PENILAIAN SIKAP AFEKTIF SEBAGAI ALTERNATIF DALAM PENILAIAN MATA PELAJARAN ILMU SOSIAL

IRWAN SATRIA

Abstract


Penilaian pembelajaran pada umumnya hanya difokuskan pada aspek kognitif saja. Pada saat ini sedang digalakkan penilaian berbasis sikap afektif siswa, dalam rangka memenuhi target pemerintah untuk menanamkan pendidikan karakter. Aspek penilaian afektif meliputi 1) Attending atau Receiving, 2) Respond, 3) Valuing 4) Organization, 5) Characterization by evalue or calue complex. Aspek-aspek tersebut dimanifestasikan ke dalam butir-butir instrumen kuesioner. Setelah itu diberikan skor terhadap jawaban-jawaban yang telah dituliskan oleh siswa.  Setelah skor diberikan, maka dapat dilakukan interpretasi skor menjadi kategori-kategori yang dapat dijadikan acuan penilaian apakah siswa tersebut telah selesai melakukan target pencapaian pembelajaran. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kajian pustaka dari berbagai refrensi penelitian dan textbook. Pembuatan instrumen penilaian ini harus mengacu pada kisi-kisi instrumen yang memenuhi 5 (lima) aspek penilaian afektif 


Keywords


Penilaian Sikap; Afektif; Ilmu Sosial; Instrumen

References


Agus Sri Mulyanto. (2008). Hubungan Antara Kompetensi Profesional Guru

Dan Konsep Diri Guru Dengan Kinerja Guru Kelas V Sekolah Dasar

Negeri Di Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo Tahun 2008/2009.

Tesis tidak dipublikasikan Program Studi Teknologi Pendidikan

Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret. Surakarta

Ahmad Fatah Yasin. (2011). Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru

Pendidikan Agama Islam Di Madrasah (Studi Kasus di MIN Malang I).

Jurnal EL-QUDWAH - Volume 1 Nomor 5, edisi April 2011.

Malang

Borg, W.R. & Gall, M.D.(1983). Educational Research. New York: Longman.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI No 20 Th. 2003 tentang Sisdiknas

beserta penjelasannya.Jakarta. Depdiknas

DirjenPendidikanTinggi.(2010).

KerangkaAcuanPendidikanKarakterTahunAnggaran 2010. Jakarta:

KementerianPendidikanNasional.

Indrwati & Wanwan Setiawan.(2009). Pembelajaran Aktif, Kreatif dan

Menyenangkan untuk Guru SD. Bandung. PPPPTK IPA untuk

Program Bermutu.

Wahyudi. (2010). Standar Kompetensi Professional Guru. Jurnal Pendidikan

Sosiologi dan Humaniora. Volume 1 No 2 Oktober 2010. Pontianak

Widoyoko. (2012). Teknik penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta.

Pustaka Pelajar

Rizal, Syamsul, Yusrizal, (2014). Improving Students’ Reading

Comprehension By Using Concept Mapping At Sixth Semester Of

Pgsd Program Of Open University Of Bengkulu. Atta’lim : Media

Informasi Pendidikan Islam,13(1), 45-64/.

https://www.wawasanpendidikan.com/2016/08/Ranah-Afektif-

Pengertian-dan-Aspek-Aspek-serta-Hubungannya-dengan-RanahKognitif-dan-Psikomotorik.html

http://abazariant.blogspot.com/2012/10/definisi-kognitif-afektif-dan-

psikomotor.html

http://hipni.blogspot.com/2011/09/strategi-pembelajaran-afektif.html

https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/05/08/model-

pembelajaran-afektif-sikap/

https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/07/17/penilaian-

pembelajaran-siswa-dalam-ktsp/

https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/05/01/penilaian-hasil-

belajar/

https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/08/15/penilaian-ranah-

afektif/

https://media.neliti.com/media/publications/87773-ID-elaborasi-aspek-

afektif-untuk-kegiatan-b.pdf

https://news.detik.com/wawancara/d-3323020/profesor-finlandia-

perhatikan-kualitas-pengajaran-bukan-lamanya-belajar

http://www.teoriuntukguru.com/2017/03/belajar-dari-pendidikan-

finlandia.html

https://santisusanti1995.wordpress.com/2013/12/10/taksonomi-bloom-

ranah-kognitif-afektif-dan-psikomotor-serta-identifikasipermasalahan-pendidikan-di-indonesia/

https://www.kompasiana.com/alifianahr/55283fcdf17e6111318b45a7/sk

ala-likert-sebagai-teknik-evaluasi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


AT-TA'LIM : Media Informasi Pendidikan Islam
Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra, Indonesia

ISSN 1693-2161 (print)
ISSN 2621-1955 (online)

INDEXED BY:

   

Creative Commons License
At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam is Published by Institut Agama Islam Negeri Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.