The Effect of Round Table Technique to Students’ Writing Ability in Senior High School 12 Padang

Besral Besral, Syamsul Rizal, Tawahusna Tawahusna

Abstract


Beberapa masalah yang paling penting dalam tulisan siswa diidentifikasi seperti kesulitan mereka dalam mengungkapkan ide dan pemikiran dan dalam menghasilkan dan mengatur ide. Oleh karena itu, teknik Round Table diterapkan untuk mengaktifkan aktivitas siswa dalam bergantian, menanggapi dalam kelompok dan menulis ide mereka di atas kertas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan apakah atau tidak teknik Round Table memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis siswa di SMA Negeri 12 Padang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas X SMA Negeri 12 Padang, yang terdiri dari 222 siswa. Mereka dipilih secara acak untuk melayani sebagai kelompok eksperimen dan kontrol. Tes diberikan kepada kedua kelas dengan topik yang sama. Kemudian, post-test diberikan setelah menerapkan perawatan selama lima pertemuan untuk menentukan perbedaan menggunakan teknik Round Table.


Keywords


Effect of Round Table; Writing Ability

References


Arikunto, Suharsimi.2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rieneka Cipta

Barkley, Elizabeth f.2014. Collaborative Learning Technique,San Francisco: Jossey-Bass

Brown, H. Douglas. 2007. Language Assesment: Principles and Classroom Practices,New York: Pearson Education.

Clark and Baker. 2015. Cooperative Learning Made Easy, New Zealand: AkoAotearoa

Elismawati. 2010. English Proficiency. Padang: IAIN Imam Bonjol

Gay, L.J. 2000. Educational Research: Competence Analysis and Application.Columbs: Merill Publishing Company

Harmer, Jeremy, 2001.How to Teach English, Malaysia: Longman

Jacobs. L. Holly. 1981. Testing ESL Composition: A Practical Approach.

London

Kagan. 2009. Kagan Cooperative Learning ,Kagan Publishing

Leo, Susanto, dkk. 2013.Essay Writing English for Academic Purposes, Yogyakarta: C.V Andi Offset

Lines, Caroline t.2005.Practical English Language Teaching Young Learnrs, America: McGraw-Hill

Mursyid, M. 2006. English learning Handout for Grade VIII Learning

Descriptive Text.

Oshima, Alice and Hogue Ann. 2006. Introductional to Academic Writing.

New York: Longman.

Paltridge, Brian. 2009. Teaching Academic Writing (An Introduction for

Teachers of Second Language Writers). United States of America: The

University of Michigan Press

Richard, Jack c. and Renandya, Willy. 2002. Methodology in Language

Teaching, United State: Cambridge University Press

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


AT-TA'LIM : Media Informasi Pendidikan Islam
Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra, Indonesia

ISSN 1693-2161 (print)
ISSN 2621-1955 (online)

INDEXED BY:

   GarudaIndonesia One Search 

Creative Commons License
At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam is Published by Institut Agama Islam Negeri Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.