PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA MENGAJAR PADA DOSEN FAKULTAS USHULUDDIN, ADAB. DAN DAKWAH (FUAD) DI IAIN BENGKULU

Maryam Maryam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuii pengaruh kompetensi pedagogik dan motivasi kerja terhadap kinerja dosen Fakultas Ushuluddin , Adab, dan Dakwah (FUAD) IAIN Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena tidak ada penarikan sampel melainkan semua populasi yang meruapakan dosen FUAD IAIN Bengkulu yang brjumlah 47 orang dijadikan responden dalam penelitian ini. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan diujicobakan untuk mengukur validitas dan reliabilitasnya kmudian diukur juga normalotas datanya. Hasil uji validitas dan reliabilitas seluruh item dalam angket tersebut tidak semuanya valid dan seluruh item yang tidak valid dikeluarkan dari deretan butir angket sehingga diperoleh seluruh data valid dan reliabel. Demikian juga halnya dengan uji normalitas menunjukkan data normal dan menandakan uji regresi dapat dilanjutkan. Dengan menggunakan analisis regresi statistik SPSS versi 16 diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif secara signifikan antara kompetensi pedagogik dan motivasi kerja terhadap kinerja dosen. Namun berdasarkan uji t secara parsial diperoleh temuan bahwa kompetensi pedagogik tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja dosen, sementara motivasi kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja dosen.


Keywords


Kompetensi Pedagogik, Motivasi Kerja, Kinerja dosen

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: RinekaCipta, 2006.

Arikunto, Suharsimi, Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2007.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Bandung: PT Rineka Cipta, 2010.

Mangkunegara, Anwar Prabu. Manajemen Personalia Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: RemajaRosdakarya, 2000.

Kepmendiknas, Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003, Jakarta: Mendiknas, 2003.

Sutermeister, Robert A, People and Productivity, New York: MCGraw-Hill Book Company. 1976.

Undang-Undang Republik Indonesia Nornor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diknas, Jakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005, tentang Guru dan Dosen. Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Jakarta.

Yamin, M dan Maisah, Standarisasi Kinerja Guru.Jakarta: Gaung Persada, 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.1161/mhj.v4i3.190

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.1161/mhj.v4i3.190.g174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :

    

_______________________________________________

Creative Commons License
Jurnal Madania ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..

__________________________________________________

MANHAJ: JURNAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia