PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS DAN KOMPETENSI MANEJERIAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENGEMBANGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KECAMATAN MALIN DEMAN KABUPATEN MUKOMUKO

Indra Gunawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan  untuk  mengetahui pengaruh  supervisi akademik pengawas  dan kompetensi manejerial kepala sekolah terhadap pengembangan KTSP Sekolah Menengah Pertama di kecamatan Malin Deman  Kabupaten Mukomuko. Penelitian ini menggunakan metode penelitian  kuantitatif, yang populasinya   adalah guru SMPN  17, SMPN  19, dan SMPN  33 Mukomuko yang berjumlah  32 orang, dengan  tekniksampel total. Data dikumpulkan melalui angket langsung yang dijawab oleh para guru, selanjutnya  dianalisis secara statistik dengan  teknik  analisis regresi berganda.  Hasil penelitian  menunjukkan bahwa  supervisi akademik pengawas  terhadap  pengembangan KTSP  menghasilkan angka  sebesar  0,798  (79,8  %), artinya supervisi  akade- mik  pengawasberpengaruh langsung  positif terhadap  pengembangan KTSP,  kompetensi manejerial  kepala  sekolahterhadap pengembangan KTSP  menghasilkan angka  sebesar  0,204  (20,4  %), artinya kompetensi manejerial  kepala  sekolah  berpen- garuh langsung  positif terhadap  pengembangan KTSP,  danselanjutnya adalah supervisi akademik pengawas  dan kompetensi manejerial  kepala  sekolah  terhadap  pengembangan KTSPmenghasilkan angka  sebesar  0,901  (90,1%),    artinya  supervisi akedemik pengawasdan kompetensi manejerial  kepala  sekolahjika  diuji secara bersama-sama berpengaruh langsung  positif terhadap pengembangan KTSP

Keywords


Supervisi akademik pengawas, Kompetensi manejerial kepala sekolah, pengembangan KTSP

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006

-------------------------. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi ,Jakarta: Rieneka Cipta, 2010.

Asmani,Jamal Ma’mur, Tips Efektif Supervisi Pendidikan Sekolah. Yogyakarta: DIVA Pres, 2012.

Bafadal, Ibrahim. Supervisi Pengajaran, Teori dan Aplikasinya dalam Membina Profesional Guru. Jakarta: Bumi Aksara, 1992.

Bungin, Burhan, Metedologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi,Ekonomi,dan kebijakan Publik serta Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta : Prenada Media,2005.

Choliq MT, Abdul. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Mitra Cendekia, 2011.

Eriyanto, Kompetensi Manejerial Kepala Sekolah, Jurnal Lisan Al-Hal, Vol No.6, 02 Desember 2014.

Danim, Sudarman &Khairil, Profesi Kependidikan Bandung : CV.Alfabeta, 2013.

Departemen Agama RI. Pedoman Pengembangan Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Jakarta:2003.

Depdiknas, Undang-Undang Nomor 20 tahun. Jakarta: Depdiknas, 2003.

Direkrorat Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama RI. Kumpulan Undang-Undang dan Pera- turan Pemerintah RI Tentang Pendidikan. Jakarta:2007.

Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Nasional. Su- pervisi Pembelajaran. Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah, Jakarta: 2010.

Hadi, Sutrisno. MetodologiResearch, Jilid II. Yogyakarta: Penerbit, 1987.

Hariyadi,Rahmat. “Tuntutan Pofesionalisme Guru di Era Globalisasi” Attarbiyah Kajian Agama, Bu- daya, Kependidikan, No. 1 , 2011.

Idi, Abdullah & Safarina HD. Pengembangan Kurikulum Teori & praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2016.

Kementerian Agama RI. Al Qur an dan Terjemahannya. Jakarta: Sinergi Pustaka Indonesia, 2012.

Kompri, Standar Kompetensi Kepala Sekolah pendekatan teori untuk praktek profesional, Ja- karta : Kencana, 2017.

Majid, Abdul, Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kopetensi Guru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2008.

Marno, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Bandung : Retika Aditama, 2008.

Martoyo Susilo, Pengetahuan Dasar Manajemen dan Kepemimpinan,Yogyakarta : BPFE, 1988. Muhaimin, dkk, Manajemen Pendidikan Islam “Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah, Jakarta : Kencana,2010.

Mulyasa, E. Manajemen Berbasis Sekolah Srategi dan Imlementasi. Bandung: 2003

---------- E. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru.Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008

---------- E.Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Band- ung: Remaja Rosda Karya, 2007.

---------- Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Band- ung : PT Remaja Rosdakarya, 2010.

Nasution, S. Teknologi Pendidikan. Bandung: Jemmars, 1987.

Nawawi, Hadari. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung, 1981.

Prasojo, Lantjip Diat dan Sudiyono, Supervisi Pendidikan, Yogyakarta: Gava Media, 2011.

Peraturan Mentri Pendidikan Nasiaonal Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2007, tentang Standar Pengawas Sekolah/Madrasah.

Peraturan Mentri Pendidikan Nasiaonal Republik In- donesia Nomor 13 Tahun 2007, tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.

Pidarta, Made. Pemikiran Tentang Supervis Pendidi- kani. Jakarta: Bumi Aksara, 1992.

Riduwan, Dasar-dasar Statistika . Bandung: Alfabeta,2010.

Rifai, Moh. Administrasi dan Supervisi Penididkan.Bandung: Jemmars, 1987.

PriyantoDuwi, Belajar Cepat Olah Data Statistik Den- gan SPSS, Yogyakarta : CV.Andi Offset, 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :

  

 

_______________________________________________

Creative Commons License
Jurnal Madania ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..

__________________________________________________

AN-NIZOM: JURNAL PENELITIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia