KETERLIBATAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MUTU MANAJEMEN KURIKULUM DI SMPN 2 KOTA BENGKULU

Satrul Azis

Abstract


Tujuan  dari penelitian  ini adalah  untuk  mengetahui keterlibatan  guru  pendidikan Agama  Islam dalam  meningkatkan mutu manajemen kurikulum di SMPN  2 Kota Bengkulu, mengetahui implementasi pengembangan dan peningkatan mutu  manaje- men  kurikulum di SMPN  2 Kota Bengkulu, dan mengetahui kendala yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam men- ingkatkan  mutu  manajemen kurikulum di SMPN  2  Kota Bengkulu. Sumber data penelitian  ini adalah kepala sekolah,  wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru-guru PAI, dokumentasi dan literatur yang berkaitan dengan  peningkatan mutu manaje- men  kurikulum di SMPN  2 Kota Bengkulu, sedangkan  metode yang digunakan  adalah penelitian  lapangan dan pendekatan kualitatif. Teknik  pengumpulan data dengan  menggunakan wawancara  dan  dokumentasi, sedangkan  analisis data disajikan dalam bentuk  kata-kata bukan  angka yang mengacu pada reduksi data atau displai data dan penarikan  kesimpulan. Hasil dari penelitian  ini menunjukkan bahwa  upaya  keterlibatan  Guru  PAI dalam  meningkatkan mutu  manajemen kurikulum dengan berdasarkan  konsep-konsep pengembangan kurikulum yang meliputi prinsip-prinsip pengembangan kurikulum dan asas-asas pengembangan kurikulum. Prinsip pengembangan kurikulum terdiri dari berorientasi pada tujuan, relevansi, efisien dan efektif, fleksibel  (keluwesan), berkesinambungan (kontinuitas),  terpadu,  bermutu, serta berdasaskan  falsafah bangsa,  psikologis  dan sosiologis. Serta  implementasi pengembangan kurikulum terdiri dari program  tahunan,  proggram  semester, silabus, RPP dan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM).


Keywords


Mutu Manajemen Kurikulum

Full Text:

PDF

References


Abuddin Nata, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta:Kencan iPrenada Media Group, 2010.

Ahmad Ali Riyadi, Manajemen Mutu Pendidikan, Jogjakarta: IRCiSoD, 2007.

Ahmad Al-Musthafa Al-Maraghi, Terjemahan Tafsir Al-Maraghi, Juz IV, Terj. Bahrun Abu Bakar, Se- marang: Toha Putra, 1993

Ahmad Salim, Pengertian Pendiidkan, dalam website http:// fatamorgana

Wordpress.com. pengertian-pendidikan / di 2001, jilid 8 nomor 1.

Lexi J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2012.

Marno, Triyo Supriyatno, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam, Bandung:Refika Aditama,2008

M. Toha, Kepemimpinan dalam Manajemen, Jakarta Rajawali Press, 1999.

M. Toha, Manajemen: Teori, Praktik dan Riset Pendidikan, Jakarta: BumiAksara, 2006.

Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Pergu- ruan Tinggi, Jakarta: Rajawali Press, 2009.

Muhaimin, Strategi Belajar Mengajar (Penerapan dalam Pendidikan Agama), Surabaya: Citra Me- dia, 1996.

Nanang Fattah, Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya,1999.

Nazarudin, Manajemen Pembelajaran, Yogyakarta: Teras, 2007

Nazarudin, Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah , Bandung: Rosdakarya, 2002

Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: Remaja Rosda karya, 1994.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No. 16 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan Pendiidkan Agama Pada Sekolah Pasal 13.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik In- donesia Nomor 24 tahun 2006 tentang pelaksa- naan Peraturan Mendiknas No. 22 Tahun 2006 (tentang standar isi) dan Peraturan Mendiknas No. 23 tahun 2006 (tentang standar kompetensi lulusan) untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 , Standar Nasional Pendidikan, ( Pasal 91) Bandung: Fokusindo Mandiri, 2012

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidi- kan, Bandung : Fokusindo Mandiri, 2012.

Permen Diknas, Nomor 22 Tahun 2006 tentang Stan- dar Isi. Lihat juga dalam Lampiran Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pela- jaran PAI SMP.

Prastowo, Andi, Metodologi Penelitian Kualitatif da- lam Perspektif Rancangan Penelitian, ( Jogja- karta: Ar-Ruzz Media, 2012).

Prim Masrokan Mutohar, Manajemen Mutu Sekolah Strategi Peningkatan Mutu dan Daya Saing Lemabaga Pendidikan Islam, Jogjakarta: Ar- Ruzz Media, 2013.

Purwandi, Manajemen Pengembangan Kurikulum Di Madrasah Tsnawiyah Al- Quraniyah Manna Bengkulu Selatan, Tesis program Pascasarjana STAIN Bengkulu 2011.

Rohiat, Manajemen Sekolah, Bandung: Refika Adita- ma, 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :

  

 

_______________________________________________

Creative Commons License
Jurnal Madania ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..

__________________________________________________

AN-NIZOM: JURNAL PENELITIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia