ANALISIS TEOLOGIS PADA PROGRAM MARIO TEGUH GOLDEN WAYS DI METRO TV

Yuhaswita Yuhaswita

Abstract


Penelitian ini memunculkan masalah kateori pesan dan isi  pesan pada kalimat Mario Teguh pada Program Mario Teguh Golden Ways Di Metro TV. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan kategori pesan dan isi pesan pada kalimat Mario Teguh pada setiap episode di MTGW Metro TV. Tujuan penelitian yaitu untuk mengkatagorikan mendeskrifsikan pesan pada kalimat-kalimat Mario Teguh pada program MTGW di Metro TV. Kegunaan penelitian diharapkan dapat meningkatkan keimanan, keyakinan kepada Allah dan meningkatkan kualitas amal kita sebagai manusia.  Jenis Penelitian  yang digunakan adalah lapangan pada  Media youtube melalui Internet,   dan metode untuk menjawab permasalahan penelitian menggunakan metode analisis deskriftif kualitatif.   Dari hasil penelitian diperoleh kategori pesan yang berhubungan dengan sifat Allah: Maha Penyayang, Maha Berkuasa, Maha Berkehendak, Maha Pemberi Rezeki, Maha Penjawab Do’a. Kategori pesan yang berhubungan dengan sifat manusia: Sifat terpuji seperti tawakal, sabar, syukur, ikhlas sedangkan sifat tidak terpuji seperti sombong, iri hati, buruk sangka, boros. 


Keywords


Mario Teguh, kalimat, pesan.

Full Text:

PDF

References


Abdul Latif Fakih, Deklarasi Tauhid, Sebuah Akidah Pembebasan, sisi melik surah al ikhlas, Pamulang, Inbook: 2011.

Agus M.Hardjana, Komunikasi Intrapersonal dan Interpersonal, Yogyakarta, Kanisius:2003.

Cholid Narbuko & Abu Achmad, Metodologi Penelitian, Jakarta, PT Bumi Aksara:2009.

Deddy Iskandar Muda, Jurnalistik Televisi Menjadi Reporter Profesional, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya: 2005.

Deddy Mulyana, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung, Remaja Rosda Karya:2005.Didiek Ahmad Supadie, Pengantar Studi Islam, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada: 2012.Eriyanto, Analisis Isi, Jakarta, Kencana Prenada Media Grup:2011.Fajar Junaedi, Komunikasi Massa, Pengantar Teoritis, Yogyakarta, Santusta:2007.

H.A.W. Widjaja, Komunikasi, Kamunikasi Dan Hubungan Masyarakat, Jakarta, Bumi Aksara: 2010.

Harun Nasution, Teologi Islam Aliran-Aliran Sejarah Analisa Perbandingan, Jakarta, UI Press;1985.

Humaidi Tatapangarsa, Kuliah Aqidah Lengkap, Surabaya, PT Bina Ilmu: 1981.

Jamiluddin Ritongga, Tipologi Pesan Persuasif, Jakarta, Indeks:2005.

Joko Subagyo, Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek, Jakarta, PT Rineka Cipta, :2006.

Morissan, Manajemen Media Penyiaran, Strategi Mengelola Radio Dan Televisi, Jakarta, Kencana: 2008.

Nuruddin, Pengantar Komunikasi Massa, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada: 2009.

Onong Effendi Uchjana, Ilmu komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: Rosda Karya:2003.

Onong Uchjana Effendy,Dinamika Komunikasi, Bandung, PT.Remaja Rosdakarya: 2004.

Riwandi, Psikologi Komunikasi, Yogyakarta, Graha Ilmu:2013.

Ruslan, Rusadi, Metode Penelitian Public Relation dan Komunikasi, Bandung, PT. Rosda Karya: 2010.

Sasa Djuarsa Senjaya, dkk, Teori Komunikasi, Jakarta, Universitas Terbuka: 2007.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta, PT Rineka Cipta: 2006.

tefan Titscher, Terj, Metode Analisis Teks Dan Wacana, Yogyakarta, Pustaka Pelajar: 2000.

Tim Redaksi LP3ES, Jurnalisme Antara Peristiwa Dan Ruang Publik, Jakarta, PT.Pustaka LP3ES:2006.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :