STRATEGI SUPERVISI PENGAWAS TK/SD DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PAI SD DI KECAMATAN SEMIDANG ALAS KABUPATEN SELUMA

Marten Pradisma

Abstract


Penelitian  ini bertujuan  untuk  mengetahui strategi supervisi  yang  dilaksanakan  oleh  Pengawas  TK/SD  Kementerian Agama dalam  meningkatkan  profesionalisme guru  SD  pada  pembelajaran Pendidikan Agama  Islam di Kecamatan Semidang  Alas Kabupaten Seluma. Metode  penelitian yang digunakan  adalah metode penelitian kualitatif, pengumpulan data dengan  meng- gunakan  teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini adalah 1) Strategi supervisi pengawas  TK/ SD,  yaitu; Pertama,  memfokuskan peningkatan yang sifatnya individual.  Kedua,  memberi motivasi  kepada  para guru dalam melaksanakan pembelajaran secara rutin untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Ketiga, supevisi model  klinis ada- lah bentuk  supervisi yang difokuskan pada peningkatan mengajar  serta bertujuan  mengadakan perubahan dengan  cara yang rasional. 2) Guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Kecamatan Semidang Alas telah melakukan langkah, yaitu: Pertama, perencanaan pembelajaran:  penyiapan perangkat  dan rencana program pembelajaran. Kedua,  pelak- sanaan  pembelajaran:  guru  telah menguasai dan  menerapkan beberapa  metode pembelajaran, namun kondisi  kelas masih belum  kondusif. Ketiga, guru melakukan evaluasi secara objektif, disesuaikan  dengan  materi pelajaran yang di sampaikan dan penilaiannya  disesuaikan  dengan  kemampuan siswa dalam belajar

Keywords


Strategi, Supervisi, Pengawas

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu dan Nur Uhbiyati. 2003. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Arifin, M. 1995. Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum). Jakarta : Bumi Aksara.

Basri, Hasan dan Beni Ahmad Saebani. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: CV. Pustaka Setia. Danim, Sudarman. 2002. Inovasi pendidikan Upaya

Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidi- kan. Bandung: Pustaka Setia.

Daradjat, Zakiyah. 2008. Ilmu Pendidikan Islam. Ja- karta: Bumi Aksara.

Daryanto. 2006. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2006.

Pedoman Kerja Pelaksanaan Supervisi . Jakarta : Depdikbud.

Dimyati, dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006.

Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

-------------------. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran.Jakarta: Bumi Aksara.

Majid, Abdul dan Jusuf Mudzakkir. 2006. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.

Moleong, Lexy. J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Muhaimin. 2008. Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Pada Sekolah dan Madrasah. Jakarta : PT Rajawali Press.

Mulyasa,E. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidi- kan. Bandung: PT. Rosdakarya.

Nasution. 1995. Didaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Nawawi, Hadari. 1998. Administrasi Pendidikan. Ja- karta: CV. Haji Masagung.

Purwanto, Ngalim. 2004. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. (Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.Ramayulis. 2008. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Kalam Mulia.

-------------. 2008. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Ka- lam Mulia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :

  

 

_______________________________________________

Creative Commons License
Jurnal Madania ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..

__________________________________________________

AN-NIZOM: JURNAL PENELITIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia