SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 179 KABUPATEN SELUMA

Yevi Osvita

Abstract


Dalam usaha untuk  memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran yang dilakukan  oleh guru, kepala sekolah  bertugas menyelenggarakan serta melaksanakan kegiatan  supervisi.  Tugas  ini cukup  penting  karena  melalui  peran  supervisor,  kepala sekolah  dapat  memberi bantuan,  bimbingan, ataupun  layanan  kepada  guru  dalam  menjalankan tugas ataupun  dalam  me- mecahkan permasalah  yang  dihadapi  pada  saat proses  pembelajaran. Tujuan  penelitian  ini adalah supervisi  akademik oleh kepala  sekolah  dalam  peningkatan kinerja guru Pendidikan Agama  Islam di Sekolah Dasar Negeri  179  Kabupaten Seluma. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, karena data-data yang diperoleh di lapangan adalah berupa uraian kata-kata serta ungkapan secara deskripsi dari hasil wawancara  responden dan observasi.  Hasil penelitian  ini adalah (1) Supervisi  akademik kepala sekolah  yang terdiri dari: 1) supervisi akademik pada perencanaan pembelajaran, 2) supervisi akademik pada pelaksa- naan pembelajaran, 3) supervisi akademik pada evaluasi pembelajaran. (2) Kinerja guru Pendidikan Agama Islam, yang terdiri dari: 1) perencanaan pembelajaran, yaitu: guru Pendidikan Agama  Islam mempersiapkan rencana program  pembelajaran, 2) pelaksanaan pembelajaran, 3) evaluasi pembelajaran, yakni guru mengembangkan jenis penilaian terhadap hasil belajar siswa. (3) Faktor-faktor  pendukung dan penghambat pelaksanaan supervisi: 1) Keberhasilan  pelaksanaan supervisi  kepala  sekolah dipengaruhi  oleh beberapa  faktor pendukungnya, yakni guru yang menjadi sasaran supervisi kepala sekolah bersikap koperatif dan terbuka,  2) faktor penghambat pelaksanaan supervisi kepala  sekolah  dalam  upaya  peningkatan kinerja guru Pendidikan Agama Islam, adanya permasalahan yang muncul  pada pembelajaran Pendidikan agama Islam adalah sempitnya alokasi waktu untuk  pelaksanaan pembelajaran PAI di sekolah dasar

Keywords


Supervisi, Akademik, Kepala Sekolah

Full Text:

PDF

References


Ambarita, Alben. 2006. Manajemen Pembelajaran.Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi ke VI. Jakarta: Rineka Cipta. Bafadal, Ibrahim. 2011. Supervisi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Pendidikan dan Pelatihan: Supervisi Akademik dalam Peningkatan Profesionalisme Guru. Jakarta: Depdiknas.

Engkoswara. 2008. Paradigma Manajemen Pendidikan Menyongsong Otonomi Daerah. Bandung: Yayasan amal keluarga.

Kemendiknas. (2011). Buku Kerja Kepala Sekolah.Jakarta: Kemendiknas.

Majid, Abdul. 2006. Perencanaan Pembelajaran.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mukhtar & Iskandar. 2009. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada.

Mulyasa, E. 2014. Menjadi Kepala Sekolah Profesion- al. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.(2008). Standar Kompetensi dan Sertifikasi

Guru. Bandung: Rosdakarya.

Muslich, Mansur. 2010. Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme Pendidik. Jakarta : Bumi Aksara.

Pidarta, Made. 2009. Supervisi Pendidikan Konstektual. Jakarta: Rineka Cipta.

Prasojo, Lantip Diat dan Sudiyono. 2011. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.

Purwanto, Ngalim. 2010. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Rahman. 2006. Peran Strategis Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jatinangor: Alqa Print.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sahertian, Piet A. 2006. Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengemban- gan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Satori, Djam’an. 2014. Paradigma Baru Supervisi Pendidikan untuk Peningkatan Mutu dalam Kon- teks Peranan Pengawas Sekolah dalam Otonomi Daerah. Bandung: APSI Provinsi Jawa Barat.

Soejipto & Raflis Kosasi. 2007. Profesi Keguruan. Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukirman, Hartati dkk. 2008. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Suryosubroto, B. 2012. Proses Belajar Mengajar diSekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sutarsih Cicih, 2009. Etika Profesi, Jakarta: Direktorat jendral Pendidikan Islam.

Syafaruddin dan Irawan N. 2005. Manajemen Pem- belajaran. Jakarta: Ciputat Press.

Sagala, Syaiful. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Ino- vatif-Progresif. Jakarta: Kencana.Uno, Hamzah B. Uno. 2008. Perencanaan Pembelaja- ran. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, Moh. Uzer. 2014. Menjadi Guru Profesional.Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :

  

 

_______________________________________________

Creative Commons License
Jurnal Madania ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..

__________________________________________________

AN-NIZOM: JURNAL PENELITIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia