja Rosdakarya, 1997

Arikunto, Suharsimi ,Organisai dan Administrasi Pen- didikan Teknologi dan Kejuruan. Jakarta: CV.Rajawali, 1990

Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2002

Alma, Buchari , Guru Profesional. Bandung: Alfa- beta, 2009

Bahresy, Salim, Terjemahan Singkat Tafsir Ilmu Katsir Surabaya; PT. Bina Ilmu, 1984

Danim, Sudarwan, Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kepen- didikan,Bandung: CV Pustaka Setia 2002

DePorter, Bobbi., Quantum Teaching :Bandung: Kai- fa, 2000

Djamarah Bahri Syaiful, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Rineka Cipta:Jakarta, 2000

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kamus Besar Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1987

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, En- siklopedi Pendidikan, Jakarta: Balai Pustaka,1986

Disbintalad, Hanja Strategi Membinaan Mental TNI AD, Jakarta: 2012

Drever, James, Kamus Psikologi. Terj. Nanc / Siman- juntak Jakarta : Bina Aksara, 1980

Departemen Agama RI, Al qur’an dan Terjemahnya.Bandung: CV J-ART, 2005

Fajar, A. Malik. Holistika Pemikiran Pendidikan. Ja- karta: PT. Grafindo Persada, 2005

Hamalik, Oemar , Psikologi Belajar dan Mengajar.Ba ndung: Sinar Baru Algesindo, 2002


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :

  

 

_______________________________________________

Creative Commons License
Jurnal Madania ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..

__________________________________________________

AN-NIZOM: JURNAL PENELITIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia