PEMBINAAN IN HOUSE TRAINING GURU MATEMATIKA SMA KOTA BENGKULU UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PENYUSUNAN BUTIR SOAL

Suharto Suharto

Abstract


Berdasarkan hasil pengamatan dan supervisi yang penulis lakukan terhadap guru matematika SMA di Kota Bengkulu, ditemukan bahwa Kompetensi Guru dalam menyusun soal ujian semester masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang pelaksanaan pembinaan in house training  upaya meningkatkan Kompetensi Guru dalam menyusun butir soal. Pembinaan in house training  ini dilaksanakan dengan metode pembinaan pada sekolah masing-masing, yaitu ditempat guru melakukan program pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, obeservasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 42 orang guru matematika SMA di Kota Bengkulu yang merupakan guru binaan peneliti. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembaran obeservasi. Data dianalisis dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa pembinaan in house training  dapat meningkatkan Kompetensi Guru dalam menyusun butir soal. Hal ini dilihat dari kemampuan guru dalam penyusunan butir soal mengalami perbaikan, yang dilihat dari segi kelengkapan penyusunan butir soal berupa kisi-kisi butir soal, soal tes, kunci jawaban soal dan analisis butir soal. Disamping itu berdasarkan hasil penilitian yang dilakukan nilai rata-rata kelengkapan penyusunan butir soal yang dibuat oleh guru juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus satu rata-rata persentase 53,2 % (kurang) dan pada siklus dua 82,5 % (baik).

 

Kata Kunci : In House Training, Guru, Matematika


Full Text:

PDF

References


Alfaris, Sujoko, 2012. Peningkatan Kemampuan Guru Mata Pelajaran Melalui In House Training. Jurnal Pendidikan Penambur-No.18 tahun ke-11/Juni.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menegah Atas. 2008. Panduan Penyelengaraan Program instisan SMA Bertaraf Internasional (R-SMA-BI). Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

K.Dharmawan. 2016. Model Pembinaan ‘In-House Training’ Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Penelitian Dan Penulisan Karya Ilmiah. Jurnal Udayana Mengabdi, Vol. 15 No. 2

Nawawi, H. 1983. Administrasi dan Organisasi Bimbingan dan Penyuluhan. Penerbit: Jakarta: Ghalia Indonesia.

Purwanto, Ngalim, M. 2012. Administrasi dan supervisi pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Saroni, M. 2011. Personal Branding Guru. Jogjakarta: AR-RUZZ Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :

  

 _______________________________________________

Creative Commons License
Jurnal Equation ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

_______________________________________________

Mailing Address

JURNAL EQUATION: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika
P-ISSN : 2599-3291
E-ISSN : 2614-3933
Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Program Studi Tadris Matematika 
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Alamat : Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
              Bengkulu, Sumatera Indonesia

Telp: (+62) 812 7804 0897
Email   :equation@iainbengkulu.ac.id / jurnal.equation.bkl@gmail.com