Implementasi Pembelajaran Matematika Model PACE Untuk Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Matematis Pada Mata Kuliah Aljabar Abstrak Mahasiswa S1 Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu

Novia Ayu Lestari

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pembuktian matematis mata kuliah aljabar abstrak mahasiswa S1 pendidikan matematika FKIP Universitas Bengkulu dengan penerapan pembelajaran matematika model pembelajaran PACE (Project, Activity, Cooperative and Exercise). Metodologi yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Adanya aktivitas yang baik pada saat pembelajaran, dimana mahasiswa memperhatikan guru menjelaska materi, bertanya , dan selanjutnya mengerjakan lembar kerja yang telah disediakan, berdiskusi, dan mempersentasikan hasil diskusi kelompoknya. Berdasarkan   hasil   penelitian   yang   dilakukan   oleh   praktikan   dengan menerapkan  model  pembelajaran  PACE  di  kelas,  maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan  model  pembelajaran  PACE dapat meningkatkan kemampuan pembuktian  matematis mahasiswa FKIP Matematika Universitas Bengkulu  dengan  penerapan  model  pembelajaran PACE  hasil tes kemampuan pembuktian matematis mahasiswa memperoleh peningkatan nilai rata-rata kelas dari siklus I ke sklus II sebesar 8,69 % ke 78,26 % secara klasikal.

 

Kata Kunci: Model Pembeljaran PACE, Pembuktian Matematis, Aljabar Abstrak


Full Text:

PDF

References


Dasari, D. 2009. Peningkatan Kemampuan Penalaran Statistis Mahasiswa melalui-Model PACE. Disertasi. PPS UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Isnarto. 2014. Kemampuan Konstruksi Bukti dan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa pada Perkuliahan Struktur Aljabar melalui Guided Discovery Learning Pendekatan Motivation to Reasoning and Proving Tasks. Disertasi. PPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Lee, Carl. 1999. An Assesment of the PACE Strategy for an introduction statistics

Course. USA: Central Michigan University.

Lee, Carl et al. 2002. Where do the students Get Lost: The Concept of Variation?.

ICOTS (6): 1-4.

Marron, J.S. 1999. Effective Writing in Mathematical Statistics. Statistica Neerlandica, Vol. 53 (1): 68-75.

Nurlaelah, E. 2009. Mengembangkan Daya dan Kreativitas Matematis Mahasiswa

Calon Guru melalui Pembelajaran Berbasis Teori APOS. Disertasi. PPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Pearce, A.R. & R.L. Cline. 2006. Teaching the Statistics Laboratory-Keep up the PACE. American Journal of Psychological Research, Vol 2 (1): 1-7.

Petocz, P. & N. Smith. 2007. Materials for Learning Mathematical Statistics. Sydney: University of Technology.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Suryadi, D. 2012. Membangun Budaya Baru dalam Berpikir Matematika. Bandung: Rizqi Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :

  

 _______________________________________________

Creative Commons License
Jurnal Equation ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

_______________________________________________

Mailing Address

JURNAL EQUATION: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika
P-ISSN : 2599-3291
E-ISSN : 2614-3933
Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Program Studi Tadris Matematika 
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Alamat : Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
              Bengkulu, Sumatera Indonesia

Telp: (+62) 812 7804 0897
Email   :equation@iainbengkulu.ac.id / jurnal.equation.bkl@gmail.com