PENGARUH KELOMPOK KERJA GURU DAN PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP MANAJEMEN MADRASAH DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL ISLAM KOTA BENGKULU

Sri Astuti

Abstract


Penelitian  ini bertujuan  untuk  mengetahui; 1) pengaruh  kelompok kerja guru terhadap  manajemen madrasah,  2) pengaruh partisipasi masyarakat  terhadap  manajemen madrasah,  3)pengaruhkelompok kerja guru dan partisipasi masyarakat  terhadap manajemen madrasah.  Penelitian ini dilakukan  pada bulan  April sampai  dengan  bulan  Juni 2017  di Madrasah  Ibtidaiyah Al Islam Kota  Bengkulu. Metode  yang  digunakan  adalah pendekatan kuantitatif  dengan  menggunakan analisis regresi ganda. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru dan masyarakat   di Madrasah Ibtidaiyah Al-Islam Kota Bengkulu. Teknik  pengambi- lan sampel  menggunakan teknik  sampling jenuh yaitu teknik  penentuan sampel  bila semua  anggota populasi digunakan  seba- gai sampel  dan random  sampling  yaitu teknik  pengambilan sampel  secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada.Teknik pengumpulan data dalam  penelitian  ini adalah angket  dan dokumentasi. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa,  1)kelompok kerja guru berpengaruh positif terhadap manajemen madrasah  di MI Al-Islam Kota Bengkulu. Kebenarannya ditunjukkan oleh koefisien  jalur sebesar 0,440  atau 44 % dimana  (βy1   > 0) pada taraf α = 0,05,2) partisipasi masyarakat  berpengaruh positif terhadap  manajemen madrasah  di MI Al-Islam Kota Bengkulu.Kebenarannya ditunjukkan oleh koefisien  jalur sebesar  0,508 atau 50,8 % dimana (βy2> 0) pada taraf β = 0,05,  3) kelompok kerja gurudan  partisipasi masyarakat  berpengaruh positif ter- hadap manajemen madrasah di MI Al-Islam Kota Bengkulu. Kebenarannya ditunjukkan oleh koefisien  jalur sebesar 0,205  atau

20,5 % dimana (βy12> 0) pada taraf β = 0,05. Berarti terdapat pengaruh  positif dan signifikan antara kelompok kerja guru dan partisipasi masyarakat  terhadap manajemen madrasah

Keywords


kelompok kerja guru, partisipasi masyarakat, dan manajemen madrasah

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Dzaujak. 1996. Penunjuk Peningkatan Mutu Pendidikan disekolah Dasar ,Jakarta: Depdikbud

Arikunto, Suharsimidan LiaYulian.2008.Manajemen- Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Yogyakarta

Danim, Sudarwan. 2007. Visi Baru Manajemen Sekolah. Jakarta : Bumi Aksara

Departemen Pendidikan Nasional. 2000. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum

Dirjen Dikdasmen. 1995. Peran dan Fungsi Pusat Kegiatan Guru ( PKG ). Jakarta : Depdikbud Hamalik, Oemar.2010.Pendidikan Guru berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara Kompri, 2014.Manajemen Sekolah. Bandung :Alfa beta

Margono, 2009.Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Mulyasa. 2013. Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyasa. 2013. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta :Bumi Aksara

Musfah, Jejen. Manajemen Pendidikan Teori, Kebijakan, dan Praktik. Jakarta :Prenamedia Group

Mustari, Mohamad. 2014. Manajemen Pendidikan.Jakarta: Rajawali Pers

Nata, Abudin. 2012. Manajemen Pendidikan. Jakarta: Kencana

Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi, Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana

Purwanto. 2007. Instrumen Penelitian Sosial dan Pendidikan.Yogyakarta

Riduwan. 2010. Dasar-dasar Penelitian. Bandung: Alfabeta

Ruswandi. 2013. Psikologi Pembelajaran. Bandung: Cipta Pesona Sejahtera

Sagala, Syaiful. 2009. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sagala, Syaiful. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta Sukardi. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan kompetensi dan praktis. Jakarta : Bumi Aksara Santoso, Gempur. 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta :PrestasiPustaka

Sumpeno,Wahyudin. 2009. Sekolah Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sugiyono. 2012. Metode penelitian kuantitatif, Kuali- tatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2009. Statistik Untuk Penelitian. Bandung:Alfabeta

Suyanto, 2013.Bagaimana Menjadi Calon Guru dan Guru Profesional. Yogyakarta : Multi Pressindo Syaefudin, Udin. 2009. Pengembangan Profesi Guru.Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :

  

 

_______________________________________________

Creative Commons License
Jurnal Madania ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..

__________________________________________________

AN-NIZOM: JURNAL PENELITIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia