FILSAFAT PENDIDIKAN

Jenilan Jenilan

Abstract


Filsafat pendidikan adalah filsafat yang memandang pendidikan sebagai proses memanusiakan peserta didik sehingga mampu berkembang dan beraktualisasi diri dengan segenap potensi asli yang ada dalam dirinya. Ilmu pengetahuan berkembang dari rasa ingin tahu, yang merupakan ciri khas manusia. Ilmu pengetahuan merupakan upaya khusus manusia untuk menyingkapkan realitas, supaya memungkinkan manusia berkomunikasi satu sama lain, membangun dialog dengan mengakui yang lain, dan meningkatkan harkat kemanusiaannya.


Keywords


Filsafat pendidikan, ilmu pengetahuan

Full Text:

PDF

References


Jujun S. Suriasumantri, Ilmu dalam Perspektif, 2001,(Cet.XV, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia), h. 1

Dr. Anton Bakker dan Drs. Achmad Charris Zubair, Metodologi Penelitian Filsafat, 1990, ( Cet: I, Yogyakarta: Kanisius), h. 12-13

H.M. Arifin, Filsafat Pendidikan Islam, 1996, (Jakarta: Bumi Aksara), h. 4

Imam Barnadib, Filsafat Pendidikan Sistem dan Metode, 1987 (Yogyakarta: Andi Offset), h. 13

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, 2002, (Jakarta: Kalam Mulia), hal.1.

Iamam Bernadib, Filsafat Pendidikan, 1994, (Yoyakarta: Andi Ofseet) hal. 7

Op, Cit, Imam Bernadib, hal. 67

Liem Tjong Tiat. Fisafat Pendidikan dan Pedagogik, l968, (Bandung: Jurusan FSP FIP IKIP Bandung)

Sidigazalba, Sistematika Filsafat “pengantar kepada dunia filsafat”, 1992, (Jakarta: Bulan Bintang), h. 50

Ibid, hal. 53

Dr. Uhaya S. Praja, Aliran Aliran Filsafat dan Etika, (suatu pengantar), 1997 (Bandung: Yayasan Piara), h. 10


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :