HARMONISASI KEPALA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA DAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU MANAJEMEN MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI DI KOTA BENGKULU

Ahmat Marhaen

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk  mendiskripsikan harmonisasi  kepala kantor kementerian agama dan kepala madrasah  dalam men- ingkatkan mutu manajemen madrasah ibtidaiyah negeri di kota Bengkulu. Metode  penelitian yang digunakan  adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian  ini disimpulkan bahwa  adanya  hubungan yang harmonis  dengan  silaturrahmi pihak madrasah  den- gan kepala kantor kementerian Agama  Kota Bengkulu, setiap ada kegiatan saling koordinasi.  Dalam proses pengorganisasian kurikulum dengan  tahapan  akademik pengorganisasian kurikulum dikembangkan dalam  bentuk  organisasi yaitu  kurikulum mata ajar, kurikulum bidang studi dan kurikulum muatan  lokal. Tahapan  pelaksanaan kurikulum tingkat madrasah  dan kelas. Pada pelaksanaan kurikulum tingkat madrasah  dilakukan  secara maksimal  oleh Kepala Madrasah yang bekerja  sama dengan stakeholder terkait  membentuk struktur  kurikulum dan  pengaturan  beban  mengajar.  Pengawasan  dengan  cara terprogram yaitu dimulai dari tahapan perencanaan, pengorganisasian sampai dengan  tahapan pelaksanaan kurikulum. Pengawasan  yang dilakukan  yaitu melalui evaluasi formatif dan sumatif.  Dalam perencanaan dengan  melakukan analisis kebutuhan pada jaba- tan untuk  memperkirakan persediaan  pegawai. Pengorganisasian  tenaga pendidik dan kependidikan agar mereka  mengetahui tugas dan tanggung  jawab yang dapat dilakukan,  membangun hubungan kerja yang baik antara guru dengan  guru maupun guru dengan  kepala madrasah.  Pelaksanaan yaitu perekrutan, pembinaan dan pengembangan personalia, promosi  dan mutasi. Semua tahapan  tersebut  dilakukan  kepala  madrasah  bekerjasama dengan  stakeholder madrasah  sehingga terjalin hubungan yang harmonis  dalam peningkatan mutu  manajemen madrasah

Keywords


Manajemen madrasah, mutu

Full Text:

PDF

References


A Malik Fadjar,”Reorientasi Pendidikan Islam” da- lam Mastuki dan Abd. Adhim, Sinergi Madra- sah dan Pondok Pesantren, (Departemen Agama RI:Direktorat Madrasah dan PAI pada sekolah umum,2004).

Departemen Agama RI, Pedoman Akreditasi Ma- drasah, Cet. II, (Jakarta:Departemen Agama RI,2005).

E.Mulyasa. Manajemen Berbasis Sekolah, (Bandung: PT.Remaja Rosdakarya,2005).

Mahmud Arif, Sketsa Sejarah, Geliat, dan Dinamika Peran Madrasah dalam Merespon Tantangan Pen- didika Islam (Dilema Madrasah dalam Kancah Pendidikan dan Peran Kontributif Madrasah Ber- basis Pesantren).Yogyakarta, Program Pascasar- jana UIN Sunan Kalijaga kerjasama Penerbit Idea Press, 2010).

Hasan Langgulung, Asas-Asas Pendidikan Islam, (Ja- karta: Al-Husna Zikra, 2000).

Mujamil Qomar. Manajemen Pendidikan Islam (Ja- karta: Erlangga, 2008).

Mulyasa. Menjadi Kepala Sekolah Professional (Band- ung: PT. Remaja Rosda Karya, 2007).

Mohamad Nasroh. Peran Kepemimpinan Kepala Ma- drasah Dalam MeningkatkanKeberhasilan Keg- iatan Pembelajaran (Fakultas Tarbiyah, STAIN,2014).

Lexy J. Meleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remeja Rosdakarya, 2005).

Maleong, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 1995.

Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pen- didikan, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,2005).

Ikhsan Jamaad Akbar. Pengaruh sertifikasi dan mo- tivasi kerja terhadap kinerja guru MtsN 1 Kota Bengku. IAIN Bengkulu. Tahun 2015.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Pustaka Pelajar. 2011.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: Rineka Cipta,2002).

Sutrisno Hadi, Metodologi Research Jilid II, (Yogya- karta: Andi Offset,1991).

Suharsimi Arikunto, Op.Cit., (Jakarta: Rineka Cipta,2002).

Saroni, Muhamad. Manajemen Madrasah (Yogyakar- ta: Ar Russ, 2006).

Sunanto. Manajemen penjenjangan pendidikan dini- yah formal pada pesantren di Kota Bengkulu. IAIN Bengkulu tahun 2015.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun

Tentang Sistem Pendidikan Nasional,(dalam pdf), (Tambahan Lembaran Negara Republik In- donesia Nomor 4301), diundangkan di Jakarta pada tanggal 8 Juli 2003.

Pip Sumardi. Upaya-upaya Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Mengajar Guru rum- pun PAI di MTs Negeri Kertapati Kecamatan Pagar Jati Kabupaten Bengkulu Tengah. IAIN Bengkulu. Tahun 2015


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :

  

 

_______________________________________________

Creative Commons License
Jurnal Madania ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..

__________________________________________________

AN-NIZOM: JURNAL PENELITIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia