PENGARUH PENGALAMAN MENGAJAR DAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI DI KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Yuni Kurniawati

Abstract


Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  pengalaman mengajar dan supervisi akademik kepala sekolah terh- adap kompetensi pedagogik  guru PAI pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Bengkulu Selatan baik secara sendiri-sendiri maupun simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan  adalah metode survey, popu- lasi penelitian terdiri dari seluruh guru pendidikan agama islam  dan guru bahasa arab (serumpun) baik Pegawai Negeri mau- pun yang honorer  pada Sekolah Menengah Atas yang berjumlah  10 di Kabupaten Bengkulu Selatan  dengan  jumlah guru 36 orang. Hasil penelitian diperoleh  adanya pengaruh  pengalaman mengajar terhadap kompetensi pedagogik  guru sebesar 1,319, pengaruh  supervisi akademik kepala  sekolah  terhadap  kompetensi pedagogik  guru sebesar  2,228  dan secara bersama-sama antara variabel pengalaman mengajar  dan supervisi akademik kepala sekolah  terhadap  kompetensi pedagogik  sebesar 0,087 maka  dapat disimpulkan bahwa  1). Semakin banyak  pengalaman mengajar  akan mengakibatkan semakin  tinggi kompetensi pedagogik  guru  2). Semakin tinggi supervisi  akademik yang  dilakukan  kepala  sekolah  maka  akan  mengakibatkan semakin tinggi kompetensi pedagogik  guru dan 3). Semakin banyak  pengalaman mengajar dan supervisi akademik kepala sekolah akan mengakibatkan semakin  tinggi kompetensi pedagogik  guru.


Keywords


Kompetensi Pedagogik Guru, Pengalaman Mengajar dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah

Full Text:

PDF

References


Storage.jak.stik.ac.id/Produk Hukum/Pendidikan/Per- men 16 2007

Uswatun Khasanah, “Pengaruh Kompetensi Mengajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sebapo Kecamatan Mesteng Kabupaten Muaro Jambi” (Skripsi SI, Fakultas Tarbiyah, IAIN, 2008),

Undang-Undang RI No. 14 Tahun 2005, tentang Guru dan Dosen,

Komaruddin, Kamus Istilah KaryaIlmiah (Jakarta: Bu- miAksara, 2000)

Suharsimi Arikunto, Manajemen Penelitian (Jakarta: RinekaCipta, 2007)

Ardi Al-Maqassary, “Pengertian Pengalaman Men- gajar” artikel di aksespada 1 Januari 2017 dariwww.e-jurnal.com/.../pengertian-pengalaman mengajar.

NuriaHartati,“Pengaruh Pengalaman Mengajar Guru terhadap Keaktifan Belajar Siswa dalam Pem- belajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 5

Bengkulu Selatan,” (Skripsi S1, FakultasTarbiyah, STIT AL Quraniyah Manna, 2013)

T.Hani Handoko, Manajemen Personalia dan Sumber daya Manusia (Yogyakarta: BPFE, 2003)

Syahrul, “Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Seko- lah dan Hasil Penilaian Kinerja Guru PAI di SMP N Kota Bengkulu,”(TesisS2, FakultasTarbiyah, IAIN, 2015)

Abdullah Munir, Menjadi Kepala Sekolah Efektif (Jog- jakarta: Ar-Ruzz Media, 2010)

Muhammad Nuraini, “Pengaruh Supervisi Akademik dan Iklim Sekolah terhadap Kompetensi Peda- gogik Guru PAI SD di Kota Bengkulu,” (Tesis S2, Tarbiyah, IAIN)

Syaiful Sagala, Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan (Bandung: Alfabeta 2009) Piet A. Sahertian, Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan (Jakarta : Rineka Cipta, 2008


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :

  

 

_______________________________________________

Creative Commons License
Jurnal Madania ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..

__________________________________________________

AN-NIZOM: JURNAL PENELITIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia