EFEKTIVITAS SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU PAI DI SMP NEGERI 13 SELUMA

Zozna Khairi

Abstract


Supervisi  merupakan layanan kepada  sekolah-sekolah yang bertujuan  menghasilkan perbaikan  instruksional, belajar dan kuri- kulum. Kegiatan  ini mempunyai konsekuensi logis bahwa  seorang  sekolah  harus siap disupervisi  setiap saat, karena  tujuan supervisi telah  jelas. Jika sekolah  dan kepala sekolah  telah memahami fungsi dan peran supervisi, maka masalah pendidikan mudah  dipecahkan.Penelitian bertujuan  untuk  mengetahuiefektivitas supervisi kepala sekolah  dalam meningkatkan profesion- alisme guru   Pendidikan Agama  Islam di SMP  Negeri  13 Seluma. Metode  penelitian  ini adalah metode kualitatif, dan yang menjadi responden penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam dan siswa. Teknik yang digunakan  dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Temuan penelitian dalam tesis ini adalah: 1) Kemampuan kepala sekolah dalam melakukan supervisi kepada guru PAI di SMP Negeri 13 Kabupaten Seluma, yaitu: kepala sekolah meny- usun program supervisi diawali dengan menyusun tim supervisi; melakukan kerjasama dengan guru untuk saling mengisi dalam rangka memperbaiki kompetensi sebagai seorang guru; menerapkan pendekatan langsung dan pendekatan tidak langsung; dan menerapkan beberapa  teknik diantaranya adalah rapat antara kepala sekolah dengan  guru. 2) Supervisi  kepala sekolah mem- peroleh nilai skor rata-rata 3,83dan profesionalisme guru pendidikan agama Islam yaitu nilai skor rata-rata 3,31.Maka, kegiatan supervisi  kepala  sekolahdan profesionalisme guru pendidikan agama  Islamdi SMP  Negeri  13 Selumamendapatkan  kategori Cukup. Dengan  demikian, supervisi  yang  dilakukan  kepala  sekolah  dalam  meningkatkan  profesionalisme guru  Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 13 Seluma adalah cukup  efektif.

 


Keywords


Efektivitas,Supervisi, Kepala Sekolah

Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal. Membangun Profesionalisme Guru dan Pengawas Sekolah, Bandung: Yrama Widya.2007.

Arifin, M. Kapita Selekta Pendidikan. Jakarta: Budi Aksara. 1993.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT.Rineka Cipta. 2006.

----------------------. Dasar-dasar supervisi, Jakarta: Rineka cipta, 2004.

Danim, Sudarwan dan Khairil. Profesi Kependidikan, Bandung: Alfabeta. 2011.

Daryanto. 2005. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. Petunjuk Pengelolaan Adminstrasi Sekolah Dasar. Jakarta: Depdik- nas. 1997.

Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan terjemahnya.Jakarta: Andiva. 2009.

-------------. Pedoman pengembangan Admninstrasi dan supervise pendidikan. Jakarta: Dirjen kelem- bagaan Agama Islam. 2004.

Fattah, Nanang. Landasan Manajemen Pendidikan.Bandung: PT. Rosdakarya. 2003.

Hamalik, Oemar. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Rosdakarya 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. 2008.

Komaruddin dan Yooke Tjuparmah. Kamus Istilah Karya Tulis Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara. 2000. Mulyasa, E. Manajemen berbasis sekolah, strategi dan implementasi Bandung: Rosdakarya. 2003. Mujib, Abdul dan Jusuf Mudzakkir. 2006. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.

Nawawi, Hadari. Administrasi pendidikan. Jakarta: CV. Haji Masagung. 1998.

Nurdin, Muhammad. Kiat menjadi Guru Profesional.

Cet.1. Yogyakarta: PresmaSophie. 2004. Poerwadarminta, WJS. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. 1979.

Prasojo, Lantip Diat dan Sudiyono. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media. 2011.

Purwanto, M. Ngalim. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. 1998.

Sagala, Syaiful. Supervisi Pembelajaran dalam profesi pendidikan, Bandung: Alfabeta. 2010.

Sahertian, Piet A. Dimensi Administrasi Pendidikan.Surabaya: Nasional. 1998.

Samana, A. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Kanisius. 1994.

Sudjana, Nana. Dasar-Dasar Proses Belajar-Mengajar.Bandung : Sinar Baru. 1989.

Sugiyono. Metode Penelitian Kunatitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2008.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Rosdakarya. 2010.

Suryana, Asep dan Suryadi. Pengelolaan Pendidikan.Jakarta: Departemen Agama RI.

Suryosubroto. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta. 2004.

Sutarsih, Cicih. Etika Profesi. Jakarta: Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI. 2009.

Trianto. Pengantar penelitian pendidikan bagi pengembangan profesi pendidikan dan tenaga kependidikan. Jakarta: Kencana. 2010.

Usman, Moh Uzer. Menjadi Guru Profesional, Band- ung: Remaja Rosdakarya, 2000.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :

  

 

_______________________________________________

Creative Commons License
Jurnal Madania ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..

__________________________________________________

AN-NIZOM: JURNAL PENELITIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia