Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN 02 Kota Mukomuko

Ratna Juita

Abstract


Pembelajaran yang terjadi sebelum penelitian ini dilakukan, terdapat penyampaian materi tidak efisien dan kurang mempunyai daya tarik, bahkan cenderung membosankan, sehingga hasil belajar yang dicapai tidak optimal pada siswa kelas IV di SD Negeri 02 Kota Mukomuko. Dari duapuluh siswa, hanya sembilan orang (45%) siswa yang telah tuntas, sementara sebelas orang (55%) lainnya masih di bawah kriteria ketuntasan mengajar (KKM). Oleh karena hal tersebut, maka perlu diterapkan pembelajaran untuk perbaikan melalui PTK. Penelitian ini menggunakan dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui metode eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan terdapat kemajuan yang signifikan. Pada akhir siklus terdapat 18 (90%) siswa yang telah memenuhi KKM.


Keywords


Penelitian Tindakan Kelas; Hasil Belajar IPA; Eksperimen Sekolah

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan.

Djamarah, Saiful Bahri dan Zain, Aswan. (2010). Strategi Belajar Mengajar Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Gulo, W. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Grasindo.

Muhsetyo Gatot, dkk. (2011). Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). 2006. Pembelajaran IPA di SD/MI. Jakarta : BNSP

Samatowa, Usman 2006 : 12. Pendidikan Dasar. WEB. 5 Oktober 2013.

Darmojo, Hendro; & Kalligis, R.E Jenny. 1993: 6. Pendidikan Dasar. WEB. 5 Oktober 2013.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Pengertian Gambar. WEB. 5 Oktober 2013.

Engkoswara dkk. 1995. Alat Peraga dan Komunikasi Pendidikan. Depdikbut : Jakarta

Rochiati. 2007. Penelitian tindakan kelas. Bandung Remaja Rosdikarya.

Sadiaman, S Arif, dkk. 1996. Media Pengajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Wibawa, Basuki. 1993. Media Pengajaran . Jakarta : Depdikbud.

Piono. 2014.1. Pedoman Penyusunan pkp- pgsd. Remaja Sera.

Wardani, IGAK dan wihardit Kuswaya.(2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education
ijis.edu@iainbengkulu.ac.id

 

Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu

 

foto neliti photo neliti_zpshv96qhbt.pngGoogle Scholar  



 

 

Creative Commons License

Jurnal Sains Terpadu Indonesia (JSTI) ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education
ijis.edu@iainbengkulu.ac.id

 

Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu

 

foto neliti photo neliti_zpshv96qhbt.pngGoogle Scholarhttp://ejournal.radenintan.ac.id/public/site/images/iipsugiharta/moraref_logo.png