Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 01 Mukomuko Menggunakan Media Torso

Julaila Julaila

Abstract


Kemampuan siswa dalam menguasai materi pelajaran IPA sering kali menjadi perhatian bagi pengajar IPA di sekolah. Hal ini dikarenakan, kemampuan tersebut akan berpengaruh banyak pada hasil belajar siswa. Siswa kelas 4 SD Negeri 01 Mukomuko pun mengalami hal demikian. Hasil belajar siswa yang didapatkan dari pretest pada awal semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 memiliki rata-rata hasil belajar yang relatif rendah. Setelah dilakukan penelusuran awal didapatkan bahwa guru jarang menggunakan media untuk pembelajaran. Sehingga siswa sulit menguasai materi pelajaran. Oleh karena itu perlu dilakukan perbaikan pembelajaran agar rata-rata hasil belajar IPA siswa meningkat. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, metode penelitian yang digunakan yang tepat adalah dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Media pembelajaran yang digunakan adalah Torso yang menjadi model dari tubuh manusia. Pada siklus I terdapat 2 siswa dari 21 siswa yang tidak memenuhi KKM. Sedangkan pada siklus II KKM terpenuhi hingga 100%.  Sehingga dengan demikian media torso yang digunakan dalam pembelajaran ini dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa pada siklus II


Keywords


Penelitian Tindakan Kelas; Media Torso; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Duffy, Gace L., Scott A. Laman, Pradip Mehta, Rochiati Wiriatmaja. 2005. Metode penelitian Tindakan Kelas.Bandung.PT.Remajaa Rosdakarya.

Sumiati dan asra .2007 Metode pembelajaran: CV Wacana Prima

Susanto.2007. Pengembangan KTSP dengan perspektif manajemen Visi. Jakarta: Mata.

Sukmadinata, Syaodih, N. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Rosda, Bandung.

Susilana, Rudi, 2019. Media Pembelajaran. CV. Wacana Prima. Bandung.

Morgan dkk dalam Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (1998/1999: 7)

Dimyati dkk (2009) belajar adalah “suatu perilaku”

Torso. www.wikipedia.org.com, diakses tanggal 5 Januari 2012.

Produsen Alat Peraga Terlengkap di Indonesia. www.wikipedia.org.com, diakses tanggal 5 Januari 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education
ijis.edu@iainbengkulu.ac.id

 

Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu

 

  Creative Commons License
IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.  

Google ScholarBielefeld Academic Search Engine (BASE)Garuda