PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP ALJABAR LINIER MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Kartika Zaini

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dengan penerapan model pembelajaran Student FacilitatorAnd Explaining. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian mahasiswa S1 Sistem Informasi Universitas Muhammadiyah Bengkulu dengan jumlah 27orang mahasiswa. Penelitian ini berlangsung dua siklus melalui model pembelajaran Student FacilitatorAnd Explaining dengan fase sebagai  berikut  (1) menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai; (2) mendemonstrasika materi; (3)  memberi kesempatan mahasiswa untuk menjelaskan ke mahasiswa lainnya; (4) menyimpulkan  pendapat dari mahasiswa; (5) menerangkan kembali semua materi yang disajikan. Berdasarkan penelitian ini diperolekan kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Student FacilitatorAnd Explaining dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa dengan hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematik siswa memperoleh peningkatan nilai rata-rata dari siklus I sebesar 57,59 ke siklus II sebesar 77,22 dan persentase kemampuan pemahaman matematis mahasiswa meningkat dari siklus I sebesar 59,25 % ke siklus II sebesar 85,18 % .

 

Kata Kunci : Student Facilitator And Explaining (SFAE), Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis


Full Text:

PDF

References


Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Arikunto, S. 2010. Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta : Rineka Cipta

Duffin, J.M.& Simpson, A.P. 2000. A Search for understanding. Journal of Mathematical Behavior. 18(4): 415-427.

Effendi Zakaria, DKK. 2007. Trend Pengajaran dan pembelajaran Matematik. Kuala Lumpur: Utusan Publications dan Distributors SDN BHD.

Ghazali, Nor Hasnida Che dan Effandi Zakaria. 2011. “Students Procedural and Conceptual Understanding of Mathematics”. SPRING: Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 5(7): 684-691

W. Gulo. 2008. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta:

Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta : Depdiknas

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :

  

 _______________________________________________

Creative Commons License
Jurnal Equation ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

_______________________________________________

Mailing Address

JURNAL EQUATION: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika
P-ISSN : 2599-3291
E-ISSN : 2614-3933
Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Program Studi Tadris Matematika 
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Alamat : Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
              Bengkulu, Sumatera Indonesia

Telp: (+62) 812 7804 0897
Email   :equation@iainbengkulu.ac.id / jurnal.equation.bkl@gmail.com