Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Pendekatan Creative Problem Solving dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP

Poni Saltifa

Abstract


Tujuan utama penelitian kuasi eksperimen ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang belajar melalui metode inkuiri terbimbing dengan pendekatan creative problem solving (ITCP) dan yang mendapatkan pembelajaran biasa. Penelitian ini menggunakan desain the nonequivalent group, dengan populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII salah satu sekolah menengah pertama negeri di kabupaten Kerinci. Sampel terdiri atas satu kelas sebagai kelompok eksperimen, yang belajar dengan ITCP dan satu kelas sebagai kelompok kontrol yang mendapatkan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman matematis. Data dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa: (1) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang belajar dengan ITCP dalam kategori tinggi, dan siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa dalam kategori sedang; (2) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang belajar melalui pembelajaran ITCP lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa.

 

Kata kunci :

Kemampuan pemahaman matematis, metode inkuiri terbimbing dengan pendekatan creative problem solving (ITCP), pembelajaran biasa.


Full Text:

PDF

References


Asikin, M. & Pujiadi. (2008). Pengaruh model pembelajaran matematika creative problem solving (CPS) berbantuan CD interaktif terhadap kemampuan pemecahan masalah pada siswa SMA kelas X. Lembaran Ilmu Kependidikan, 1, hlm. 37-45.

Effendi, L.A. (2012). Pembelajaran matematika dengan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13 (2), hlm. 1-10.

Herman, T., dkk. (t.t.). Pembelajaran matematika berbasis permasalahan untuk menumbuhkembangkan kemampuan memecahkan masalah siswa kelas

Husna., Ikhsan, M., & Fatimah, S. (2013). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa sekolah menengah pertama melalui model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (TPS). Jurnal Peluang 1 (2), hlm.81-92.

Hake, R.R. (1999). Analyzing change/gain scores. Woodland Hills: Indiana University.

Krismiati, A. (2013). Penerapan pembelajaran dengan pendidikan matematika realistik (PMR) secara berkelompok untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas X SMA. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 2 (2), hlm.123-135.

Lidinillah, D.A.M. (t.t.). Heuristik dalam pemecahan masalah matematika dan pembelajarannya di sekolah dasar. [Online]. Diakses dari: file.upi.edu

Meltzer, D.E. (2002). The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible ‘‘hidden variable’’ in diagnostic pretest scores. Am. J. Phys. 70 (12), hlm.1259-1268.

Ministry of Education Singapore. (2007). Mathematics syllabus primary. Singapore: Mathematics Unit Curriculum Planning and Development Division.

Rosli, R., Goldsby, D., & Capraro, M.M. (2013). Assessing students’ mathematical problem-solving and problem-posing skills. Asian Social Science, 9 (16), hlm. 54-60.

Sugiman., Kusumah, Y.S., & Sabandar, J. (t.t.) Pemecahan masalah matematik dalam matematika realistik. [Online]. Diakses dari: staff.uny.ac.id

Suryadi, D. & Herman, T. (t.t.). Eksplorasi matematika pembelajaran pemecahan masalah. Jakarta: Karya Duta Wahana.

Turmudi. (2008). Pemecahan masalah matematika pdf. [Online]. Diakses dari http//file.upi.edu/browse.php?dir=Direktori/FPMIPA/JUR_PEND_MATEMATIKA/196101121987031-TURMUDI/.

Uhti. (2011). Pembelajaran kooperatif dengan pendekatan open ended untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah menengah. Dalam Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY (hlm. 508-516). Yogyakarta: UNY.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :

  

 _______________________________________________

Creative Commons License
Jurnal Equation ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

_______________________________________________

Mailing Address

JURNAL EQUATION: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika
P-ISSN : 2599-3291
E-ISSN : 2614-3933
Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Program Studi Tadris Matematika 
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Alamat : Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
              Bengkulu, Sumatera Indonesia

Telp: (+62) 812 7804 0897
Email   :equation@iainbengkulu.ac.id / jurnal.equation.bkl@gmail.com