Pembelajaran Biologi Menggunakan Problem Solving Disertai Diagram Tree Untuk Memberdayakan Kemampuan Berpikir Logis Dan Kemampuan Menafsirkan Siswa

Ahmad Walid, Erik Perdana Putra, Asiyah Asiyah

Abstract


Problem solving  adalah metode belajar di mana siswa dilatih memiliki kemampuan merumuskan permasalahan yang kompleks dan membuat sejumlah solusi untuk kemudian merefleksikan solusi tersebut dari berbagai sudut pandang. Sintak dari Problem Solving adalah (1) pendidikan dan peserta didik menyusun permasalahan sebagai bahan belajar, (2) pendidik menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan oleh peserta didik, (3) peserta didik baik secara individu/kelompok mendapat sebuah bahan pemecahan masalah yang sama, (4) pada ahir kegiatan belajar pendidik/peserta ditunjuk menyimpulkan dan (5) pendidik dan peserta didik melakukan evaluasi proses dan hasil. Jurnal yang mendukung berjudul Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Model Polya Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah. Tree Diagram(diagram pohon) adalah sebuah tipe diagram secara spesifik yang memiliki topologi network (hubungan) yang unik. (1) masalah utama dijabarkan ke dalam masalah yang lebih kecil, (2) masalah yang sudah dijabarkan itu kemudian dijabarkan lagi ke masalah yang lebih kecil, (3) mengadakan identifikasi jaringan hubungan komponen-komponen yang ada. Dukungan peneliti berjudul Aplikasi Network Pohon Dalam Tree Diagram. Pokok bahasan materi karena keanekaragaman hayati merupakan prinsip klasifikasi dan siswa dapat menafsirkan dan merupakan kompetensi yang terkait dengan KPS. Keanekaragaman hayati mempunyai nilai rendah 49,72. Melalui Problem Solving dan Diagram Pohon diharapkan dapat mendorong kemampuan berfikir logis dan kemampuan menafsirkan. Kesimpulan dari Problem Solving dan Diagram Pohon diharapkan dapat diterapkan dalam pembelajaran terutama pada materi keanekaragaman hayati untuk dapat meningkatkan kemampuan berfikir logis dan kemampuan menafsirkan. Saran perlu dilaksanakan penelitian tentang penggunaan model Problem Solving dan tehnik Diagram Pohon untuk memberdayakan berfikir logis dan menafsirkan.


Keywords


Problem Solving dan Diagram Pohon, Kemampuan Berfikir Logis, Kemampuan menafsirkan

Full Text:

PDF

References


Duffy, Gace L., Scott A. Laman, Pradip Mehta, Goving Ramu, Natalia Scriabina, dan Keith Wagoner. 2012. Beyond The Basics: Seven New Quality Tools Help Innovate, Communicate, and Plan. Http:/www. Asq-qm.org/resourcesmodule/download_resource/id/881/.

Guri-Rozenblit, S. (1989). Effects of a Tree Diagram on Students' Comprehension of Main Ideas in an Expository Text with Multiple Themes. Reading Research Quarterly, 24(2), 236-247. doi:10.2307/747866

Jones, E., Stanton, N. A., & Harrison, D. (2001). Applying structured methods to Eco-innovation. An evaluation of the Product Ideas Tree diagram. Design Studies, 22(6), 519-542.

Komariah Kokom. 2011. Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Model Polya Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Bagi Siswa Kelas IX J Di SMPN 3 Cimahi. Universitas Negeri Yogyakarta

Mauldin,R.D.,Sudderth, W.D., and Williams, S.C. (1992). “Polya Trees and Random Distributions,” The Annals of Statistics, 20, 1203-1221.

Paddock, S.M.(1999), “Randomized Polya Trees: Bayesian Nonparametrics for Multivariate Data Analysis,” Unpublished doctoral thesis, Institute of Statistics and Decision Sciences, Duke University.

Paddock, S.M., Ruggeria, F., Lavine M., and West, M. (2003), “Randomized Polya Tree Models for Nonparametric Bayesian inference,” Statistica Sinica, 13, 443460.

Putri Roza Gusnita dan kawan-kawan. 2012. Hubungan Kemampuan Kemampuan Berpikir Logis Dengan Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMA NEGERI 1 RAO Kabupaten Pasman. Universitas Negeri Padang

Rustini Tin. 2008. Penerapan Model Problem Solving untuk Meningkatkan Pengembangan Potensi Berpikir Siswa Dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar.

Samura, Asri Ode. 2017. Statistika Non Parametrik: Penggabungan Diagram Pohon Polya Yang Berhingga. Jurnal Euclid Vol 4 no. 2 tahun 2017. http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/Euclid/article/view/415

Shepherd, G. (2000). The Probe Method: A Through Investigate Approach to Learning. [Online].Tersedia. http://www.unca.edu/edtech/probe2.htm. (3 April 2010)

Sutjiadi Darmawan Adhi. 2009. Aplikasi Network Pohon Dalam Tree Diagram. Institut Teknologi Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education
ijis.edu@iainbengkulu.ac.id

 

Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu

 

foto neliti photo neliti_zpshv96qhbt.pngGoogle Scholar  



 

 

Creative Commons License

Jurnal Sains Terpadu Indonesia (JSTI) ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education
ijis.edu@iainbengkulu.ac.id

 

Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu

 

foto neliti photo neliti_zpshv96qhbt.pngGoogle Scholarhttp://ejournal.radenintan.ac.id/public/site/images/iipsugiharta/moraref_logo.png