PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SD NEGERI 65 SELUMA

Erliyana Erliyana

Abstract


Penelitian ini bertujuan  untuk  mengetahui pengaruh  supervisi kepala sekolah  dan kompetensi guru Pendidikan Agama  Islam terhadap prestasi belajar siswa di SD Negeri 65 Seluma. Sesuai  dengan  masalah yang dikaji, makapenelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan  desain non eksperimen,berarti peneliti tidak mengadakan perlakuan terhadap subyek  penelitian melainkanmengkaji fakta-fakta yang telah terjadi dan dialami oleh subjek  penelitian.Hasil  penelitian  adalah 1) Terdapat  pen- garuh yang berarti supervisi kepala sekolah  terhadap  prestasi belajar siswa, pada taraf signifikan α = 0,05.  Dikatakan berarti karena hasil perhitungan tersebut  didapat koefisien  korelasi. Diperoleh koefisiens  determinasinya (R Squere) sebesar 0,307.  2) Terdapat pengaruh  yang berarti kompetensi guru pendidikan agama Islam terhadap prestasi belajar siswa, pada taraf signifikan α = 0,05.  3) Terdapat  pengaruh  supervisi kepala sekolah  dan kompetensi guru pendidikan agama Islamyang cukup  terhadap prestasi belajar siswa.Berdasarkan pada hasil perhitungan, bahwa  antara supervisi kepala sekolah  dan kompetensi guru pen- didikan agama Islam terhadap prestasi belajar siswa terdapat pengaruh  yang berarti pada taraf signifikan a = 0,05.

 


Keywords


Pengaruh, Supervisi, Kepala Sekolah

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pen- didikan (Edisi Revisi). Cetakan kedua. Jakarta: Bumi Aksara.

------------------------. 2002. Prosedur Penelitian. Jakar- ta: Bumi Aksara.

Dardjat, Zakiyah. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Ja- karta: Bumi Aksara.

Daryanto. 2005.Administrasi Pendidikan.Jakarta: Rineka Cipta.

---------------------. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta 2006. Departemen Agama RI. Al-Quran dan Terjemahan-

nya. Jakarta :2007

Dimyati, dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelaja- ran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar.

Bandung: Bumi Aksara.

Kemendiknas. 2011. Buku Kerja Kepala Sekolah. Ja- karta: Kemendiknas.

Mukhtar dan Iskandar. 2009. Orientasi Baru Supervisi

Pendidikan, Jakarta: Gaung Persada Press. Mulyasa, E. 2003.Manajemen berbasis sekolah,

strategi dan implementasi Bandung: Rosdakarya. Mustaqim. 2008. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Nasution, S. 1995. Dedaktik Azas-Azas Mengajar.

Bandung : Jenmars.

Nirmala, Andini T dan Aditya A. Pratama. 2003. Ka- mus Lengkap Bahasa Indonesia Surabaya: Prima Media.

Priyatno, Duwi. 2016. SPSS Handbook. Yogyakarta: Mediakom.

-------------------. 2011. Belajar Cepat Olah Data Statis- tik dengan SPSS.Yogyakarta: CV. Andi Offset. Purwanto, M. Ngalim. 2003. Administrasi dan Super-

visi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Riduwan.2012. Belajar Mudah Penelitian. Bandung:

Alfabeta.

Ramayulis. 2005. Metodologi Pendidikan Agama Is- lam. Jakarta: Kalam Mulia.

Sahertian, A. Piet. 1998. Dimensi Administrasi Pen- didikan. Surabaya: Nasional.

Samana, A. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogya- karta: Kanisius.

Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Men- gajar. Jakarta: PT. Rajawali Press.

Singgih Santosa. 2001. Buku Latihan SPSS Statistik

Parametrik. Jakarta : Elex Media Komputindo. Siregar, Syofian. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif,

Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan

Manual dan SPSS. Jakarta: Kencana.

Slameto. 2010, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mem-

pengaruhinya, Jakarta: PT.Rineka Cipta. Sudijono, Anas. 2009. Statistik Pendidikan. Jakarta:Rajawali Press

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R & B, Praktisnya, Jakarta: Bumi Aksara.

Sukardi. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara

Suryana, Asep. 2009. Pengelolaan Pendidikan. Jakarta: Dirjen Pendis Kemenag RI.

Suryosubroto, B. 2002. Proses Belajar Mengajar diSekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sutarsih, Cicih. 2009. Etika profesi. Jakarta: Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI.

Suyanto & Djihad Hisyam. 2000. Refleksi dan Refor- masi Pendidikan di Indonesia Memasuki Mileni- um III. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Tilaar, H.A.R. 2000. Paradikma Baru Pendidikan Na- sional. Jakarta : Rineka Cipta.

Undang-Undang Guru dan Dosen Tahun 2003 ten- tang Guru dan Dosen, baca juga Peraturan Pe- merintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Yasyin, Sulchan. 1997. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Amanah

Yuniarsih, Tjutju.2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Teori, Aplikasi, dan Isu Penelitian. Band- ung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :

  

 

_______________________________________________

Creative Commons License
Jurnal Madania ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..

__________________________________________________

AN-NIZOM: JURNAL PENELITIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia