PENDIDIKAN ISLAM MENURUT MUHAMMAD IQBAL

Rini Puspitasari

Abstract


Sebagai seorang penyair, filosof, dan pembaru pendidikan Islam modern, Sir Muhammad Iqbal sebenarnya tidak pernah secara khusus menulis tentang konsep pendidikan Islam. Adalah K.G. Saiyidain, dalam bukunya Iqbal’s Educational Philosophy, yang telah menjelaskan 8 prinsip dasar pendidikan Islam dalam pemikiran Iqbal, yaitu: konsep individu (in-divide), pertumbuhan individu, keseimbangan jasmani dan rohani, pertautan individu dengan masyarakat, kreativitas individu, peran intelektual dan intuisi, pendidikan watak, dan pendidikan sosial. Artikel ini coba mengeksplorasi lebih lanjut pada prinsip yang pertama, bahwa pendidikan harus dapat memupuk sifat-sifat ‘individualitas’ (ego/aku) manusia agar menjadi Manusia Sempurna (Insan Kamil). Dalam pandangan Iqbal, manusia sempurna adalah manusia yang menjelmakan sifat-sifat ketuhanan di dalam dirinya, berperilaku seperti Tuhan. Sifat-sifat itu diserap dan menyatu secara total ke dalam diri manusia. Iqbal kemudian menggunakan kata kunci khudi untuk menjelaskan gagasannya tersebut.

 

Keywords: insan, ego, khudi, diri

Full Text:

PDF

References


Kitab al-Qur’an dan Terjemahnya.

Adian, Donny Gahral, Muhammad Iqbal, Bandung: Teraju, 2001.

Al-Afghani, Mas Muhammad Iqbal, “Telaah Pemikiran Muhammad Iqbal tentang Konsep Pendidikan Islam dalam Menciptakan Insan Kamil“, Tesis, Surabaya: IAIN Sunan Ampel, Program Studi Ilmu Pendidikan Islam, 2013.

Ahmad, Mumtaz, “Pakistan, Hafeez Malik, Muhammad Iqbal,” in John L. Esposito (ed.), The Oxford Encyclopedia of The Modern Islamic World, New York: Oxford University Press, 1995.

Ahmad, Manzhor, Metafisika Persia dan Iqbal, terj. Joebar Ajoeb, Bandung: Mizan, 1995.

Ahmad, Syaukani, Perkembangan Pemikiran Modern di Dunia Islam, Bandung: Pustaka Setia, 1997.

Ali, Yunasril, Perkembangan Pemikiran Falsafi dalam Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1991.

Ali, Mukti, Alam Pikiran Islam Modern di India dan Pakistan, Bandung: Mizan, 1996.

‘Azzam, Abdul Wahhab, Filsafat dan Puisi Iqbal, Bandung: Penerbit Pustaka, 1985.

Damami, Mohammad, “’Aku’ dalam Budaya Jawa”, dalam Jurnal al-Ja>mi’ah, Yogyakarta, No. 55., Tahun 1994.

Danusiri, Epistemologi dalam Tasawuf Iqbal, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996.

Drijarkara, S.J., Filsafat Manusia, Yogyakarta: Kanisius, 1978.

Fakhruddin, Asef Umar, “Konsep Pendidikan dalam Buku Javid Namah Karya Muhammad Iqbal dan Implikasinya dengan Pendidikan Agama Islam: Pendekatan Hermeneutika”, Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2007.

Haryati, Tri Astutik, “Manusia dalam Perspektif Soren Kierkegaard dan Muhammad Iqbal“, Jurnal Penelitian, Vol. 9., No. 1., Mei 2012.

Idi, Abdullah Idi; Toto Suharto, Revitalisasi Pendidikan Islam, Yogyakarta: Tiara Wacana. 2006.

Ihsani, Muhammad Iqbal, “Konsep Peserta Didik dalam Pendidikan Agama Islam: Rekonstruksi Pemikiran Muhammad Iqbal“, Skripsi, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2013.

Indrajaya, Darmawan Tia, “Konstribusi Pemikiran Muhammad Iqbal dalam Pembaruan Hukum Islam“, dalam Jurnal Hukum Islam, Vol. XIII, No. 1, Juni 2013.

Iqbal, Muhammad, The Development of Metaphisic in Persia: A Contribution to the History of Muslim Philosophy, Lahore: Bazm-i Iqbal, t.t.

Iqbal, Muhammad, Asrar-i Khudi (Rahasia-rahasia Pribadi), terj. Bahrum Rangkuti, Jakarta: Bulan Bintang, 1976.

Iqbal, Muhammad, Secrets of the Self A Philosophical Puem, ttp.: tnp., 1982.

Iqbal, Muhammad, Rekonstruksi Pemikiran Iqbal: Studi tentang Kontribusi Gagasan Iqbal dalam Pembaruan Islam, Padang: Kalam Mulia, 1994.

Karim, M. Abdul, Sejarah Pemikiran dan Peradaban Islam, Yogyakarta: Bagaskara, 2011.

Kartawinata, Ali, “Konsep Metafisika Muhammad Iqbal”, Jurnal al-A’raf, Vol. XIII, No. 1, Januari-Juni 2016.

Kurzman, Charles, Wacana Islam Liberal, Jakarta: Paramadina, 2001.

Kusdani, “Konsep Insan Kamil Menurut Muhammad Iqbal dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam“, Tesis, Riau: UIN Sultan Syarif Kasim, Program Studi Pendidikan Islam, 2009.

Lee, Robert D., Over Coming Tradition and Modernity (Mencari Islam Otentik: Dari Nalar Puitis Iqbal hingga Nalar Kritis Arkoen), Bandung: Mizan, 2000.

Ma’arif, Ahmad Syafi’i, Membumikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1995.

Ma’arif, Ahmad Syafi’i, “Kata Pengantar“, dalam buku Muhammad Iqbal, Rekonstruksi Pemikiran Agama dalam Islam (Dilengkapi dengan Puisi-Puisi Asrar-i Khudi), Yogyakarta: Jalasutra, 2002.

Maitre, Miss Luce-Claude, Pengantar ke Pemikiran Iqbal, terj. Djohan Effendi, Bandung: Mizan, 1992.

Mufidah, Lul-luk Nur, “Konsep Pendidikan Islam Perspektif Filosof Muslim dan Praktisi Abad Modern: Muhammad Abduh dan Muhammad Iqbal“, dalam Jurnal Ilmu Tarbiyah “Tajdid”, Vol. 2, No. 2, Juli 2013.

Muhammad, Herry dkk., Tokoh-tokoh Islam yang Berpengaruh Abad 20, Jakarta: Gema Insani, 2006.

Mukti, Muhammad, “Dasar-dasar Pendidikan Islam Modern dalam Filsafat Iqbal“, dalam Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan: Insania, Vol. 14, No. 2, Mei-Agustus 2009.

Muslim, Nur, “Pemikiran Pendidikan Islam Muhammad Abduh dan Muhammad Iqbal”, dalam Anterior Jurnal, Vol. 12, No 2, Juni 2013.

An-Nadwi, Abul Hasan, Pendidikan Islam yang Mandiri, terj. Afif Muhammad, Bandung: Dunia Ilmu, 1987.

An-Nahlawi, Salahuddin, “Muhammad Iqbal: Western Civilization and the Issues of Modernization”, in Saiful Muzani et. al. (ed.), Studia Islamika Journal for Islamic Studies, Jakarta: IAIN Syarif Hidayatullah, 1995.

Naim, C.M., (ed.), Iqbal, Jinnah, and Pakistan, New York: Syracuse Maxwell School of Citizenship and Public Affairs, Syracuse University, 1979.

Nasution, Harun, Pembaruan dalam Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1987.

Nasution, Harun, Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya, Jakarta: UI-Press, 1996.

Nasution, Hasyimsyah, Filsafat Islam, Jakarta: Gaya Media Pratama, 2000.

Poedjawijatna, I.R., Manusia dengan Alamnya: Filsafat Manusia, Jakarta: Bina Aksara, 1981.

Rahman, Fazlur, Islam dan Modernitas, Tentang Transformasi Intelektual, Bandung: Pustaka, 1995.

Rahmayana, Jeeny, “Filsafat Rekonstruksionisme dalam Pendidikan Islam: Studi atas Pemikiran Muhammad Iqbal“, dalam Jurnal Tamaddun Ummah, Vol. 01, No. 01, 2015.

Saiyidain, K.G., Percikan Filsafat Iqbal mengenai Pendidikan (Iqbal’s Educational Philosophy), terj. M.I. Soelaeman, Bandung: CV. Diponegoro, 1981.

Schimmel, Annemarie, Gabriel’s Wing: A Study Into The Religious of Sir Muhammad Iqbal, Leiden: E.J. Brill, 1963.

S.T.,Hamid, Kamus Pintar Bahasa Indonesia, Surabaya: Pustaka Dua, 2010.

Suharto, Toto, Filsafat Pendidikan Islam, Yogyakarta: Arruz, 2006.

Suharto, Toto, “Rekonstruksi Pemikiran Pendidikan Islam: Telaah Pemikiran Muhammad Iqbal“, Jurnal Esensia, VII, 2010, hlm. 9.

Sunadji, Kasmiran Wuryo, Filsafat Manusia, Jakarta: Erlangga, 1985.

Tufail, Mian Muhammad, Iqbal’s Philosophy and Education, Lahore: Din Muhammad Press, 1966.




DOI: http://dx.doi.org/10.1161/mhj.v5i3.740

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.1161/mhj.v5i3.740.g657

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :

    

_______________________________________________

Creative Commons License
Jurnal Madania ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..

__________________________________________________

MANHAJ: JURNAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia