PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MAHASISWA S1 TADRIS MATEMATIKA IAIN BENGKULU

Jenny Agustina

Abstract


Kemampuan pemahaman konsep matematis adalah salah satu tujuan penting dalam pembelajaran matematika Namun pada kenyataannya banyak mahasiswa yang kesulitan dalam memahami konsep matematika. Maka diperlukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran matematika. Salah satunya dengan memberikan variasi dalam penggunaan model pembelajaran. Seperti penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Maka penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Tadris IAIN Bengkulu semester 1 yang berjumlah 18 mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini berlangsung dua siklus melalui model pembelajaran Problem Based Learning dengan fase sebagai berikut (1) mengorientasikan siswa pada  masalah;  (2) mengorganisasikan siswa untuk belajar; (3)membantupenyelidikanmandiridankelompok;(4) mengembangkan dan menyajikan artefak (hasil karya); (5) analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa memperoleh peningkatan nilai rata-rata siklus I sebesar 25,833 ke siklus II sebesar 68,611 dan persentase kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa meningkat dari siklus I sebesar 16,67%ke siklus II sebesar 88,89 %. Sehingga dalam penelitian ini didapat kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa.

 

Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis


Full Text:

PDF

References


Aisyah, S. (2012). Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis melalui Mathematical Modelling. Tesis UPI Bandung : Tidak diterbitkan

Arends, R.I. (2008). Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Arikunto, S. 2010. Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta : Rineka Cipta

Hidayat, Irpan. 2012. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa MTs Melalui Model Problem Based Learning. Makalah STKIP Siliwangi, Bandung. [ Online]. Tersedia: http://publikasi.stkipsiliwangi.a c.id. (diakses pada 7 Oktober 2016).

Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Teori dan Konsep Dasar. Surabaya. Rosda.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :

  

 _______________________________________________

Creative Commons License
Jurnal Equation ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

_______________________________________________

Mailing Address

JURNAL EQUATION: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika
P-ISSN : 2599-3291
E-ISSN : 2614-3933
Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Program Studi Tadris Matematika 
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Alamat : Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
              Bengkulu, Sumatera Indonesia

Telp: (+62) 812 7804 0897
Email   :equation@iainbengkulu.ac.id / jurnal.equation.bkl@gmail.com