PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS PAI DAN KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU (KKG) TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI SD DI WILAYAH I KABUPATEN REJANG LEBONG

Jumiatun Jumiatun

Abstract


Penelitian  ini bertujuan  untuk  mengetahui pengaruh  supervisi  akademik, kegiatan  Kelompok Kerja Guru  (KKG) baik secara sendiri  maupun simultan  terhadap  kompetensi profesional  guru  PAI SD  di Wilayah  I Kabupaten Rejang  Lebong. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, populasinya  sebanyak  73 guru PAI dan sampel sejumlah  42 guru. Metode  pengumpulan data yang digunakan  adalah observasi,  angket dan dokumentasi. Setelah  dianalisis dengan  regresi berganda,   hasil penelitian menunjukkan bahwa  terdapat pengaruh  yang signifikan secara parsial antara supervisi akademik terhadap  kompetensi profe- sional guru dengan  nilai t hitung sebesar  2,204.  Pengaruh  KKG terhadap kompetensi profesional guru secara parsial ditunjuk- kan t hitung sebesar 2,125  dan secara bersama-sama supervisi akademik dan kegiatan  KKG memberikan kontribusi  sebesar

29,5  %. Kesimpulan dalam  penelitian  ini adalah: (1) semakin  tinggi supervisi  akademik akan mengakibatkan semakin  tinggi kompetensi profesional  guru; (2) semakin  tinggi kegiatan  KKG  akan  mengakibatkan semakin  tinggi kompetensi profesional guru; dan (3) semakin  tinggi supervisi akademik dan kegiatan KKG akan mengakibatkan semakin  tinggi kompetensi profesional guru


Keywords


Kompetensi Profesional Guru, Supervisi Akademik dan Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG)

Full Text:

PDF

References


A. Sahertian, Piet, Konsep dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan, Jakarta : Rineka Cipta, 2008. Arikunto, Suharsimi dan Yuliana, Lia, Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Aditya Media, 2009.Banun Muslim, Sri, Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru, Bandung: Alfabeta, 2010.

Dananjaya, Utomo , Media Pembelajaran Aktif, Bandung: Nuansa, 2010

Diat Prasojo, Lantjip dan Sudiyono, Supervisi Pendidikan, Yogyakarta: Gava Media, 2011.

H. Makawimbang, Jerry, Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2011. Istiqomah dan Sulthon, Muhammad ,Sukses Uji Kompetensi Guru, Malang : Dunia Cerdas, 2013.

Kadir Masaong, Abd., Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru, Bandung : Alfa- beta, 2013.

Maunah, Binti, Supervisi Pendidikan Islam Teori dan Praktik (Yogyakarta: Teras, 2009.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2010 Pasal 16 Tentang Pengelolaan Pendidikan Agama Pada Sekolah Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2012 Tentang Pengawas Madrasah dan Pengawas PAI pada Sekolah Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2012

Rambu-rambu Pengembangan Kegiatan KKG dan MGMP Departemen Pendidikan Nasional 2009

Sumiati dan Asra, Metode Pembelajaran, Bandung: Wacana Prima, 2012.

Undang-Undang Republik Iindonesia Nomor 14 Ta- hun 2005 Tentang Guru dan Dosen


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :

  

 

_______________________________________________

Creative Commons License
Jurnal Madania ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..

__________________________________________________

AN-NIZOM: JURNAL PENELITIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia