PENGGUNAAN MEDIA BEKAS UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MEMBACA WACANA DESKRIPTIF BAHASA INGGRIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) MAMBAUL ULUM KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Riswanto Riswanto

Abstract


Proses belajar dan mengajar yang berkualitas baik dalam maupun diluar kelas merupakan  salah satu tanggung  jawab seorang guru (pendidik) profesional.  Profesionalisme guru ini sesuai dengan amanat undang-undang No 14 tahun 2005  pasal 1 bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan menevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Pada pasal 6 bab II disebutkan juga bahwa kedudukan guru dan dosen sebagai tenaga profesional bertujuan untuk melaksanakan sistem pendidikan nasional dan mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yaitu berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, serta menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Kedua pasal diatas menunjukan bahwa tugas dan tanggung jawab seorang guru yang profesional amat berat karena tugas mereka tidak hanya mengajar (transfer of knowledge) tapi juga mendidik (transfer of value/norms).  Pendidikan tidak hanya berhenti kepada perkembangan kemampuan otak (kognisi dan metakognisi)  tapi juga tidak kalah pentingnya adalah bagaimana mengolah hati (afektif) sehingga bisa tercermin dalam sikap dan perbuatan (karakter).

 

Kata kunci : Media Bekas, Wacana, Bahasa Inggris.


References


Azhar, Nurul . (2016). Pembagian Jenis-Jenis wacana. E-artikel. Diakses tanggal 20 Januari 2016 dari http://pusatbahasaalazhar.wordpress.com.

Azam, Nurfani, Sumarno dan Adi Rahmat. (2006). Metodologi Penelitian Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Penelitian Kuasi Eksperimen dalam PPKP. Direktorat Ketenagaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Arsyad, Azhar. (2013). Media pembelajaran. Depok: Rajawali Press.

Arsyad, Safnil. (2014). Menulis Artikel Jurnal Internasional dengan gaya retorika Bahasa Inggris. Jakarta Barat: Halaman Moeka.

Badriah. (2006). Cara efektif penggunaan bahan ajar otentik dalam pembelajaran bahasa Inggris. E-artikel. Diakses tanggal 23 Januari 2016 dari https://badriahbadriah.wordpress.com/2010/07/03/.

Bungin, Burhan. (2010). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Creswell, John (2013). Research Design. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Jasmansyah. (2016). Jenis-jenis teks dalam bahasa Inggris. Diakses tanggal 15 Januri 2015 dari https://bahanajar.wordpress.com/textspeech/jenis-jenis-text-ing/

Kunandar. (2013). Penilaian Autentik. Jakarta: Rajawali Press.

Marzban, A. 2015. The Effect of Authentic Texts on Motivation and Reading Comprehension of EFL Students at Intermediate Level of Proficiency. E-Journal. , Vol. 5, No. 1, pp. 85-91, January 2015. Tersedia http://dx.doi.org/10.17507/tpls.0501.

Rusman, Kurniawan, Deni, K & Riyana, cepi. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Rumampunk, D. B. 1992. Media Instruksional IPS, Jakarta: Depdikbud

Sadiman, A. Dkk. (2012). Media pendidikan. Depok: Rajawali Press.

Yahya, Dede. (2011). Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di bidang Pendidikan di Indonesia. Tersedia. website http://www.dedyahya.com/2011/10/.

----------Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Scott, W.A. dan Ytreberg, L.H. 1990. Teaching English to Children. London: Longman.

Sugoyono. (2013). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.1161/.v5i3.760

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.1161/.v5i3.760.g677

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :

    

_______________________________________________

Creative Commons License
Jurnal Madania ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..

__________________________________________________

MANHAJ: JURNAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia