TANGGUNG JAWAB MORAL PENGAWAS MADRASAH DALAM MELAKSANAKAN TUGAS KEPENGAWASAN DI KABUPATEN KEPAHIANG

Risa Leni Lanovia

Abstract


Menurut  jenisnya penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, adapun  pendekatan yang digunakan  dalam penelitian ini ada- lah Penelitian  fenomenologi mencoba menjelaskan atau mengungkap makna  konsep atau fenomena pengalaman yang  di- dasari oleh kesadaran  yang terjadi pada beberapa  individu.  Penelitian ini dilakukan  dalam  situasi yang alami, sehingga tidak ada batasan dalam  memaknai atau memahami fenomena yang dikaji. Hasil penelitian  ini yaitu Dalam Penyusunan program pengawasan  dikembangkan atas dasar hasil pengawasan  pada tahun  sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa  pengawasan sekolah harus dilaksanakan  secara berkesinambungan. Program Tahunan  yang terdiri dari kegiatan penilaian, pembinaan, dan pemantauan terutama  menyangkut dimensi  kompetensi supervisi manajerial, supervisi akademik, evaluasi pendidikan. Aspek pembinaan terdiri dari empat  kompetensi (pedagogik, profesional,  kepribadian  dan sosial). Pembinaan guru dilakukan  kerena guru dituntut  lebih  kritis dan  aktif dalam  menjalankan tugasnya.  Pelaksanaan  pembimbingan dan  pelatihan  profesionalisme guru materi  yang   diberikan  meliputi  pengembangan diri publikasi  ilmiah karya inovatif.  Melaksanakan pembimbingan dan pelatihan profesionalisme guru dalam bentuk  kegiatan MGMP/KKG/  dan MGP.


Keywords


Tanggung Jawab, Moral, Pengawas, Madrasah

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an dan Terjemahannya. 2004. Depag RI Anggara Sastro, tt, Kajian Pendidikan Bermutu, Jakarta: Rendi PutraJaya,Abdul Hamid, dan A. Kadir Djaelani, 2003. Pedoman Pengembangan Administrasi, dan Supervisi Pen- didikan Jakarta: Depag RI Dirjen Bimbaga Islam DITMAPENDA. Ayon Triyono, M.Si. Paradigma Baru Manajemen

Sumber Daya Manusia. Jakarta Selatan: Oryza,2012. h.95

Aan Komariah dan Djam’an Satori, 2010, Metod- ologi Penelitian Kualitatif Bandung : Alfabeta Bungin. Burhan. 2012. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Raja GrafindoPersada. Jakarta)

Departemen Pendidikan Nasional, Metode dan Teknik Supervisi, (Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidi- kan, 2008)

Dadang Suhardan, 2010, Supervisi Profesional; Layanan dalam Meningkatkan Mutu Pembelaja- ran di Era Otonomi Daerah, Bandung: Alfabeta,

Euis Karwati, S.Kom., M.Pd. Dkk. Kinerja dan Profe- sionalisme Kepala Sekolah Membangun Sekolah yang Bermutu. Bandung: Alfabeta, 2013

Hendro Wibowo, 2007, Pendidikan Moral, Yogyakar- ta: Majalah Dinamika

Ihsan. Fuad, 2008, Dasar Dasar Kependidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2008

Jamal Ma’mur Asmani, Tips Efektif Supervisi Pendidi- kan Sekolah,et, I; Jogjakarta:Diva Press, 2012)

KMA No. 373 tahun 2002 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi dan Kantor Departemen Agama Kabu- paten/Kota

Kaelan, 2001, Pendidikan Moral Pancasila, Yogya- karta: Penerbit Paradigma

Luk-luk Nur Mufidah, 2009, Supervisi Pendidikan, Yogyakarta: Teras

Lexy J Moleong, 2005, Metodologi Penelitian Kuali- tatif, Bandung: Siswa Rosdakarya

Istanto, Budi, 2007, Pentingnya Pendidikan Moral Bagi Generasi Penerus, Yogyakarta: Majalah Dinamika

Mawardi, 2007, Ilmu alamiad Dasar, Ilmu Sosial dasar, Ilmu Budaya Dasar, Bandung: Pustaka Setia

Michael Quinn Patton,1991. Metode Evaluasi Kuali- tatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Nur Laila Sa’adah, 2007, “Pelaksanaan Supervisi Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 De- pok”, Skripsi Yogyakarta: Program Sarjana UIN Sunan Kalijaga

Piet A. Sahertian, 2008, Konsep Dasar & Teknik Su- pervisi Pendidikan; Dalam Rangka Pengemban- gan Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT. Rineka Cipta

Republik Indonesia, Peraturan Menteri Agama RI Nomor 2 Tahun 2012 Tentang Pengawas Ma- drasah dan Pengawas PAI pada Sekolah (Cet. II; Jakarta:Dirjen Kelembagaan Agama Islam,2004)

Roger S. Pielke, Jr., 2007, The Honest Broker: Mak- ing Sense of Science in Policy and Politics Cam- bridge, Cambridge University Press

Syaiful Sagala, 2009, Administrasi Pendidikan Kon- temporer, Bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto, 2006, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek Jakarta: Rineka Cipta

The Liang Gie, 2000, Pengantar Filsafat Ilmu, Yogya- karta: Liberty

Undang-Undang Republik Indonesia No mor 20 Ta- hun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Winarno Surakhmad, 1990 “Pengantar Penelitian Ilmiah Dan Metode Teknik ”, Tarsito, Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :

  

 

_______________________________________________

Creative Commons License
Jurnal Madania ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..

__________________________________________________

AN-NIZOM: JURNAL PENELITIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia